x

Target Minimalis Tunggal Putra PBSI di Kejuaraan Dunia 2023, Tanpa Ginting?

Rabu, 16 Agustus 2023 08:12 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Pelatih bulutangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pelatih tunggal putra PBSI, Irwansyah, membeberkan target untuk Anthony Ginting dkk. di BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang bergulir di Denmark, 21-27 Agustus mendatang.

Sebanyak 350 atlet bulutangkis dunia dari 50 negara berbeda bakal saling adu skill demi memuluskan jalan menuju Olimpiade Paris 2024 sekaligus mendongkrak ranking BWF.

Baca Juga

Total Indonesia menurunkan 13 wakil, termasuk tiga dari sektor tunggal putra, yakni Anthony Ginting, Jonatan Christie, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

“Menurut saya, target pasti mau yang terbaik untuk juara. Tapi kami realistis saja, satu-satu untuk Jonatan, Chico, Ginting, persiapkan dulu strateginya,” ungkap Irwansyah di PBSI Cipayung, Jakarta, Senin (14/8/23).

“Kejuaraan dunia kan tidak gampang meskipun pemain bukan negara kuat. Insha Allah bisa bagus hasilnya. Bukan saya tidak mau mematok target, tapi satu demi satu lah. Mereka dididik untuk juara, tapi yang penting siap bertempur,” jelasnya.

Meski tak mematok target muluk, diakui coach Irwansyahbahwa seluruh anak asuhnya tetap serius mematangkan persiapan menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

“Persiapannya sangat bagus. Semua kondisinya prima dari latihan, fokus, strategi bermain kami sudah 100 persen,” kata pelatih berusia 49 tahun itu.

Lebih lanjut, Irwansyah juga mengatakan bahwa ia mendidik para pemain untuk siap bersua siapa pun di setiap pertandingan, termasuk Jonatan Christie yang langsung ketemu jagoan Malaysia, Lee Zii Jia, di babak pertama.

“Siapa saja lawannya, yang penting dari kami sudah siap. Hasil lihat nanti. Sampai latihan persiapan menuju kejuaraan dunia semua pemain kami sudah siap,” tegas coach Irwansyah.

“Jonathan ketemu Lee Zii Jia tidak mudah tapi dengan latihan saat ini sudah bisa. Setelah pulang dari turnamen terakhir di Australia, Jonatan langsung kembali mengembalikan kondisinya,” jelas Irwansyah.

Baca Juga

1. Duka Anthony Ginting

Anthony Sinisuka Ginting dan Viktor Axelsen, di Final Indonesia Open 2023. (Foto: PBSI)

Duka cita baru saja menimpa tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting, menjelang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. Ibunda tercinta, Lucia Sriati, berpulang pada Rabu (9/8/23).

Coach Irwansyah sendiri belum bisa memastikan keikutsertaan Ginting di BWF World Championships 2023 lantaran duka yang masih menyelimuti.

“Segera nanti diumumkan (terkait keikutsertaan Ginting), nggak sekarang dulu. Memang masih mau didiskusikan lagi. Kondisinya masih berduka,” jelas Irwansyah.

Baca Juga

“Semua tidak mungkin memburu-buru. Nama Ginting masih ada di kejuaraan, kabar segera disampaikan. Sabar sedikit, karena ini lagi berduka bukan hal yang lain. Dia baru kehilangan mama tercinta,” lanjutnya.

Anthony Ginting termasuk dinantikan di ajang BWF World Championships 2023 lantaran performanya yang meningkat di beberapa turnamen terakhir.

Tunggal putra kelahiran Cimahi tersebut berhasil meraih medali emas di BAC 2023 serta meraih juara di turnamen S750, yakni Singapore Open.

Tak hanya itu, Ginting juga berhasil keluar sebagai runner-up Indonesia Open (S1000) usai takluk dari sang monster bulutangkis, Viktor Axelsen, di final.

Baca Juga

Di Kejuaraan Dunia 2023, Anthony Ginting berstatus sebagai unggulan kedua dan dijadwalkan menghadapi wakil Ukraina, Danylo Bosniuk.

Hingga kini, Ginting belum memberikan konfirmasi terkait keikutsertaan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 pasca-berpulangnya sang ibunda.

Jika Anthony Ginting batal tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Indonesia hanya mengirim dua wakil sektor tunggal putra, yakni Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Baca Juga
PBSIJonatan ChristieAnthony GintingIrwansyahBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World Championships

Berita Terkini