x

Ganda Putra Indonesia Bapuk di Kejuaraan Dunia, Kevin/Marcus Ikut Disentil Media China

Rabu, 30 Agustus 2023 05:59 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Juni Adi
Bintang bulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, ikut disentil media China usai ganda putra bapuk di Kejuaraan Dunia 2023.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Indonesia, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon, ikut disentil media China usai ganda putra bapuk di Kejuaraan Dunia 2023.

Serba-serbi Kejuaraan Dunia 2023 tampaknya masih menarik untuk dikulik meski telah selesai dihelat pada Minggu (27/08/23) lalu.

Baca Juga

Salah satunya sektor ganda putra Indonesia yang mencatatkan hasil yang kurang memuaskan dengan gagal meraih medali di Kejuaraan Dunia kali ini.

Ganda putra Indonesia paling jauh melaju hanya sampai babak perempat final saja yakni Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan dan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri.

Kegagalan sektor andalan Indonesia di Kejuaraan Dunia itu lantas menjadi sorotan media China yakni Sohu, yang menyoroti kandasnya Fajar/Rian yang berstatus sebagai pasangan peringkat satu di ranking BWF.

Tak hanya menyoroti kegagalan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, Sohu turut kembali bernostalgia dengan Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang selalu apes di Kejuaraan Dunia.

Baca Juga

“Ganda peringkat satu tampaknya beracun. Gideon/Sukamuljo yang dulunya peringkat satu dunia juga berkali-kali difavoritkan menjadi juara,” tulis media China tersebut.

“Namun, buktinya mereka belum juga juara hingga saat ini. Baik itu di Kejuaraan Dunia maupun Olimpiade. Dan selalu kehilangan momentum saat masa-masa kritis,” sambungnya.

Ya, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon sendiri pernah berjaya dengan bertengger di peringkat satu ranking BWF dan memenangkan banyak turnamen bulutangkis.

Sayanya, kejayaan Kevin/Marcus belum lengkap karena belum pernah meraih satupun medali di Kejuaraan Dunia hingga Olimpiade.

Baca Juga

1. Kevin/Marcus Selalu Apes di Main Event

Pasangan ganda putra Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo di Singapore Open 2023. (Foto: PBSI)

Seperti diketahui, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon berhasil mencatatkan rekor sebagai ganda putra dengan peringkat terlama di ranking BWF.

Tercatat, pasangan berjuluk The Minions itu berhasil bertengger di posisi puncak terhitung sejak 28 September 2017 hingga 19 September 2022 atau selama 259 pekan.

Baca Juga

Di sepanjang karier mereka sebagai ganda nomor satu dunia, Kevin/Marcus hanya berhasil meraih satu gelar juara di turnamen utama atau main event.

Ya, kala itu Kevin/Marcus berhasil menyabet medali emas Asian Games 2018 yang dihelat di Indonesia usai mengalahkan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di final.

Namun, setelahnya, The Minions selalu apes di main event seperti Kejuaraan Dunia hingga pesta olahraga terbesar di dunia yakni Olimpiade Tokyo 2020.

Di Olimpiade Tokyo 2020, Kevin Sanjaya/Marcus Gideon yang berstatus sebagai unggulan pertama itu terhenti di babak perempat final.

Baca Juga

Begitu pula di Kejuaraan Dunia, Kevin/Marcus tak mampu banyak bicara. Pada edisi 2022, mereka terhenti di babak 16 besar dari Ben Lane/Sean Vendy.

Di Kejuaraan Dunia 2021, The Minions terhenti di babak 32 besar usai memutuskan walkover ketika melawan pasangan Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi.

Sementara ketika masih berstatus sebagai ganda nomor satu dunia, tepatnya pada Kejuaraan Dunia 2019, Kevin/Marcus secara mengejutkan takluk di 32 besar dari Choi Sol-gyu/Seo Seung-jae.

Capaian terbaik mereka berada di edisi 2018 di mana kala itu Kevin/Marcus berhasil melaju hingga babak perempat final meski harus kalah dari Takeshi Kamura/Keigo Sonoda.

Baca Juga
ChinaKevin Sanjaya/Marcus GideonBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini