x

Media Malaysia Soroti Jonatan Christie ‘Kena Mental’ Lawan Lee Zii Jia di Kejuaraan Dunia

Selasa, 22 Agustus 2023 13:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Kekalahan tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dari Lee Zii Jia di babak awal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 menjadi sorotan media lokal di Malaysia. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Kekalahan tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie dari Lee Zii Jia di babak awal Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 menjadi sorotan media lokal di Malaysia.

Media Malaysia, Vocketfc, pada hari Senin (21/08/23), ikut terpana dengan keberhasilan Lee Zii Jia menyingkirkan Jonatan Christie yang menjadi unggulan kelima di Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

Bertanding di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, Senin (21/08/23), Jonatan Christie memang harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia lewat dua gim langsung dengan skor 13-21, 15-21.

Vocketfc menggambarkan betapa tingginya semangat Lee Zii Jia untuk menuntaskan pertandingan big match tersebut dengan kemenangan.

Bahkan, VocketFC tak segan-segan menamsilkan semangat tunggal putra peringkat 13 dunia tersebut berhasil membuat kepercayaan diri Jonatan Christie hancur lebur.

“Setelah sempat bermain imbang 5-5 di tahap awal, Lee Zii Jia keluar sebagai pemenang dan memimpin permainan untuk memenangkan set pertama 21-13m” tulis media VocketFC.

Baca Juga

Media asal Malaysia tersebut mengantisipasi Lee Zii Jia hampir saja tersalip oleh Jonatan Christie di gim kedua, tepatnya terjadi saat skor Jonatan unggul 4-0 dan 6-2

Pada momen tersebut, Vocketfc melihat kepercayaan diri Jonatan Christie memulai kembali. Sayangnya, Jonatan gagal memanfaatkan momentum itu untuk unggul di gim kedua.

“Christie kemudian mendapatkan kepercayaan diri dengan keunggulan 4-0 dan 6-2 namun Zii Jia tidak membiarkan lawannya meninggalkannya lebih jauh hingga menyamakan skor menjadi 8-8,” tulis Vocketfc

“Seolah semangatnya meningkat, Lee Zii Jia tak menoleh ke belakang untuk memastikan kemenangan dengan skor 21-15,” lanjut media tersebut.

Hasil ini memastikan Jonatan Christie tersingkir lebih awal sedangkan Lee Zii Jia berhak mengamankan tiket ke babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Baca Juga

1. Jonatan Christie Gagal Revans atas Lee Zii Jia

Tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Bisa dikatakan, media tersebut mengisyaratkan bahwa mental Jonatan Christie sudah lebih dulu terkena melawan Lee Zii Jia yang tak terkalahkan di tiga pertemuan terakhir.

Ya. Hasil di Kejuaraan Dunia 2023 menjadi catatan buruk bagi Jonatan yang kembali gagal revans atas Lee Zii Jia setelah menelan tiga kekalahan beruntun.

Baca Juga

Sebelum berlaga di Kejuaraan Dunia 2023, Jonatan Christie menelan kekalahan dari Zii Jia di All England 2020, Kejuaraan Asia dan Denmark Open 2022.

Di All England 2020, Jonatan terhenti langkahnya di babak 16 besar dari Zii Jia melalui dua gim langsung dengan skor 15-21, 13-21.

Sementara di Kejuaraan Asia 2022, Jonatan harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia di babak final melalui dua gim ketat dengan skor 17-21, 21-23.

Pada pertemuan terakhir sebelum Kejuaraan Dunia, Jonatan Christie kalah lewat rubber game ketat dengan skor 16-21, 21-18, 18-21, tepatnya di ajang Denmark Open 2022.

Baca Juga

Sementara bagi Lee Zii Jia, kemenangannya di babak pertama Kejuaraan Dunia 2023 ini tampaknya menjadi suntikan motivasi agar dirinya bisa melaju jauh di turnamen major event tersebut.

Paslanya, Lee Zii Jia belakangan tengah jadi sorotan karena performanya usai kerap kandas di babak-babak awal hingga membuat posisinya terlempar dari 10 top ranking BWF.

Selanjutnya, Lee Zii Jia akan menghadapi wakil Kanada, Brian Yang di babak 32 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis yang akan berlangsung pada Rabu (23/08/23) besok.

Sementara Jonatan Christie, usai langkahnya terhenti di babak 64 besar Kejuaraan Dunia 2023, akan kembali berlaga di turnamen selanjutnya yakni Hong Kong Open.

Baca Juga
MalaysiaJonatan ChristieBulutangkisLee Zii JiaKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini