x

Ditarget Juara Dunia Lagi, Aaron Chia/Sooh Wooi Yik Sampai Dipantau 2 Legenda Indonesia

Rabu, 9 Agustus 2023 03:21 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Juni Adi
Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mendapat pantauan dari dua legenda Indonesia yakni Rexy Mainaky dan Nova Widianto di tengah misi mempertahankan gelar juara dunia

INDOSPORT.COM - Ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, mendapat pantauan dari dua legenda Indonesia yakni Rexy Mainaky dan Nova Widianto di tengah misi mempertahankan gelar juara dunia di Kopenhagen.

Rexy Mainaky dan Nova Widianto merupakan pelatih bulutangkis asal Indonesia yang saat ini bertugas di pelatnas Federasi Bulutangkis Malaysia (BAM).

Baca Juga

Rexy Mainaky, peraih medali emas Olimpiade Atlanta 1996 bersama Ricky Subagja itu, menjabat direktur kepelatihan ganda bulutangkis di BAM.

Sedangkan Nova Widianto, Juara Dunia dua kali pada 2005 dan 2007 bersama Liliyana Natsir dan pernah melatih di Pelatnas PBSI, kini bertugas melatih ganda campuran Malaysia.

Namun baru-baru ini, Rexy dan Nova terlibat percakapan kecil menyoroti prestasi ganda putra Malaysia yang kurang konsisten, terutama Juara Dunia 2022 Aaron Chia/Soh Wooi Yik.

Rexy dan Nova membandingkan Aaron Chia/Soh Wooi Yik yang minus prestasi setelah menjadi Juara Dunia dengan pasangan pendahulunya, Koo Kien Keat/Tan Boon Heong.

Baca Juga

Koo Kien Keat/Tan Boon Heong adalah ganda putra Malaysia yang pernah memenangkan All England pada 2007 dan peraih medali perak Kejuaraan Dunia 2010 silam.

“Nova (Widianto) pernah tanya ke saya, berapa turnamen yang Koo Kien Keat/Tan Boon Heong menangkan setelah menjuarai All England. Saya jawab mereka menjuarai enam atau tujuh turnamen, tapi keadaan Aaron-Wooi Yik setelah menang (juara dunia) hilang dalam satu tahun” tutur Rexy Mainaky dilansir dari Sport Metro.

“Aaron/Wooi Yik memang perlu (cambukan) seperti itu, jangan muncul setahun sekali (juara) lalu menghilang," tambah Rexy Mainaky.

Sorotan Rexy Mainaky dan Nova Widianto terhadap prestasi Aaron Chia/Soh Wooi Yoik tersebut tak lepas dari target yang dibebankan kepada pasangan itu untuk kembali juara di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

1. Aaron Chia/Soh Wooi Yoik Ditarget Juara Dunia Lagi

Selebrasi Aaron Chia/Soh Wooi Yik usai kalahkan Marcus/Kevin di Olimpiade Tokyo 2020.

Rexy Mainaky ingin ganda putra ranking 4 BWF itu menunjukkan lebih banyak usaha dalam persiapan ke turnamen yang akan digelar di Kopenhagen, Denmark, 21-27 Agustus 2023 mendatang.

Pasalnya, melihat performa Aaron Chia/Soh Wooi Yoik saat ini, Rexy Mainaky agaknya cukup pusing lantaran mereka tidak menunjukkan progres positif selepas Juara Dunia 2022.

Baca Juga

Hal ini juga berkaca pada kisah kesuksesan Koo Kien Keat/Tan Boon Heong yang mampu memenangkan enam gelar juara setelah juara All England pada 2007 silam.

Berbeda dengan Aaron/Chia yang menorehkan prestasi paling jauh hanya final India Open pada Januari dan Super 1000 indonesia Open pada Juni lalu.

Sedangkan dalam tiga turnamen berturut-turut di Korea, Japan dan Australia Open, mereka hanya tampil dua perempat final dan satu penampilan di babak kedua.

Tak pelak, Rexy Mainaky mendesak Aaron Chia/Soh Wooi Yik belajar dari kesalahan sendiri agar tidak terus terpuruk di turnamen manapun, termasuk Kejuaraan Dunia 2023.

Baca Juga

“Gelar juara dunia yang mereka raih setahun lalu tidak bisa dijadikan cadangan,” tutur Rexy Mainaky.

Bukan hanya itu, Rexy  juga meminta Aaron/Wooi Yik lebih waspada di Kejuaraan Dunia 2023 mengingat persaingan sektor ganda putra saat ini semakin sengit.

Bahkan, ada ganda putri Chinese Taipei peraih medali emas Olimpiade Tokyo, Lee Yang/Wang Chi Lin yang baru bangkit dari kubur dengan memenangkan gelar Japan Open 2023.

Selain Aaron-Wooi Yik, pasangan ganda putra Malaysia lainnya yang akan berlaga di Kejuaraan Dunia 2023 adalah pasangan independen peringkat 7 dunia, Ong Yew Sin/Teo Ee Yi.

Baca Juga
Rexy MainakyIndonesiaMalaysiaNova WidiantoBulutangkisAaron Chia/Soh Wooi YikKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini