x

Putri KW Bikin Repot He Bing Jiao di Kejuaraan Dunia, Sinyal Juara China Open?

Senin, 28 Agustus 2023 16:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Tunggal putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani sukses repotkan He Bing Jiao di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023. (Foto: PP PBSI)

INDOSPORT.COM - Putri Kusuma Wardani sukses bikin repot He Bing Jiao di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, apakah ini menjadi sinyal kuat juara China Open, September nanti?

Turnamen bulutangkis China Open 2023 akan segera dihelat di Changzhou, China, 5-10 September 2023. Indonesia mengirim para pemain terbaiknya di level Super 1000 ini.

Baca Juga

Dari sektor tunggal putri, PBSI mengirim dua pemain senior yang sudah memenuhi kualifikasi, yakni Gregoria Mariska Tunjung dan Putri Kusuma Wardani alias Putri KW.

Berdasarkan statistik dalam pertandingan terakhir, Gregoria Mariska memang dapat diharapkan, karena dia lolos ke 8 besar Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Sayangnya, Putri Kusuma Wardani gugur terlalu cepat di babak 32 besar Kejuaraan Dunia, dipulangkan oleh salah satu pemain unggulan asal China, He Bing Jiao.

Bertanding di Royal Arena, Copenhagen, Denmark, Putri KW sempat menang di game pertama, tapi ia kena comeback di game kedua dan akhirnya kalah di babak rubber.

Baca Juga

Saat itu, Putri KW kandas dari He Bing Jiao dengan skor super ketat 21-18, 19-21, 17-21.

Meski kalah, jika melihat dari skor yang diraih Putri KW, sejatinya ia cukup bikin repot He Bing Jiao. Hal ini yang menjadi perhatian khusus pelatih tunggal putri Indonesia, Indra Wijaya.

"Hasil yang ditampilkan pemain tunggal putri pada Kejuaraan Dunia 2023, memang belum ada yang mampu melaju ke babak akhir," ungkap Indra Wijaya via PP PBSI.

"Gregoria Mariska Tunjung tertahan di 8 besar, sedangkan Putri Kusuma Wardani terhenti di babak kedua. Meski begitu, performa kedua pemain saya nilai cukup baik."

Baca Juga

1. Indra Wijaya Siapkan Mental Putri KW

Tunggal Putri Indonesia, Putri Kusuma Wardani, di babak awal BWF World Championships 2023. (Foto: PBSI)

Putri Kusuma Wardani alias Putri KW sukses menunjukkan lonjakan performa di pentas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, ketika ia berhasil bikin repot He Bing Jiao asal China.

Indra Wijaya ingin mempertahankan peak performance Putri KW, supaya bisa tampil maksimal di perhelatan China Open 2023 yang akan digelar dalam waktu dekat ini.

Baca Juga

"Putri KW tampil menggembirakan dan menunjukkan ada progress saat bertemu He Bing Jiao. Dia mampu bermain rubber game dengan skor lumayan ketat," ungkap Indra.

"Apa yang diharapkan dari Putri KW bisa muncul di lapangan. Dari segi mentalitas, cara bermain, dan penerapan strateginya menunjukkan hal positif," kata sang pelatih.

"Meskipun begitu tetap masih banyak hal yang perlu diperbaiki. Dengan bisa bermain maksimal, ke depannya untuk meningkatkan performa Putri KW itu makin mudah."

Salah satu hal yang ingin diperbaiki Indra Wijaya terhadap Putri KW adalah rasa percaya diri pemain 21 tahun itu.

Baca Juga

"Saya berharap penampilan bagus lawan He Bing Jiao itu seharusnya bisa jadi turning poin. Apalagi untuk mendapat kepercayaan diri seperti saat melawan He Bing Jiao itu tidak mudah."

"Momentum baik ini harus dijaga. Saya melihat, meskipun Putri KW kalah, dia tetap bisa mendapatkan kepercayaan diri," lanjut mantan pelatih bulutangkis Malaysia itu.

"Di ajang China Open, diharapkan dia bisa  menunjukkan performa terbaik dan menjaga atau meneruskan momentum baiknya ini," harap Indra Wijaya lagi.

China Open 2023 akan segera dihelat di Changzhou, pada 5-10 September 2023. Berdasarkan hasil drawing, Putri KW akan jumpa Akane Yamaguchi di babak pertama.

Baca Juga
Indra WijayaChina OpenBulutangkisHe BingjiaoPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisKejuaraan Dunia BulutangkisBWF World Championships

Berita Terkini