x

Bulutangkis China Potensi Pecahkan Rekor 30 Tahun di Australia Open 2023

Rabu, 2 Agustus 2023 12:42 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Pasangan ganda putri China, LIU Sheng Shu/Zhang Shu Xian, selepas laga final Indonesia Master 2023, Minggu (29/01/23).

INDOSPORT.COM – Ganda putri China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu berpotensi pecahkan rekor selama 30 tahun di Australia Open 2023.

Terdapat sejumlah fakta menarik tentang ajang bulutangkis Australia Open, yang telah digelar sejak tahun 1989 silam.

Baca Juga

Salah satunya ialah Zhang Shu Xian/Zheng Yu (China) dan Seo Seung Jae/Chae Yujung akan menjadi satu-satunya pemain yang mencoba mempertahankan gelarnya secara beruntun di ajang BWF Super 300 ini.

Ya, Zhang Shu Xian/Zheng Yu sebelumnya menjadi jawara di nomor ganda putri, sedangkan Seo Seung Jae/Chae Yujung meraih gelar di ganda campuran pada edisi Australia Open 2022 lalu.

Namun pasangan ganda putri China akan memecahkan rekor luar biasa di turnamen bulutangkis edisi 2023 kali ini.

Melansir dari statistik BWF, Zhang Shu Xian/Zheng Yu akan memecahkan rekor tak terpatahkan selama 30 tahun jika berhasil menjadi juara Australia Open 2023.

Baca Juga

Mereka akan menjadi pasangan ganda putri pertama yang meraih gelar juara dua kali secara beruntun sejak wakil tuan rumah Lisa Campbell/Amanda Hardy pada 1993 silam.

Zhang/Zheng tentu akan mencoba melanjutkan catatan apiknya setelah China sempat selama tiga musim tidak meraih gelar di ganda putri, dan terakhir kali disabet oleh Bao Yixin/Chen Qingchen pada 2016.

Sebab gelar ganda putri selama tiga musim yakni 2017-2019 diraih oleh wakil Jepang, sebelum akhirnya direbut oleh Zhang/Zheng pada 2022 lalu.

Selain itu, jika Zhang Shu Xian/Zheng Yu berhasil maka mereka akan melanjutkan tongkat estafet juara dari China yang terus memenangkan gelar di berbagai sektor sejak Australia Open 2011.

Baca Juga

1. Hadir Sebagai Unggulan Ketiga di Australia Open 2023

Ganda putri China, Zhang Shu Xian/Zheng Yu berpotensi pecahkan rekor selama 30 tahun di Australia Open 2023.

Sebagai informasi, Zhang Shu Xian/Zheng Yu sendiri berstatus sebagai unggulan ketiga di ganda putri pada ajang Australia Open 2023.

Mereka berhasil melalui babak pertama dengan mudah walau berhadapan dengan lawan tangguh yakni Pearly Tan/M. Thinaah asal Malaysia.

Baca Juga

Zhang/Zheng akhirnya memenangi duel sengit yang berlangsung rubber gim dengan skor 22-20, 17-21 dan 21-17 di babak pertama pada Selasa (1/8/23) kemarin.

Selanjutnya Zhang/Zheng akan berhadapan dengan lawan mudah yakni wakil Singapura, Jin Yujia/Wong Jia Ying Crystal di babak kedua.

Nantinya, jika menang maka Zhang Shu Xian/Zheng Yu akan melakoni perang saudara alias berhadapan dengan sesama wakil China.

Yakni pemenang antara Liu Sheng Shu/Tan Ning vs Li Yijing/Luo Xumin di babak perempat final mendatang.

Baca Juga

Kemudian jika lolos ke babak semifinal maka bisa saja mereka berhadapan dengan wakil Indonesia, Febriana Dwipuji Kusuma/Amalia Cahaya Pratiwi meski kemungkinannya kecil.

Pasalnya, ada lawan tangguh lainnya yang sedang berjuang yakni ganda putri Jepang, Nami Matsuyama/Chiharu Shida.

Maka akan menarik untuk menyaksikan perjuangan Zhang Shu Xian/Zheng Yu untuk memecahkan rekor 30 tahun lamanya di Australia Open 2023.

Baca Juga
Australia OpenBulutangkisZhang Shu Xian/Zheng Yu

Berita Terkini