x

Putri KW Puas Tampil Gahar Saat Ladeni He Bing Jiao di Kejuaraan Dunia 2023

Rabu, 23 Agustus 2023 13:18 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Isman Fadil
Tunggal Putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, di Babak Awal BWF World Championships 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, harus terhenti di hari kedua babak 32 besar Kejuaraan Dunia 2023.

Berlaga di Royal Arena, Kopenhagen, Denmark, Rabu (23/08/23) dini hari WIB, Putri KW tersingkir oleh jagoan China, He Bing Jiao, lewat skor 21-18, 19-21, 17-21.

Baca Juga

Meski harus tersingkir di babak 32 besar Kejuaraan Dunia atau BWF World Championships 2023, namun sejatinya Putri KW sudah tampil All Out mempertahankan nasibnya saat meladeni He Bing Jiao.

Pada set awal gim pertama, Putri KW memang sempat tertinggal dari He Bing Jiao dengan skor 6-11. Namun, pebulutangkis yang juga berprofesi sebagai Polwan ini dengan sigap bisa mengejar ketertinggalan hingga berhasil menang lewat skor 21-18.

Baca Juga

"Kendati kalah, saya tidak kecewa. Saya tetap puas karena bisa bermain baik walau hasilnya belum memang. Saya hanya ingin tampil bagus saja. Biar rankingnya juga naik," ungkap Putri KW, seperti keterangan tertulis yang diterima INDOSPORT.com, Rabu (23/08/23) pagi WIB.

Memasuki gim kedua, penampilan Putri KW justru rada meredup hingga sang rival bisa memanfaatkan situasi tersebut. Alhasil, kemenangan berada di tangan He Bing Jiao lewat skor 21-19.

Kemudian pada gim ketiga, Putri KW sejatinya sudah berhasil bangkit dan bisa kembali tampil bagus. Sayangnya, He Bing Jiao juga bisa gesit mengejar ketertinggalannya. Kemenangan pun berhasil direngkuh wakil China itu dengan skor 17-21.

"Saat ketinggalan, saya hanya ingin bermain lebih konsisten. Saya tidak boleh buru-buru. Harus bisa bermain reli. Malah saya bisa mendapatkan banyak poin dari bermain reli. Tetapi, saya kadang kurang sabaran," pungkas Putri KW.

"Saya juga tidak menyangka bisa mengejar dari ketinggalan 1-11 di gim kedua dan bisa memberikan perlawanan lebih ketat. Semua nothing to lose saja," 

"Meski sudah ketinggalan jauh, saya tetap bermain ngotot dan menikmati pertandingan. Bersyukur permainan saya bisa keluar semua," kata Putri KW.
 


1. Puji He Bing Jiao

Tunggal Putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, di Babak Awal BWF World Championships 2023. (Foto: PBSI)

Lebih lanjut, Putri Kusumawardani, juga menuturkan bahwa semangat yang diberikan Indra Wijaya saat di lapangan juga membuat dirinya tampil maksimal saat melawan He Bing Jiao tadi, Rabu (23/08/23) dini hari WIB.

"Apalagi, Koh Indra (Indra Wijaya) terus menyemangati saya. Dia bisa mengingatkan kalau saya membuat kesalahan atau keliru menerapkan pola," kata Putri KW.

Putri KW juga mengaku kagum atas pola permainan dari He Bing Jiao sebagai wakil China tersebut. Baginya, tunggal putri unggulan kelima dunia itu merupakan pemain yang tidak mudah menyerah.

"Harus diakui, He Bing Jiao itu pemain yang luar biasa. Walaupun sempat tertekan karena saya bisa mengejar, dia tidak gampang panik," puji Putri KW.

"Dia juga tidak gampang menyerah. Terus berusaha untuk bisa mendapatkan poin. Ini yang harus saya contoh dari dia," kata Putri KW.

Di hari yang sama, satu-satunya tunggal putra Indonesia yang tersisa, Chico Aura Dwi, juga harus terhenti di hari kedua babak 32 besar BWF World Championships 2023.

Tulang punggung tunggal putra di BWF World Championships 2022 itu tersingkir dari wakil India, Prannoy HS, lewat skor 9-21 dan 14-21.

Selain membuat tunggal putra tak tersisa di Kejuaraan Dunia 2023, hasil ini juga menambah catatan buruk pertemuan Chico dengan Prannoy HS yang juga kalah di dua pertemuan sebelumnya.

Terakhir, Chico Aura Dwi ditekuk Prannoy HS di babak perempatfinal Badminton Asia Championships (BAC) 2023 di Dubai, Uni Emirat Arab, pada April kemarin.

"Pasti ada sedih dengan kekalahan ini. Meski begitu, saya harus tetap semangat. Harus berpikiran positif. Masih banyak kejuaraan di depan," ungkap Chico Aura, seperti keterangan tertulis dari humas PBSI, Selasa (22/08/23) malam WIB.
 

BulutangkisPutri Kusuma WardaniKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini