x

Statistik Mencekam Bulutangkis Korsel Sejak Kedatangan Pelatih Asal Indonesia

Senin, 28 Agustus 2023 17:55 WIB
Penulis: Miranti | Editor: Isman Fadil
Betapa menakjubkannya Korea Selatan yang belakangan ini begitu mengganas terutama sejak kedatangan pelatih bulutangkis asal Indonesia, Rony Agustinus.

INDOSPORT.COM – Betapa menakjubkannya Korea Selatan yang belakangan ini begitu mengganas terutama sejak kedatangan pelatih bulutangkis asal Indonesia, Rony Agustinus.

Sekadar diketahui, Asosiasi Bulutangkis Korea Selatan (BKA) sejak 15 Januari 2021 telah dipimpin oleh Ketua Umum Kim Taek-gyu.

Di masa kepemimpinan Kim Taek-gyu, beberapa perubahan besar dan positif begitu tampak di tim bulutangkis Korea Selatan.

Termasuk dengan keberanian BKA untuk memecat dan mendatangkan pelatih dalam misi membenahi beberapa sektor yang ada.

Pada Agustus 2022 silam, BKA memberanikan diri untuk merekrut pelatih bulutangkis asal Indonesia, Rony Agustinus, untuk menukangi sektor tunggal mereka.

Baca Juga

Langkah Korea Selatan dalam mendatangkan Rony Agustinus tentu jadi kabar cukup menggemparkan buat Indonesia mengingat nama besar sang pelatih.

Ya, bergelar legenda bulutangkis Indonesia, Rony Agustinus diketahui telah kenyang pengalaman melatih di berbagai negara.

Selain Indonesia (2008-2012), Rony Agustinus pernah melipir melatih di pelatnas Malaysia (2013-2018), kemudian Vietnam (2019), dan akhirnya berlabuh di Korea Selatan.

Sebenarnya Rony Agustinus bukan pelatih pertama asal Indonesia yang berkarier di Korea Selatan. Sebelumnya bahkan ada Indra Wijaya yang pernah melatih di Korea Selatan pada 2013-2016.

Hanya saja belakangan ini kiprah Rony Agustinus begitu menarik perhatian publik di tengah keganasan tim bulutangkis Korea Selatan.

Baca Juga

Bergelar negara besar bulutangkis, Korea Selatan belakangan ini tampak begitu menggila dengan sederet prestasi yang ditorehkan di berbagai kejuaraan.

Tahun lalu misalnya. Sebelum Rony Agustinus dikontrak BKA, Korea Selatan telah menciptakan torehan gemilang dengan menjadi juara Piala Uber 2022.

Beragam gelar juara di turnamen individu juga tak kalah berkilau. Menyambut musim 2023, Korea Selatan menjadi kian tak terbendung prestasinya, baik di turnamen individu maupun beregu.

Di ajang beregu 2023, meski harus berakhir sebagai runner-up, namun tim Korea Selatan telah tiga kali menapaki final dari Piala Uber, Piala Sudirman, dan Badminton Asia Mixed Team Championships.

Sementara di ajang individu, entah sudah berapa kali kepingan medali atau gelar juara telah ditorehkan oleh para atlet bulutangkis Korea Selatan.

Baca Juga

1. Statistik Menggila Bulutangkis Korea Selatan

Statistik Menggila Bulutangkis Korea Selatan di Musim 2023.

Membedah lebih dalam, dalam klasemen BWF World Tour musim 2023 hingga Agustus ini, sekiranya ada 19 gelar juara ditorehkan Korea Selatan.

Torehan itu begitu melesat pesat jika dibandingkan dengan tahun lalu, di mana Korea Selatan sekiranya hanya meraih 10 gelar juara di BWF World Tour.

Tunggal putri menjadi sektor paling sukses yang menyumbangkan gelar bagi Korea Selatan sepanjang musim 2023, dan salah satu aktornya adalah An Se-young, murid Rony Agustinus.

Di bawah kepemimpinan Rony Agustinus, tercatat An Se-young telah meraih delapan gelar juara dari 11 final yang ditapaki sang atlet.

Bersama Rony Agustinus, An Se-young juga mampu meroket menembus ranking satu BWF padahal usianya baru 21 tahun.

Baca Juga

Rony Agustinus bersama jajaran kepelatihan di Korea Selatan juga mampu membuat beberapa tunggal Korea Selatan seperti Kim Ga-eun, Sim Yu-jin, hingga Lee Yun-gyu menjadi dikenal publik.

Sungguh catatan dan transformasi yang sangat luar biasa bagi Korea Selatan di musim 2022-2023 ini. Bahkan itu hanya di lingkup BWF World Tour dan turnamen beregu.

Artinya, catatan itu tidak termasuk tiga keping medali emas yang ditorehkan An Se-young dan kawan-kawan di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang merupakan turnamen grade satu.

Di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 yang berlangsung di Copenhagen Denmark pada 21-27 Agustus, Korea Selatan mampu menjadi juara umum dengan tiga emas di genggaman.

Gelar juara itu disumbang oleh murid Rony Agustinus, yakni An Se-young, yang sekaligus menciptakan sejarah sebagai tunggal putri pertama Korea Selatan yang bergelar juara dunia.

Baca Juga

Kemudian emas Korea Selatan disumbang Seo Seung-jae/Chae Yu-jung (ganda campuran) dan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae (ganda campuran).

Entah sudah berapa kali Korea Selatan menjadi juara umum di berbagai turnamen bulutangkis sepanjang musim 2023 ini.

Namun yang jelas, Korea Selatan memang menjadi salah satu negara dengan kekuatan paling mengerikan sepanjang musim 2023.

Rasanya susah untuk menghentikan kebangkitan luar biasa Korea Selatan jika tidak ada pesaing sepadan yang menandingi mereka.

Bukan tidak mungkin keperkasaan itu akan terus berlanjut sampai ajang Olimpiade 2024 yang tinggal menghitung bulan akan digelar.

Baca Juga
Korea SelatanAsosiasi Bulutangkis KoreaTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisIndepthRony Agustinus

Berita Terkini