x

Fajar/Rian Kandas di Australia Open Usai Lakoni 3 Gim Penuh Drama Lawan Korea

Jumat, 4 Agustus 2023 16:04 WIB
Editor: Nugrahenny Putri Untari
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, kandas di Australia Open. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, gagal melaju ke semifinal Australia Open 2023 setelah ditekuk pasangan Korea Selatan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

FajRi, sapaan akrab keduanya, takluk usai berjuang sampai titik darah penghabisan melalui tiga gim dramatis, 16-21, 21-15, 14-21.

Baca Juga

Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae mengawali gim pertama dengan mendominasi perolehan angka atas pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto.

Ganda putra Korea Selatan tersebut sempat memimpin 2-0 saat menit-menit awal gim, hingga akhirnya Fajar/Rian bisa pecah telur dan berusaha mengejar ketertinggalannya.

Ya, kejar-kejaran poin berlanjut hingga kedudukan 5-5, meski kemudian Kang/Seo berhasil merebut kembali kendali permainan dan memimpin angka.

Namun Fajar/Rian tidak mau mengalah dan menempel ketat lawan mereka itu demi menggondol satu kemenangan gim di laga ini.

Baca Juga

Sayangnya, setelah beberapa kali menyamakan kedudukan, mereka kembali tertinggal dan makin kesulitan meladeni permainan Kang/Seo setelah interval. Fajar/Rian pada akhirnya kalah di gim pertama dengan skor 16-21.

Saat gim kedua, kejar-kejaran poin di awal laga kembali terjadi, dibuka dengan keunggulan Fajar/Rian 2-0, yang berhasil mereka pertahankan untuk waktu yang cukup lama.

Ngebut! Teryata Fajar/Rian di gim kedua bak kerasukan, berhasil memimpin skor hingga kedudukan 14-8. Mereka membalikkan keadaan dan berhasil merebut gim kedua, 21-15.

Situasi makin memanas saat kedua pasangan melaju ke gim ketiga dan kembali terlibat kejar-kejaran poin. Namun sayang, perjuangan Fajar/Rian harus berakhir dengan kekalahan 14-21.

Baca Juga

1. Tambahan Catatan Fajar/Rian Tahun Ini

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. Foto: PBSI.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah unggulan pertama Australia Open 2023, mengungguli pasangan Aaron Chia/Soh Wooi Yik dan Takuro Hoki/Hugo Kobayashi.

Sebelum bersua Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, keduanya melaju cukup mudah sejak babak pertama, dengan menekuk Ryan Tong/Jack Wang (Australia), 21-14, 21-19.

Baca Juga

Selanjutnya, Fajar/Rian berhadapan dengan ganda Chinese Taipei, Chiang Chien-wen/Wu Hsuan-yi, dan menang 21-18, 21-17 untuk memastikan tiket ke perempat final.

Fajar/Rian sendiri di tengah berlangsungnya Australia Open 2023 ini masih menduduki posisi puncak ranking BWF di sektor ganda putra.

Mereka telah mengumpulkan 92.729 poin setelah yang teranyar mencapai semifinal Japan Open 2023 tempo hari.

Dengan hasil melawan Kang/Seo ini, Fajar/Rian pun sudah kehilangan asa di Australia Open dan mencatatkan perempat final keempatnya di turnamen-turnamen tahun 2023. 

Baca Juga

Australia Open merupakan turnamen ke-13 Fajar/Rian tahun ini. Sepanjang 2023, keduanya pun telah meraih hasil-hasil yang memuaskan.

Fajar/Rian membuka tahun 2023 dengan juara Malaysia Open yang dilanjut semfinal India Open pada bulan yang sama.

Mereka terbilang cukup sering mencapai putaran 4 besar termasuk di Korea Open dan Japan Open, beberapa waktu lalu.

Namun di atas itu semua, prestasi Fajar/Rian yang paling mentereng tahun ini adalah juara All England, usai mengalahkan rekan senegara sendiri, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan. 

Baca Juga
Australia OpenFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisKang Min-hyuk/Seo Seung-jae

Berita Terkini