x

3 Bintang Bulutangkis yang Gantung Raket Tahun Ini, Banyak Alasan Misterius

Kamis, 10 Agustus 2023 14:21 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Indra Citra Sena
Deretan atlet bulutangkis yang sampai pada masanya untuk pensiun dengan alasan beragam pada tahun 2023, mulai karena cedera hingga keinginan untuk menikah.

INDOSPORT.COM – Deretan atlet bulutangkis yang sampai pada masanya untuk pensiun dengan alasan beragam pada tahun 2023, mulai karena cedera hingga keinginan untuk menikah.

Mereka di antaranya adalah Wang Yilyu (China), Du Yue (China), dan Puttita Supajirakul (Thailand). Mari merangkai kisah mereka satu persatu.

1. Wang Yilyu

Lahir di China, 9 November 1994, Wang Yilyu yang pernah menyabet medali emas Olimpiade Tokyo 2020, memutuskan pensiun dari dunia bulutangkis di musim 2023.

Kabar mengejutkan dari pebulutangkis asal China tersebut sebagaimana dilansir twitter @bwfmedia pada Kamis (1/6/23) malam WIB.

“Wang Yi Lyu dan Du Yue ucapkan selamat tinggal” tulis twitter @bwfmedia.

Baca Juga

Dalam unggahan tersebut,  tak hanya Wang Yilyu, namun juga partner terakhirnya, Du Yue, yang memutuskan gantung raket.

Sayangnya, tak disebutkan secara terperinci alasan mengapa Wang Yilyu memutuskan untuk gantung raket sebagai pebulutangkis profesional.

Namun jika harus mundur ke belakang, Wang Yilyu memang sudah meninggalkan pelatnas Asosiasi Bulutangkis China (CBA) sejak awal Mei 2023 lalu.

Wang Yilyu juga beberapa kali mengisyaratkan diri untuk rehat dari dunia badminton. Seperti unggahan misteriusnya di weibo pada pertengahan Mei 2023.

Saat itu di weibo, juara Olimpiade Tokyo 2020 bersama Huang Dong Ping menulis ‘Kisah-kisah baru yang patut dinantikan’ yang diiringi kata-kata bernada perpisahan dari atlet bulutangkis China lainnya.

Potret Wang Yilyu saat liburan picu diskusi panas netizen yang menduganya kirim sinyal pensiun, Sumber: Weibo Wang Yilyu.
Baca Juga

Sebelum pensiun, memang Wang Yilyu sedang terseok-seok nasibnya sejak terpapar cedera di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022.

Wang Yilyu kerap dirujuk cerai dengan Huang Dongping. Mereka pertama kali dicerai usai Japan Open 2022 pada September lalu.

Baca Juga

Huang Dong Ping dipasangkan dengan rising star bulutangkis muda China, Feng Yanzhe, untuk debut di Denmark Open 2022.

Sementara Wang Yilyu pernah dipasangkan dengan Du Yue. Saat Feng Yanzhe/Huang Dongping bersinar, karier Wang Yilyu/Huang Dongping justru berkebalikan.

Sederet alasan tersebut yang disinyalir jadi pertimbangan lain Wang Yilyu untuk memutuskan mengakhiri kariernya di bulutangkis.


1. Atlet Bulutangkis Pensiun Tahun Ini

Termasuk Puttita Supajirakul, intip deretan atlet bulutangkis yang pensiun tahun ini.

2. Du Yue

Sebagai mantan pasangan Wang Yilyu, Du Yue memutuskan pensiun dari bulutangkis berdasarkan pengumuman yang dibuat twitter @bwfmedia pada Kamis (1/6/23) malam WIB.

Tak diketahui alasan pasti pensiunnya Du Yue. Namun sebelum keputusannya gantung raket, Du Yue memang sudah memberikan sinyal-sinyal dia mau meninggalkan dunia bulutangkis.

Seperti sinyal menggemparkan kala dia mengunggah status di weibo pada Minggu (2/4/23) usai keberhasilannya dengan Chen Fang Hui menjadi runner up Spain Masters 2023.

“Saya menyaksikan matahari terbit di Bilbao. Tetap berharap di hatimu di matamu, mengejar cahaya, dan berjalan dalam cahaya. Akhir juga merupakan awal,” tulis Du Yue.

Dalam unggahan di weibo-nya, peraih medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2019 itu juga melampirkan total 16 foto yang berisikan momen dia menjalani turnamen di Eropa pada Maret lalu.

Baca Juga

Kata-katanya begitu menusuk, hingga dibanjiri pesan perpisahan dari rekan sesama atlet seperti Huang Yaqiong, Chen Qing Chen, Wang Zhi Yi, Gao Fang Jie, dan masih banyak lagi.

Kini, usai keputusannya pensiun, Du Yue diketahui masih sering ikut di beberapa turnamen bulutangkis lokal seperti FISU World University Games berpasangan dengan He Jiting.

Momen kembalinya Du Yue turut menjadi sorotan penggemar bulutangkis atau badminton lovers sebagaimana dilansir dari Twitter @BadmintonTalk.

Du Yue klarifikasi kabar dirinya pensiun, Sumber: Weibo Du Yue.

3. Puttita Supajirakul

Menyusul Wang Yilyu dan Du Yue, sosok Puttita Supajirakul menambah deretan atlet bulutangkis yang memutuskan pensiun pada musim 2023.

Pada Selasa (30/5/23) malam WIB, Puttita Supajirakul dalam sebuah unggahan instagram secara mengejutkan mengumumkan jika Malaysia Masters 2023 adalah turnamen internasional terakhirnya.

Baca Juga

“Halo semuanya, saya ingin mengumumkan bahwa Malaysia Masters 2023 akan menjadi turnamen terakhir dalam karir bulu tangkis saya,” tulis Puttita Supajirakul.

Sebelum menggandeng Supissara Paewsampran pada awal musim 2023 lalu, Puttita Supajirakul pernah bersinar dengan pemain top di ranking BWF, Sapsiree Taerattanachai.

Pencapaian terbaiknya adalah menyabet medali perunggu Kejuaraan Dunia Bulutangkis pada tahun 2022 lalu, dan pernah menapaki sembilan besar ranking BWF pada tahun 2017.

Sayangnya, sejak Sapsiree Taerattanachai difokuskan untuk ganda campuran bersama Dechapol Puavaranukroh, nasib Puttita Supajirakul belum bisa sebaik sebelumnya.

Sampai akhirnya dia memilih Malaysia Masters 2023 sebagai turnamen internasional terakhirnya sebagai atlet bulutangkis.

Baca Juga
Wang Yilyu/Huang DongpingTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisDu Yue/Li YinhuiPuttita SupajirakulIndepth

Berita Terkini