x

Rinov/Pitha Tersingkir di Australia Open 2023, Ganda Campuran Dibabat Habis

Jumat, 4 Agustus 2023 11:53 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tersingkir dari babak perempat final Australia Open usai kalah dari Chen Xing/Chen Fang Hui. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, tersingkir dari babak perempat final Australia Open 2023 usai kalah dari Chen Xing/Chen Fang Hui, 16-21, 16-21.

Bertanding di Quay Centre, Sydney, Australia, Jumat (04/08/23), Rinov/Pitha secara mengejutkan gagal meredam perlawanan pasangan China yang datang dari jalur kualifikasi tersebut.

Baca Juga

Pada set pertama, Rinov/Pitha yang kehilangan beberapa poin di awal sejatinya mamu mengejar perolehan angka. Namun upaya mereka sia-sia usai tertinggal di interval 7-11.

Laju Rinov/Pitha pun terlihat sangat ngoyo di pertandingan ini. Beberapa serangan dan defence mereka mudah saja ditebak oleh Chen Xing/Chen Fang Hui.

Sempat menambah beberapa poin pada keduduan 8-15 hingga 11-17, namun Rinov/Pitha harus mengakui keunggulan Chen Xing/Chen Fang Hui di set pertama 16-21.

Permainan Rinov/Pitha semakin merosot di set kedua. Mereka hanya mampu mendapat 3 poin di saat Chen Xing/Chen Fang Hui mampu mengantongi 5 angka beruntun.

Baca Juga

Hingga interval set kedua, Rinov/Pitha mulai semakin berada di bawah tekanan sampai mereka harus tertinggal sementara dengan skor telak 5-11.

Rinov/Pitha mencoba keluar dari tekanan namun beberapa kesalahan mereka lakukan sehingga memberi keuntungan bagi ganda campuran China tersebut.

Meski mampu menambah lima angka pada kedudukan 9-16, namun upaya ini sia-sia saja karena Chen Xing/Chen Fang Hui justru bermain semakin garang.

Beberapa serangan Chen Xing/Chen Fang Hui membuat Rinov/Pitha mati langkah hingga akhirnya pasangan Indonesia ini kalah di set kedua 16-21 di perempat final Australia Open 2023.

Baca Juga

1. Rinov/Pitha Gagal Perbaiki Rapor Buruk Tahun Ini

Ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari dikalahkan oleh pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashinonpada babak 8 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jumat (16/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Kekalahannya di perempat final Australia Open 2023 membuat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari gagal memperbaiki rapor buruk mereka sepanjang 2023.

Diketahui, Rinov/Pitha sudah mengikuti 10 turnamen sejauh musim ini. Namun pencapaian terjauh mereka hanyalah perempat final di ajang Swiss Open, Malaysia Masters, dan Indonesia Open.

Baca Juga

Tentu saja bukan hasil yang memuaskan mengingat Rinov/Pitha juga diharapkan bisa menembus Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 dengan mengantongi poin maksimal.

Selain itu, tersingkirnya Rinov/Pitha membuat ganda campuran Indonesia habis tak tersisa di turnamen Australia Open 2023.

Pasalnya sebelumnya tiga pasangan Indonesia lebih dulu tersingkir di dua babak pertama turnamen tersebut, termasuk Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati yang kandas di babak pertama.

Sementara dua pasangan independen Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja dan Praveen Jordan/Melati Daeva tersingkir di babak 16 besar.

Baca Juga

Setelah Australia Open,  pasangan peringkat 17 ranking BWF tersebut akan mempersiapkan diri menuju Kejuaraan Dunia 2023 yang akan diselenggarakan di Denmark pada 21-27 Agustus 2023.

Dengan kandasnya Rinov/Pitha, kini Indonesia hanya menyisakan tiga wakilnya yang akan berjuang di perempat final Australia Open 2023.

Mereka adalah tunggal putra unggulan pertama Anthony Sinisuka Ginting yang akan menghadapi lawan berat dari India, yakni Prannoy HS.

Dua ganda putra Indonesia yang lolos yakni Pramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan, dan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. 

Baca Juga
Australia OpenBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasHasil Bulutangkis

Berita Terkini