x

Indonesia Tak Dianggap, Daftar Tim yang Dijagokan BWF di Piala Suhandinata 2023

Kamis, 10 Agustus 2023 12:45 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjagokan beberapa tim di Piala Suhandinata 2023 di mana Indonesia tak masuk di dalamnya.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) menjagokan beberapa tim di Piala Suhandinata 2023 di mana Indonesia tak masuk di dalamnya.

Piala Suhandinta 2023 atau yang sering disebut sebagai Kejuaraan Dunia Junior 2023 akan dilangsungkan di Washington DC, Amerika Serikat pada 25-30 September mendatang.

Baca Juga

BWF sendiri telah mengumumkan hasil undian di nomor beregu yang berlangsung pada Rabu (09/08/23) di mana tim bulutangkis Indonesia berada di Grup E.

Tim junior Indonesia sendiri termasuk ke dalam grup yang mudah karena tergabung bersama dengan Estonia, Armenia, Portugal dan Georgia.

Sementara itu, melansir dari laman resmi, BWF menuliskan beberapa tim favoritnya untuk menjadi juara di turnamen beregu paling bergengsi di level junior tersebut.

Menariknya, BWF tak memasukkan tim Indonesia sebagai salah satu tim favorit untuk kembali menyabet gelar juara Piala Suhandinata.

Baca Juga

“Juara bertahan Korea akan menghadapi tim China dalam pertandingan Grup A Kejuaraan Dunia Junior di Spokane, Amerika Serikat,” tulis BWF.

“Unggulan teratas ditempatkan sebagai pemimpin Grup A serta unggulan kedua Thailand di puncak Grup H. Selama pengundian, Korea unggulan 9/16 dimasukkan ke dalam Grup A,” sambungnya.

Ya, dalam keterangan tersebut, BWF hanya menyoroti China sebagai unggulan pertama, Korea Selatan sebagai juara bertahan dan Thailand yang berstatus sebagai unggulan kedua.

Indonesia sendiri memang mencatatkan hasil yang kurang positif pada Piala Suhandinta edisi sebelumnya dengan meraih medali perunggu.

Baca Juga

1. Ujian Berat Tim Indonesia di Piala Suhandinata 2023

Justian Suhandinata (paling kiri) berpose bersama Piala Suhandinata.

Sebagai informasi, Piala Suhandinta diambil dari nama legenda bulutangkis Indonesia, Suharso Suhandinata, yang memiliki peran menyatukan dua federasi yakni International Badminton Federation (IBF) serta World Badminton Federation (BWF).

Trofi turnamen yang juga disebut sebagai Kejuaraan Dunia Junior tersebut pertama kali dipertandingan pada 2009 di mana China berhasil keluar sebagai juara.

Baca Juga

Sementara itu, tim bulutangkis junior Indonesia baru meraih satu gelar juara di Piala Suhandinata yang digelar BWF tersebut yakni pada edisi 2019.

Kala itu, Indonesia dihuni oleh beberapa pemain seperti Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Indah Cahya Sari Jamil hingga Christian Adinata.

Pada Piala Suhandinata 2019, Indonesia berhasil mengalahkan China di partai final dengan skor 3-1 dan berhasil mencetak sejarah juara untuk pertama kalinya.

Pada edisi 2023 kali ini bakal menjadi ujian berat bagi tim junior Indonesia yang berstatus sebagai unggulan ketujuh dan tergabung di Grup E.

Baca Juga

Apalagi pada edisi sebelumnya, Indonesia terhenti di babak semifinal usai dikalahkan Taiwan melalui skor tipis 2-3 dan gagal mempertahankan gelar juara.

Sementara itu, China sendiri masih menjadi tim tersukses di Piala Suhandinata yang digelar BWF itu dengan mengoleksi 13 gelar juara.

Diikuti oleh Korea Selatan yang mengoleksi dua gelar juara. Lalu, Indonesia dan Malaysia yang mengoleksi masing-masing satu gelar juara.

Di Piala Suhandinata edisi kali ini, Indonesia diprediksi menurunkan beberapa pemain seperti Mutiara Ayu Puspitasari hingga Alwi Farhan yang tampil cukup apik di Kejuaraan Asia Junior.

Baca Juga
BWFBulutangkisBerita BulutangkisPiala Suhandinata

Berita Terkini