x

Tak Ada Wakil Indonesia di Sampul Kejuaraan Dunia, Fans Heran Lee Zii Jia Nongol

Jumat, 18 Agustus 2023 04:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Deodatus Kresna Murti Bayu Aji
Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan di podium Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2022. Foto: PBSI

INDOSPORT.COM - Tak ada wakil Indonesia yang dipajang di sampul media guide untuk Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 Denmark, tetapi ada wajah pemain Malaysia, Lee Zii Jia.

Padahal, jika berkaca pada daftar prestasi, para pemain Indonesia lebih unggul dalam perolehan medali, sementara Lee Zii Jia sudah vakum selama beberapa waktu.

Baca Juga

Kejuaraan Dunia Bulutangkis atau BWF World Championships 2023 akan digelar di Denmark, pada 21-27 Agustus 2023. Ajang ini selevel dengan turnamen Super 1000.

Dalam satu dekade terakhir, Indonesia konsisten mengirimkan wakilnya ke putaran final Kejuaraan Dunia Bulutangkis, bahkan tak jarang membawa pulang medali emas.

Sebut saja pasangan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan yang meraih medali emas di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2013 dan 2015.

Kemudian di tahun 2017, pasangan ganda campuran Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir melanjutkan dominasi dan meraih podium juara Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Belum habis sampai di sana, Ahsan/Hendra lagi-lagi meraih medali emas di Kejuaraan Dunia 2019, serta ditambah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang meraih perunggu.

Pada tahun yang sama, pasangan Greysia Polii/Apriyani Rahayu juga menyabet medali perunggu. Wakil ganda putri Indonesia itu kalah dari pemain Jepang di semifinal.

Pada edisi terakhir di tahun 2022, Ahsan/Hendra meraih medali perak, sementara Fajar/Rian beluk bisa upgrade dan masih meraih medali perunggu.

Cukup disayangkan dengan deretan prestasi yang diraih wakil Indonesia, BWF tidak mencantumkan wakil Merah Putih di sampul media guide Kejuaraan Dunia 2023.

Baca Juga

1. Lee Zii Jia jadi Anak Emas?

Pebulu tangkis tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Keresahan ini awalnya disampaikan oleh awak media, pemilik akun Twitter @susilo. Ia mengaku heran mengapa tidak ada pemain Indonesia di sampul media guide Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

"Sampul panduan untuk media Kejuaraan Dunia 2023 di Kopenhagen, 21-27 Agustus. Tidak ada foto pemain Indonesia," ungkap pemilik akun Twitter @susilo pada Kamis (17/8/23).

Baca Juga

Banyak penggemar yang maklum karena sepanjang tahun 2013, tidak banyak wakil Indonesia yang meraih prestasi di cabor bulutangkis kancah dunia.

Namun, satu hal yang membuat heran adalah munculnya Lee Zii Jia di sampul tersebut, padahal pemain asal Malaysia itu sudah cukup lama vakum dan belum ada prestasi tahun ini.

"Memasukan Lee Zii Jia mungkin sebagai bentuk dukungan agar dia bisa bangkit," komentar dari akun Twitter @hrdo**.

Baca Juga

"Padahal Lee Zii Jia dah lama gak dapet gelar," timpal pemilik akun @mastatag**.

"Cuma karena sponsornya Victor. Kan itu anak emasnya Victor," sindir pemilik akun Twitter @Wanfatin**.

"Tetaplah ada muka unseeded player kat atas tu. His bestie also there," komentar dari badminton lovers asal Malaysia, @farh_an** menyebut Lee Zii Jia dan Anders Antonsen.

"Semua ada medal BWC kecuali my baby (Lee Zii Jia). Takpe modal muka pun dah cukup (joking only). It means tahun ni dapat la medal kot kan?" komentar lainnya dari @fariziji**.

Baca Juga
BulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World Championships

Berita Terkini