x

Kekalahan Paling Mengejutkan di Hari Pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023

Selasa, 22 Agustus 2023 09:45 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Prio Hari Kristanto
Sejumlah kekalahan berikut disebut yang paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Jonatan Christie dari Lee Zii Jia.

INDOSPORT.COM – Sejumlah kekalahan berikut disebut yang paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, termasuk Jonatan Christie dari Lee Zii Jia.

BWF World Championships atau Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 pada Senin (21/8/23) telah menyelesaikan seluruh rangkaian babak 64 besar hari pertama di Royal Arena, Copenhagen, Denmark.

Baca Juga

Dari laga yang sudah berjalan, kejutan demi kejutan sudah mewarnai persaingan dari turnamen yang menyediakan hadiah poin sebesar 13 ribu tersebut.

Di antara keterkejutan besar tersebut adalah big match yang terjadi terlalu dini, sehingga melahirkan kemenangan dan kekalahan paling menggemparkan.

Belum lagi jika atlet tersebut sudah didera cedera mengerikan, yang memutus asa juara di BWF World Championships ini.

Merangkum keseluruhan laga di hari pertama, INDOSPORT.COM mengulas tiga kekalahan paling mengejutkan dari babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis, Senin (21/08/23).

1. Jonatan Christie Babak Belur dari Lee Zii Jia

Jonatan Christie, tunggal putra andalan Indonesia yang berstatus unggulan kelima, kalah menyakitkan dari sang musuh abadi, Lee Zii Jia, di babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Mengawali laga dengan cukup apik, Jonatan Christie malah berubah ‘rajin’ melakukan kesalahan sendiri yang pada akhirnya banyak menguntungkan Lee Zii Jia.

Sampai akhir laga, Jonatan Christie kalah dua gim langsung dengan skor mencolok, 13-21 dan 15-21, yang sekaligus memupus asanya meraih medali perdana di Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Tak hanya itu, kekalahan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, juga memperpanjang rekor buruknya yang selalu babak belur dari Lee Zii Jia di tiga pertemuan terakhir.

Baca Juga

Tiga pertemuan terakhir Jonatan Christie dan Lee Zii Jia itu yakni All England 2020, Badminton Asia Championships 2022, dan Denmark Open 2022.

Artinya sudah tiga tahun terakhir Jonatan Christie masih belum mampu membalas dendam kekalahannya dari Lee Zii Jia.

Padahal jika mau ditelisik, sepanjang musim 2023 ini Lee Zii Jia juga memiliki penampilan cukup buruk karena belum sekali pun kembali ke final.

Berbeda dengan Jonatan Christie yang sejatinya dia sempat menggenggam gelar juara pada musim ini, yakni Indonesia Masters 2023.

Sayangnya, Jonatan Christie gagal memanfaatkan peluang, dan kembali kalah dari Lee Zii Jia di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

1. Kekalahan Paling Menggemparkan

Kekalahan Paling Menggemparkan di Hari Pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

2. Srikanth Kidambi Dikalahkan Kenta Nishimoto

Menyusul nasib Jonatan Christie yang babak belur dari Lee Zii Jia, ada pula Srikanth Kidambi dari India dengan nasib tak kalah menyesakkan.

Pernah menghuni ranking satu dunia pada 2017 silam, Srikanth Kidambi kalah mengenaskan dari wakil Jepang, Kenta Nishimoto, pada babak 64 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Bertanding di Royal Arena Copenhagen, Srikanth Kidambi kalah dua gim langsung dari Kenta Nishimoto dengan skor akhir 14-21 dan 14-21.

Kekalahan itu sangat menyesakkan karena sejatinya Srikanth Kidambi memiliki riwayat head-to-head cukup apik saat jumpa Kenta Nishimoto.

Melansir laman Tournament Software, Srikanth Kidambi unggul dengan enam kemenangan dari total sembilan pertemuan dengan Kenta Nishimoto sebelum Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

Bahkan di awal Agustus 2023 lalu, keduanya baru saja bertemu di babak 32 besar Australian Open 2023 yang saat itu dimenangkan oleh Srikanth Kidambi.

Namun apapun itu, kekalahan itu memupus asa Srikanth Kidambi untuk kembali menggapai medali keduanya di Kejuaraan Dunia, setelah edisi 2021 lalu dia sukses dengan kalungan perak.

Sementara hasil ini cukup menjanjikan bagi Kenta Nishimoto dalam misi merebut medali perdananya di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis.

Baca Juga

3. Kai Schaefer Tumbang Menyesakkan dari Brian Yang

Kekalahan paling menyesakkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Senin (21/08/23). lainnya yakni Kai Schaefer yang harus retired atau mundur saat berjumpa wakil Kanada, Brian Yang.

Kai Schaefer dari Jerman yang menduduki ranking 63 tunggal putra, memang harus mundur saat pertandingan baru berjalan di gim pertama, dan dia tertinggal 3-11 dari sang rival.

Usut punya usut, Kai Schaefer harus mundur dari pertandingan lantaran dia mengalami cedera bagian kaki yang sudah dia derita sejak dia latihan dua hari sebelum pertemuannya dengan Brian Yang.

Kai Schaefer menuliskan sebuah curhatan hati di instagram pribadi seiring dengan keputusannya retired di babak pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Demikian tiga kekalahan mengejutkan di hari pertama Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, dari Jonatan Christie vs Lee Zii Jia, Srikanth Kidambi vs Kenta Nishimoto, hingga Kai Schaefer vs Brian Yang.

Baca Juga
Jonatan ChristieTRIVIABulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisIndepth

Berita Terkini