x

4 Reli Terpanjang Bulutangkis yang Sukses Pecahkan Rekor BWF

Selasa, 15 Agustus 2023 16:06 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Beberapa kejadian reli dalam bulutangkis dikategorikan menjadi yang terlama di dunia hingga sukses memecahkan rekor BWF, entah dari sektor ganda maupun tunggal.

INDOSPORT.COM – Beberapa kejadian reli dalam bulutangkis dikategorikan menjadi yang terlama di dunia hingga sukses memecahkan rekor BWF, entah dari sektor ganda maupun tunggal.

Reli adalah pukulan bulutangkis yang dilakukan oleh seorang pemain ke rival dan berlangsung dalam durasi cukup lama dalam satu servis.

Tak mengherankan jika reli panjang menjadi hiburan sendiri bagi penikmat bulutangkis yang menyaksikan baik langsung maupun melalui layar televisi.

Setidaknya ada banyak reli terpanjang dalam pertandingan bulutangkis yang bahkan sukses memecahkan rekor dari BWF.

Empat reli terlama dalam bulutangkis di antaranya adalah Naoko Fukuman/Kurumi Yonao vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto.

Lalu ada pula Baek Ha-na/Lee Yu-lim vs Du Yue/Li Wen Mei, dan Lin Dan vs Chen Jin.

Baca Juga

1. Naoko Fukuman/Kurumi Yonao vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet

Rekor reli terpanjang dalam pertandingan bulutangkis terjadi antara ganda putri Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Jepang) vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet (Hong Kong).

Pasangan ganda putri tersebut pernah bertemu di semifinal Denmark Open 2015 silam, dan pernah mencetak rekor berupa 256 pukulan dalam durasi empat menit 35 detik.

Menguraikan jalannya laga, momen reli panjang tersebut terjadi di gim kedua saat kedudukan 17-15 untuk keunggulan Naoko Fukuman/Kurumi Yonao.

Pasangan Jepang itu memang kalah di gim pertama dan ingin ‘menebus dosa’ di gim kedua dengan sekuat tenaga mereka.

Alhasil, Naoko Fukuman/Kurumi Yonao berusaha untuk bisa bertahan mengambil poin demi poin, sehingga reli panjang pun tercipta.

Baca Juga

Laga antara Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Jepang) vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet (Hong Kong) itu masih memegang rekor sebagai sebagai reli terpanjang dalam sejarah bulutangkis.

Hal yang  bisa dimengerti, mengingat ganda putri memang menjadi sektor yang cukup sering menyajikan reli-reli melelahkan.

Jika dirunut lagi, sosok Naoko Fukuman/Kurumi Yonao bahkan pernah memecahkan rekor lainnya dari BWF saat melawan Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari di Semifinal Kejuaraan Dunia 2016.

Karena terlalu alot dipenuhi reli-reli, pertandingan antara Naoko Fukuman/Kurumi Yonao (Jepang) vs Greysia Polii/Nitya Krishinda Maheswari selesai dalam durasi panjang dua jam 41 menit (161 menit).

Sungguh stamina yang di luar nalar hingga sangat wajar pencapaian mereka masuk rekor BWF. Rekor mereka dibayangi oleh Baek Ha-na/Lee Yu-lim vs Du Yue/Li Wen Mei, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto, dan Lin Dan vs Chen Jin.

Baca Juga

1. Reli Terpanjang Bulutangkis

Termasuk Du Yue/Li Wen Mei, intip deretan reli terpanjang dalam olahraga bulutangkis.

2. Pearly Tan/Thinaah Muralitharan vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto

Menyusul Naoko Fukuman/Kurumi Yonao vs Poon Lok Yan/Tse Ying Suet, reli terpanjang bulutangkis yang pecahkan rekor BWF adalah pertandingan Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (Malaysia) vs Rena Miyaura/Ayako Sakuramoto (Jepang).

Pertemuan tersebut terjadi di babak 16 besar Malaysia Masters 2023 yang berlangsung di Axiata Arena, Kuala Lumpur, Kamis (25/5/23).

Saat kedudukan 16-14 di gim ketiga untuk keunggulan Pearly/Thinaah, reli panjang tercipta sekitar 211 pukulan dalam durasi tiga menit 16 detik.

Reli tersebut baru terputus usai drop shot dari Pearly Tan gagal dikembalikan oleh Ayako Sakuramoto dan kedua pasangan langsung kelelahan.

3. Baek Ha-na/Lee Yu-lim vs Du Yue/Li Wen Mei

Reli terpanjang bulutangkis yang sukses pecahkan rekor BWF berikutnya adalah pertemuan ganda putri Baek Ha-na/Lee Yu-lim (Korea Selatan) vs Du Yue/Li Wen Mei (China).

Baca Juga

Pertemuaan antara Baek Ha-na/Lee Yu-lim vs Du Yue/Li Wen Mei terjadi di babak semifinal Korea Masters 2023 April lalu.

Saat gim ketiga untuk keunggulan Baek Ha-na/Lee Yu-lim, reli tercipta. Setidaknya ada 195 pukulan yang membuat mereka memecahkan rekor reli terpanjang dari BWF.

Dilansir dari akun instagram resmi @bwf.official, BWF mengapresiasi reli panjang yang memecahkan rekor antara Baek Ha Na/Lee Yu-lim vs Du Yue/Li Wen Mei.

“Rally 195 pukulan yang memecahkan rekor dari Baek/Lee dan Du/Li! Bisakah Anda percaya ini?” tulis BWF dalam unggahan videonya.

Sontak saja unggahan ini langsung dikomentari banyak pencinta bulutangkis. Tak sedikit yang berkomentar ikutan engap atau lelah melihat aksi Baek Ha Na/Lee Yu-lim dan Du Yue/Li Wen Mei.

Baca Juga

4. Lin Dan vs Chen Jin

Reli terpanjang bulutangkis berikutnya terjadi di laga semifinal tunggal putra Olimpiade Beijing 2008 lalu antara sesama wakil China, Lin Dan dan Chen Jin.

Reli-reli sebenarnya sudah tersaji sejak awal-awal pertandingan karena kedua pemain berambisi untuk menyabet medali emas di kandang sendiri.

Sampai akhirnya ada yang memecahkan rekor kala merek menghasilkan 92 pukulan dengan durasi waktu sekitar 2 menit 5 detik. 

Baca Juga
BWFLin DanKeigo Sonoda/Naoko FukumanTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisPearly Tan/Thinaah MuralitharanIndepth

Berita Terkini