x

Cerita Miris Jonatan Christie Sebelum jadi Atlet Bulutangkis, Dihimpit Ekonomi Sulit

Rabu, 2 Agustus 2023 16:02 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Kilas balik cerita miris tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, sebelum jadi atlet bulutangkis, dan keluarganya harus menerjang himpitan ekonomi yang sulit.

INDOSPORT.COM – Kilas balik cerita miris tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, sebelum jadi atlet bulutangkis, dan keluarganya harus menerjang himpitan ekonomi yang sulit.

Tahun 2022 lalu, tunggal putra top di ranking BWF, Jonatan Christie, pernah menjadi bintang tamu di kanal Youtube presenter kondang Daniel Manantha.

Di podcast berdurasi satu jam 42 menit itu, dia bercerita tentang sisi lain yang tidak banyak diketahui publik soal perjuangan keluarganya untuk menjadikannya atlet bulutangkis.

“Pas kecil memang bisa dibilang sebenarnya gak kepikiran jadi atlet. Meski orang tua backgroundnya atlet (basket dan bola), namun gue pribadi gak ada kepikiran ke sana,” ujar Jonatan Christie.

“Di umur enam tahun baru pertama kali benar-benar megang raket, belajar mukul masih gak kena dan segala macam. Semua itu itu gue coba sekiranya sampai satu tahun,” sambungnya.

Baca Juga

Takdir kemudian membawa Jonatan Christie mencintai bulutangkis berawal dari keikutsertaannya di sebuah lomba bulutangkis di sekolah.

“Bokap (papa) emang gak ngarahin ke sana (jadi bulutangkis). Namun kebetulan banget di ekstrakurikuler sekolah itu kerja sama dengan klub bulutangkis kecil. Terus disitu ada pelatih (melihat gue) ada bakat (bulutangkis),” cerita Jonatan Christie.

Sejak saat itu, meskipun harus menerjang ekonomi yang terbatas, keluarga melakukan segala macam cara agar segala kebutuhan Jonatan Christie terpenuhi untuk cita-cita menjadi atlet bulutangkis.

“Si papa kan punya banyak teman atlet. Jadi dia juga konsultasi makanan apa sih yang bagus? Terus temannya bilang susu, telur, daging, dan segala macamnya. Tapi kan uang gak ada.”

“Sampai akhirnya, habis gua pindah ke klub besar di Jakarta Barat, kami memutuskan nginap di rumah nenek (mamanya si papa) karena gak mungkin kami pulang pergi ke rumah.”

Baca Juga

“(Ekonomi) kami dibantu nenek dan om yang kerja di Amerika. Saat itu mereka bener-bener kasih uang untuk kami makan,” cerita Jonatan Christie.

“Mereka kasih gua vitamin. Terus dulu tuh gua makannya daging terus kan, dan tiap hari itu harus 8 ons (daging) pagi sore setiap hari sampai berapa tahun.”

Jika dijabarkan satu per satu berdasarkan podcat tersebut, memang banyak momen menyentuh yang dilakukan keluarga untuk Jonatan Christie.

Seperti sang ayah yang pura-pura sudah makan demi memberi daging untu Jonatan Christie. Namun perjuangannya itu berbuah manis dengan lolosnya dia ke pelatnas PBSI pada 2012.

Jadi anggota pelatnas PBSI, Jonatan Christie bahkan saat ini menjadi pebulutangkis termasyur di ranking BWF sekaligus  salah satu yang terkaya dunia.

Baca Juga

1. Transformasi Menakjubkan Jonatan Christie

Transformasi menakjubkan Jonatan Christie yang inspiratif.

Memiliki background keluarga yang sulit secara ekonomi, kini Jonatan Christie bertransformasi luar biasa sebagai salah satu pebulutangkis tersukses di dunia.

Sejak bergabung dengan pelatnas PBSI, Jonatan Christie memiliki beragam prestasi menakjubkan yang membanggakan Indonesia.

Seperti Jonatan Christie yang berhasil memenangkan gelar pertamanya pada usia 15 tahun di Indonesia International Challenge 2013 usai mengalahkan Alamsyah Yunus.

Pada tahun 2015, Jonatan Christie kembali mencuri perhatian publik ketika berhasil membawa tim Indonesia menyabet emas SEA Games.

Prestasi ini menjadi tonggak kesuksesan Jonatan Christie di kancah internasional dan gelarnya semakin menggunung dengan performanya yang semakin luar biasa.

Baca Juga

Seperti keberhasilan Jonatan Christie menyabet medali emas Asian Games 2018 di Jakarta-Palembang usai di final mengalahkan Chou Tien Chen dengan skor 21-18, 20-22, 21-15.

Di tahun 2019, Jonatan Christie juga menapaki empat final turnamen bulutangkis berbagai level dengan dua gelar juara dan dua runner-up.

Di tahun 2022, Jonatan Christie juga tiga kali menapaki tiga kali final turnamen, dilanjutkan keberhasilannya menapaki dua gelar juara pada tahun 2023.

Baca Juga

Semua kerja keras itu sempat mengantarkan Jonatan Christie menapaki nomor dua di ranking BWF tunggal putra pada 31 Januari 2023.

Saat ini Jonatan Christie meskipun mengalami naik turun prestasi, namun ranking BWF-nya masih stabil di top lima dan menjadi salah satu yang terbaik di Indonesia.

Jonatan Christie pun kerap jadi andalan Indonesia di berbagai event bulutangkis. Kesuksesannya juga menjadikan Jonatan Christie sebagai salah satu yang terkaya di dunia secara ekonomi.

Gurita bisnis yang dimiliki Jonatan Christie di luar bulutangkis juga tak terelakkan, dan diprediksi akan terus meningkat dari hari ke hari. Sungguh cerita yang inspiratif.

Baca Juga
Jonatan ChristieBulutangkisBerita BulutangkisRanking BWFIndepth

Berita Terkini