x

Jonatan Christie Cetak Rekor Fantastis Jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023

Selasa, 15 Agustus 2023 21:53 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie cetak rekor fantastis jelang hadapi Lee Zii Jia di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Jonatan Christie cetak rekor fantastis jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 Denmark, ia makin konsisten sebagai pemain papan atas di ranking BWF.

Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championships 2023 akan digelar di Denmark, pada 21-27 Agustus 2023. Ajang ini selevel dengan turnamen Super 1000.

Baca Juga

Indonesia menurunkan skuad terbaiknya untuk tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, salah satunya yakni Jonatan Christie yang akan jadi tumpuan tim tunggal putra.

Sebelum bertolak ke Denmark, Jonatan Christie alias Jojo ternyata mencatatkan rekor fantastis karena masih konsisten di papan atas ranking BWF.

Berdasarkan statistik yang dilkeluarkan oleh Statminton, Jonatan Christie sudah berada di peringkat top 10 tunggal putra terbaik dunia selama 200 pekan berturut-turut.

Baca Juga

"Selamat atas pencapaian Jonatan Christie yang mengesankan, berada di 10 besar selama 200 minggu berturut-turut di peringkat dunia!" tulis akun Twitter @Statminton.

"Sebagai peringkat 5, dia (Jonatan) tetap berada di 10 besar sejak entri pertamanya. Peringkat terbaik dalam karirnya berada di posisi 2," tambah akun tersebut.

Pencapaian ini tentu saja menambah motivasi Jonatan Christie di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, setelah tahun lalu ia hanya mentok di babak perempat final.

Saat itu, Jonatan Christie kalah tipis dari Chou Tien Chen asal Chinese Taipei, dengan skor 21-14, 11-21, 20-22. CTC lolos ke semifinal dan meraih medali perunggu.

Baca Juga

1. Jonatan Christie Siap Kantongi Lee Zii Jia

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie akan menghadapi Lee Zii Jia di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PBSI)

Jonatan Christie terus berlatih intensif di Pelatnas PBSI di Cipayung jelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis di Denmark. Menurutnya, persiapan sudah hampir seratus persen.

"Persiapan sejauh ini sudah oke, sudah hampir seratus persen, karena ada satu minggu lebih setelah pulang dari Jepang dan Australia," kata Jonatan saat ditemui awak media.

Baca Juga

"Selama satu minggu ini saya rasa untuk peningkatan signifikan kayaknya enggak banyak, ada beberapa poin yang mungkin sudah mulai bisa diperbaiki sedikit-sedikit."

Berdasarkan hasil drawing, Jonatan Christie langsung menghadapi lawan berat di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, yakni menghadapi Lee Zii Jia asal Malaysia.

Jonatan Christie sudah menyusun strategi untuk membungkam Lee Zii Jia. Namun, ia juga tidak mau meremehkan eks pemain peringkat 2 di ranking BWF tersebut.

"Mungkin harus lebih sabar, ya, karena Lee Zii Jia cukup tinggi dan jangkauannya juga panjang, jadi lebih ke bermain sabar," ujar Jonatan mengenai strategi di laga nanti.

Baca Juga

"Terus juga sebisa mungkin jangan gampang kasih dia menyerang, karena serangannya juga lumayan bagus," ucap pebulu tangkis berusia 25 tahun tersebut. 

"(Drawing) sudah seru lah, yang sekarang tunggal putra mau yang unggulan, enggak unggulan, mereka sudah pernah berada di top 10 juga, pasti kualitasnya bagus ya."

"Siapa pun itu lawannya, memang semua berat. (Peta persaingan) kayaknya sama sih, tidak jauh beda, cuma memang tahun lalu Lee Zii Jia menjadi unggulan," imbuhnya.

"Kayak lagi berputar saja, tahun lalu ada yang di atas, tahun ini mungkin lagi turun, jadi mungkin di situ saja sih. Kalau dari kualitas pemainnya sama saja," tukas Jonatan.

Baca Juga
Jonatan ChristieBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World Championships

Berita Terkini