x

6 Atlet Tertua di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Ahsan/Hendra Bukan Pertama

Kamis, 17 Agustus 2023 11:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Intip deretan atlet tertua di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, di mana ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, bukan nomor satu.

INDOSPORT.COM – Intip deretan atlet tertua di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, di mana ganda putra Indonesia, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, bukan nomor satu.

Tinggal menghitung hari Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi ke-28 akan segera digelar. Tepatnya di Royal Arena Copenhagen, Denmark, pada 21 sampai 27 Agustus 2023.

Drawing ceremony juga sudah selesai digelar oleh BWF sejak Selasa (08/08/23) di Malaysia, yang menandai para atlet sudah siap untuk unjuk gigi di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Menyambut Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, tahukah jika Anda fenomena menarik ketika di edisi kali ini diramaikan oleh atlet yang usianya sudah tidak muda lagi.

Sejumlah atlet ini sangat bersemangat menerjang usia yang tidak muda untuk bersaing dengan para pebulu tangkis berusia 20 tahunan dalam misi berburu gelar juara.

Baca Juga

Dari pantauan INDOSPORT.COM, mereka adalah Svetlana Zilberman, Hendra Setiawan, Pablo Abian, Venkat Gaurav Prasad, Mohammad Ahsan, dan Kevin Cordon.

1. Svetlana Zilberman (Israel, 65 tahun)

Svetlana Zilberman dari Israel adalah atlet tertua yang berpartisipasi di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 di Denmark mendatang.

Bagaimana tidak, melansir profil di laman BWF, Svetlana Zilberman lahir di Beliasova, 10 Mei 1958. Artinya, saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, dia sudah berusia 65 tahun.

Usia yang cukup menakjubkan dan rasanya akan sulit disaingi oleh siapa pun atlet bulutangkis yang rata-rata pensiun di umur 30-an.

Svetlana Zilberman sebenarnya memiliki alasan mengharukan mengapa dia enggan pensiun. Dilansir dari laman BWF, Svetlana enggan pensiun selagi bisa demi menemani sang putra, Misha Zilberman.

Baca Juga

Karena seperti diketahui jika sang putra, Misha Zilberman, selain tampil di tunggal putra, juga berkarier di ganda campuran.

“Saya senang bermain dengan anak saya. Ketika kami berada di lapangan, kami berjuang untuk menang. Tetapi kami juga menikmati permainan kami sendiri,” ujar Svetlana Zilverman dilansir dari laman BWF.

“Karier putra saya membuat saya mau untuk terus bermain. Saat dia bermain secara profesional, saya harus membantunya melakukan pemanasan dan latihan.”

“Rutinitas itu yang membuat kondisi saya tetap baik. Salam Misha aktif di 'sirkuit', saya juga akan begitu,” sambung pebulu tangkis Israel yang saat ini berusia 65 tahun itu.

Svetlana Zilberman di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 akan turun di sektor ganda campuran dengan Misha Zilberman. Di babak 64 besar, mereka akan menghadapi atlet asal Mesir, Adham Hatem Elgamal/Doha Hany.

Baca Juga

1. Atlet Tertua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023

Ada Kevin Cordon, Deretan Atlet Tertua Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

2. Hendra Setiawan (Indonesia, 39 tahun)

Lahir di Pemalang, 25 Agustus 1984, ganda putra Indonesia, Hendra Setiawan, menjadi atlet tertua kedua setelah Svetlana Zilberman yang tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Hendra Setiawan akan berduet dengan Mohammad Ahsan misinya untuk menggapai gelar juara keempat mereka sebagai pasangan ganda putra.

Duet Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan diketahui telah menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis edisi 2013, 2015, 2019.

Sebelum dengan Mohammad Ahsan, Hendra Setiawan bahkan sudah menyabet medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2007 dengan Markis Kido.

Sangat kompetitif di usia 38 tahun di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Hendra Setiawan masih berpeluang memecah rekor dengan menyabet emas kelimanya sepanjang karier.

Baca Juga

3. Pablo Abian (Spanyol, 38 tahun)

Pablo adalah pebulu tangkis tunggal putra dari Spanyol yang lahir pada 12 Juni 1985. Saat tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, usianya adalah 38 tahun, sama dengan Hendra Setiawan.

Hampir 40 tahun, Pablo Abian belum menunjukkan tanda-tanda pensiun dengan betapa aktifnya dia mengikuti turnamen bulutangkis di musim 2023 ini.

Di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 ini, Pablo Abian akan langsung berhadapan dengan wakil Singapura, Loh Kean Yew. Bisakah dia menaklukkan tantangan?

4. Venkat Gauraf Prasad (India, 38 tahun)

Venkat Gauraf Prasad adalah pebulu tangkis ganda putra India yang lahir pada 29 November 1985. Dia tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 saat berusia 37 tahun.

Di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 mendatang, Venkat Gauraf Prasad yang berpasangan dengan Juhl Dewangan, akan menghadapi Jones Ralfy Jansen/Linda Efler.

Baca Juga

5. Kevin Cordon (Guatemala, 37 tahun)

Lahir di La Union, Zacapa, 28 November 1986, Kevin Cordon masuk sebagai deretan atlet tertua yang tampil di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Tunggal putra asal Guatemala tersebut akan berjuang mencetak sejarah untuk negaranya dengan menggapai medali perak Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

6. Mohammad Ahsan (Indonesia, 36 tahun)

Lahir di Palembang, 7 September 1987, Mohammad Ahsan dari Indonesia akan berjuang di Kejuaraan Dunia 2023 di usia 36 tahun.

Mohammad Ahsan berpasangan dengan Hendra Setiawan akan berjuang untuk mendapatkan gelar juara dunia keempatnya di tahun ini.

Baca Juga
Mohammad AhsanHendra SetiawanMohammad Ahsan/Hendra SetiawanTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisIndepth

Berita Terkini