x

Chico Aura Ngaku Terhipnotis Prannoy HS, Tunggal Putra Ludes di Kejuaraan Dunia

Rabu, 23 Agustus 2023 09:40 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Prio Hari Kristanto
Wakil Indonesia untuk sektor tunggal putra di ajang Kejuaraan Dunia 2023 ludes usai Chico Aura Dwi kalah dari Prannoy HS di hari kedua babak 32 besar. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Wakil Indonesia untuk sektor tunggal putra di ajang Kejuaraan Dunia Bultuangkis 2023 ludes usai Chico Aura Dwi kalah dari Prannoy HS pada hari kedua babak 32 besar.

Bertanding di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, Selasa (22/08/23) malam WIB, tulang punggung tunggal putra di BWF World Championships 2022 itu tersingkir dari wakil India, Prannoy HS, lewat skor 9-21 dan 14-21.

Baca Juga

Selain membuat tunggal putra tak tersisa di Kejuaraan Dunia 2023, hasil ini juga menambah catatan buruk pertemuan Chico dengan Prannoy HS yang juga kalah di dua pertemuan sebelumnya.

Terakhir, Chico Aura Dwi ditekuk Prannoy HS di babak perempatfinal Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada April kemarin.

"Pasti ada sedih dengan kekalahan ini. Meski begitu, saya harus tetap semangat. Harus berpikiran positif. Masih banyak kejuaraan di depan," ungkap Chico Aura, seperti keterangan tertulis dari humas PBSI, Selasa (22/08/23) malam WIB.

Pada gim pertama, Chico Aura Dwi banyak melakukan kesalahan sendiri hingga tertinggal 11-6 di pertengahan laga. Pebulutangkis asal Jayapura itu nampak kesulitan di babak awal hingga hanya mampu merampungkan gim pertama dengan skor tragis 9-21.

Baca Juga

Memasuki gim kedua, sejatinya Chico Aura sudah berhasil meminimalisir kesalahan. Sayangnya, Prannoy HS justru makin tampil gacor hingga kekalahan kembali ditelan Chico dengan skor akhir 14-21.

"Sebenarnya tadi saya cukup baik bermain, terutama di gim kedua. Hingga poin 13-13, saya bisa memegang permainan depan," ujar Chico Aura.

"Tetapi, setelah itu lawan mengubah pola permainan. Dari banyak bertahan, dia berubah menjadi lebih fokus di permainan depan. Dia juga lebih berinisiatif menyerang," tambahnya.

Lebih lanjut, Chico mengakui dirinya terhasut dengan taktik apik dari Prannoy HS. Alhasil, dirinya gagal mewakili sektor tunggal putra Indonesia hingga ke partai final BWF World Championships 2023.

"Saya sendiri malah ikut pola permainan lawan. Saya bukannya kembali ke pola menyerang, malah jadi lebih banyak bertahan. Saya banyak membuka dan akhirnya saya menjadi lebih banyak diserang lawan," sesal Chico.

Baca Juga

"Harus diakui, lawan memang lebih baik. Seperti yang saya sampaikan sebelumnya, lawan memiliki stroke yang bagus, juga punya pengalaman yang banyak,"

"Dalam pertandingan tadi, dia banyak mengontrol. Dengan modal teknik stroke yang bagus, sepanjang pertandingan saya dikontrol terus," kata Chico Aura.

Baca Juga

1. Jonatan Christie Kecewa Berat

Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie di Semifinal Japan Open 2023 hari ini, Sabtu (29/07/23). (Foto: PBSI)

Sebelum Chico Aura Dwi, tunggal putra Indonesia lainnya yakni Jonatan Christie, sudah lebih dulu terhenti di hari pertama babak 32 besar BWF World Championships 2023.

Bertanding di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, Senin (21/08/23), Jonatan Christie kalah atas jagoan Malaysia, Lee Zii Jia, lewat dua gim langsung dengan skor 13-21, 15-21.

Baca Juga

Torehan tersebut memperpanjang catatan buruk Jonatan Christie yang harus mengakui keunggulan Lee Zii Jia dalam empat turnamen beruntun.

Sebelumnya, pebulutangkis yang akrab disapa Jojo itu kalah dari Lee Zii Jia di ajang All England 2020. Dirinya terhenti di babak 16 besar dengan skor 15-21, 13-21.

Selain itu, Jonatan Christie juga tersingkir di babak final Kejuaraan Asia 2022 dari Lee Zii Jia lewat dua gim langsung dengan skor tipis 17-21, 21-23.

Lalu sebelum bersua di BWF World Championships 2023, Jonatan Christie juga tunduk atas Lee Zii Jia di ajang Denmark Open 2022 lewat rubber game dengan skor 16-21, 21-18, 18-21.

Baca Juga

"Tentu saya kecewa dengan hasil ini. Yang masih ada di kepala itu rasa kecewa. Saya masih susah untuk mencerna kekalahan tadi," ungkap Jonatan Christie seperti keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT, Senin (21/08/23) malam WIB.

"Saya salah apa atau kurang apa. Rasanya belum bisa dijelaskan kenapa saya kalah dan permainan saya tidak bisa keluar sama sekali," sesal Jojo.

Seperti diketahui, Indonesia memang hanya menurunkan dua wakil untuk sektor ganda putra di BWF World Championships 2023 usai Anthony Sinisuka Ginting mundur lantaran duka yang masih menyelimuti dirinya usai sang ibunda tercinta meninggal dunia.

Dengan begitu, kini wakil Indonesia untuk sektor tunggal putra Indonesia di ajang Kejuaraan Dunia atau BWF World Championships 2023 ludes tak tersisa satupun.

Baca Juga
Jonatan ChristieChico Aura Dwi WardoyoBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini