x

Tommy Sugiarto Terjebak Nostalgia Usai Sikat Thailand di Indonesia IC 2023

Selasa, 29 Agustus 2023 16:55 WIB
Kontributor: Aldi Aulia Anwar | Editor: Indra Citra Sena
Tommy Sugiarto mengikuti turnamen bulutangkis Indonesia International Challenge 2023. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

INDOSPORT.COM - Pebulutangkis gaek Indonesia, Tommy Sugiarto, berhasil lewati ujian pertamanya di babak awal Indonesia Internasional Challenge 2023.

Menghadapi wakil Thailand, Panitchaphon Teeraratsakul, pada round 1 (babak 64 besar) di court 4, GOR PBSI Sumut, Medan, Selasa (29/8/23), Tommy harus berjuang keras untuk lolos ke babak selanjutnya (32 besar).

Baca Juga

Turun sebagai unggulan ke-15 di Indonesia Internasional Challenge 2023, eks atlet Pelatnas Cipayung ini menang dua gim ketat dengan skor 21-18, 24-22.

"Di awal-awal sudah dapat lawan yang tangguh, makanya di awal tadi adaptasi dulu. Syukurlah di set (gim) awal bisa saya menangi mesti ketinggalan di 11 (interval) awal," ujar Tommy Sugiarto kepada awak media usai laga.

"Di set (gim) kedua juga berjalan sengit, sempat leading 18 namun ada lengah dan kurang konsentrasi jadi lawan berjuang, tapi akhirnya bisa saya menangi," sambungnya.

Lebih lanjut, putra Icuk Sugiarto ini mengakui baru pertama kali menghadapi lawannya tadi dan memilih fokus untuk laga selanjutnya, termasuk target pribadinya.

Baca Juga

"Di sini ada menang angin, kalah angin. Kedua sisi lapangan sama-sama mengalaminya. Fokus untuk laga besok round ke-2 (32 besar), terutama recovery. Baru jumpa pertama kali, jadi belum tahu sama sekali (kekuatan lawan)," sebutnya.

"Pastinya saya akan berusaha untuk tampil yang terbaik dulu dalam setiap pertandingan Indonesia IC 2023," tambah Tommy Sugiarto.

Pebulutangkis berusia 35 tahun ini mengakui bukan pertama kali bermain di GOR PBSI Sumut. Ia menyebut terakhir kali main di sana sekitar 12 tahun lalu.

"Bukan pertama kali main di sini. Sudah lama sekali saya nggak main di sini. 12 tahun lalu saya terakhir kali bermain di sini. Sewaktu Sirnas di gedung ini. Ya banyak renovasi (perubahan). Antusias juga bisa main lagi di sini," pungkasnya.

Baca Juga

1. 308 Pebulutangkis dari 19 Negara

Konferensi pers Indonesia Internasional Challenge 2023 di Medan. (Foto: Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT)

Turnamen bulutangkis bertajuk Xpora Indonesia International Challenge 2023 dijadwalkan berlangsung di GOR PBSi, Medan, Sumatra Utara, 29 Agustus sampai 3 September.

Sebanyak 308 pebulutangkis dari 19 negara dipastikan ambil bagian turnamen ini, termasuk tuan rumah Indonesia yang menurunkan 77 pebulutangkis. Total 47 di antaranya pemain Pelatnas PBSI.

Baca Juga

Indonesia banyak mengandalkan pemain-pemain muda, di antaranya Alwi Farhan, Yohanes Saut Marcelyno, Komang Ayu Cahya Dewi, Tasya Farahnailah, M. Putra Erwiansyah/Patra Harapan Rindorindo, hingga Zaidan Arrafi Nabawi/Felisha Alberta Nathaniel Pasaribu.

Ada juga nama-nama senior yang dipastikan ikut ambil bagian seperti Tommy Sugiarto, Sabar Karyaman Gutama/Moh Reza Pahlevi Isfahani dan kampiun Indonesia International Challenge tahun lalu, Anggia Shitta Awanda/Putri Larasati.

Baca Juga

Berdasarkan hasil drawing awal, total ada 53 pemain yang akan mewakili Merah Putih. Sebanyak 49 pemain sudah masuk ke babak utama dan empat sisanya akan memulai laga dari kualifikasi.

Tommy SugiartoThailandBulutangkisIndonesia International ChallengeBerita Bulutangkis

Berita Terkini