x

BWF Blak-blakan Tak Favoritkan Ganda Putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023

Sabtu, 19 Agustus 2023 11:06 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara blak-blakan tak memfavoritkan ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023.

INDOSPORT.COM – Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) secara blak-blakan tak memfavoritkan ganda putra Indonesia di Kejuaraan Dunia 2023.

Kejuaraan Dunia 2023 atau BWF World Championships sebentar lagi akan digelar di Kopenhagen, Denmark tepatnya pada 21 hingga 27 Agustus.

Baca Juga

Tim bulutangkis Indonesia sendiri masih menjadikan sektor ganda putra sebagai andalan dengan menurunkan empat wakil terbaiknya.

Mereka adalah Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Namun, ganda putra Indonesia yang mendominasi daftar unggulan Kejuaraan Dunia 2023 kali ini malah dikesampingkan BWF dalam sebuah tajuk di artikelnya.

Dalam artikel tersebut, BWF malah memfavoritkan ganda putra Korea Selatan yang diprediksi dapat tampil gemilang di Kejuaraan Dunia 2023 kali ini.

Baca Juga

“Kopenhagen menjadi tuan rumah Kejuaraan Dunia untuk kelima kalinya. Edisi kali ini menjadi (yang ke) 40 tahun, setelah terakhir kali terjadi pada 1983,” tulis BWF.

“Ganda putra Korea Selatan mendominasi tiga edisi di turnamen yang dihelat di ibu kota Denmark itu. Park Joo-bong/Kim Moon-soo menang tahun 1991, Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon tahun 1999 dan Ko Sung-hyun/Shin Baek-cheol tahun 2014,”

“Tahun ini, Korea kembali dengan pesaing yang kuat yakni unggulan kesembilan, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae dan unggulan ke-12, Choi Sol-gyu/Kim Won-ho,” sambungnya.

Sebagai informasi, ganda Korea Selatan sendiri memang kerap menjadi ancaman Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dkk dalam beberapa turnamen bulutangkis.

Baca Juga

1. Ganda Putra Indonesai Waspadai Korea Selatan

Ganda Korsel, Kang Min Hyuk/Seo Seung berhasil mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-19, 18-21 dan 21-19 di Istora Senayan, Kamis (09/06/22).

Ganda putra Indonesia memang kerap menjadi batu sandungan bagi pebulu tangkis lainnya dalam beberapa turnamen bulutangkis, terutama di awal musim.

Tim di bawah komando Herry IP tersebut berhasil meraih empat gelar di awal musim melalui Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Malaysia Open dan All England.

Baca Juga

Serta Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin yang berhasil meraih gelar juara dalam dua turnamen beruntun yakni Indonesia Masters dan Thailand Masters.

Namun, pada pertengahan musim 2023, ganda putra Indonesia yang mendominasi ranking BWF itu tampil kurang memuaskan. Prestasi tertinggi diraih oleh Fajar/Rian dan Bagas/Fikri yang keluar sebagai runner-up.

Langkah ganda putra Indonesia sendiri sering dijegal oleh wakil Korea Selatan yang tengah menanjak performanya jelang Kejuaraan Dunia 2023, yakni Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae.

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sendiri sering menjadi korban keganasan Kang/Seo dalam beberapa turnamen. Tercatat, meraka sudah bersua sebanyak lima kali pada musim 2023.

Baca Juga

Fajar/Rian sendiri lebih unggul dengan meraih tiga kemenangan. Tepatnya di ajang Malaysia Open, All England serta Korea Open 2023.

Namun, pada pertemuan sebelum Kejuaraan Dunia 2023 yakni di Australia Open, Fajar/Rian harus mengakui ganda putra Korea Selatan itu di babak perempat final.

Sementara itu, di Kejuaraan Dunia 2023, Fajar/Rian berpotensi bersua dengan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae di babak perempat final.

Momen ini menjadi kesempatan Fajar/Rian untuk bisa revans atas ganda putra Korea Selatan itu usai sebelumnya takluk di ajang Australia Open 2023.

Baca Juga
BWFKorea SelatanFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini