x

Nova Widianto Mencak-mecak usai Bawa Chen/Toh Cetak Sejarah di Ranking BWF, Kenapa?

Minggu, 27 Agustus 2023 05:00 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Subhan Wirawan
Pelatih bulutangkis, Nova Widianto, mencak-mencak meski berhasil membawa Chen Tang Jie/Toh Ee Wei cetak sejarah di Ranking BWF.

INDOSPORT.COM – Pelatih bulutangkis, Nova Widianto, mencak-mencak meski berhasil membawa Chen Tang Jie/Toh Ee Wei cetak sejarah di Ranking BWF.

Ganda campuran Malaysia yakni Chen Tang Jie/Toh Ee Wei sukses mencuri perhatian di Kejuaraan Dunia 2023 yang dihelat di Kopenhagen, Denmark.

Baca Juga

Pasalnya, mereka berhasil mencatatkan tinta emas dengan melaju ke babak perempat final untuk pertama kalinya di laga debut Kejuaraan Dunia.

Hasil ini sekaligus mengantarkan Chen/Toh melejit di ranking BWF dengan diprediksi bakal bertengger di peringkat 11 pada perilisan pekan depan.

Sayangnya, langkah ganda campuran andalan Malaysia itu dihentikan pasangan Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino di semifinal dengan skor 11-21, 11-21.

Kegagalan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei lantas membuat kecewa sang pelatih yakni Nova Widianto meski mereka berhasil melejit di ranking BWF.

Baca Juga

“Tang Jie dan Ee Wei bermain buruk kemarin. Meski lawannya tangguh, mereka tidak boleh kalah dengan cara seperti itu,” kata Nova, dilansir The Star.

“Mereka gugup selama pertandingan dan bermain kurang percaya diri,” sambung legenda bulutangkis Indonesia itu.

Ya, Yuta Watanabe/Arisa Higashino sendiri tampil dominan di sepanjang laga dan membuat Chen/Toh kesulitan untuk keluar dari tekanan.

Kendati demikian, hasil di Kejuaraan Dunia 2023 kali ini tidaklah buruk. Mengingat, anak asuh Nova Widianto itu baru saja dipasangkan pada 2022 lalu.

Baca Juga

1. Jadi Ganda Campuran No 1 Malaysia

Pasangan ganda campuran Malaysia, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei juara di Orleans Masters 2023. (Foto: Instagram@toh.eewei)

Sebagai informasi, ganda campuran Malaysia memang tengah krisis penerus setelah pasangan peraih medali perak Olimpiade Rio 2016, Chan Peng Soon/Goh Liu Ying sudah tidak aktif bermain.

Beberapa waktu lalu, Malaysia hanya mengandalkan pasangan independen Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dan Tan Kian Meng/Lai Peijing.

Baca Juga

Namun, dua ganda independen tersebut juga tak mampu bicara banyak karena kesulitan bersaing dengan ganda campuran papan atas lainnya.

Kini, tim bulutangkis Malaysia memiliki secercah harapan melalui Chen Tang Jie/Toh Ee Wei yang saat ini ditangani oleh Nova Widianto.

Chen/Toh sendiri baru dipasangkan pada 2022 lalu dan gemilang di musim 2023 dengan menyabet tiga gelar juara di turnamen bulutangkis.

Pasangan ganda campuran asuhan Nova Widianto itu berhasil meraih gelar di Iran Fajr International Challenge, Orleans Masters serta Taipei Open.

Baca Juga

Dengan statistik yang cukup baik, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei bakal menduduki peringkat 11 ranking BWF usai berlaga di Kejuaraan Dunia 2023.

Tak hanya itu, Chen/Toh bakal menjadi ganda campuran nomor satu Malaysia usai Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie bakal lengser dari posisi ke-10 ranking BWF.

Penampilan impresif Chen Tang Jie/Toh Ee Wei sendiri tak lepas dari tangan dingin Nova Widianto yang didapuk menjadi pelatih ganda campuran Malaysia sejak Januari 2023.

Di laga debutnya saja, Nova berhasil mengantarkan Chen/Toh melaju ke babak perempat final turnamen bulutangkis level super 1000, Malaysia Open 2023.

Baca Juga
Nova WidiantoBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisChen Tang Jie/Toh Ee WeiRanking BWF

Berita Terkini