x

Puji Setinggi Langit Kunlavut Vitidsarn, Lee Chong Wei Senggol Lee Zii Jia?

Rabu, 30 Agustus 2023 15:25 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Lee Chong Wei turut memuji Kunlavut Vitidsarn yang baru saja dinobatkan sebagai juara dunia tunggal putra. Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain.

INDOSPORT.COM - Legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei, turut memuji Kunlavut Vitidsarn yang baru saja dinobatkan sebagai juara dunia tunggal putra.

Pemain tunggal putra Thailand, Kunlavut Vitidsarn, mencetak sensasi usai meraih medali emas Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023, Minggu (27/08/23). Di final, ia mengalahkan Kodai Naraoka dengan skor 19-21, 21-18, 21-7.

Baca Juga

Torehan ini membuat Kunlavut Vitidsarn mengukir sejarah besar sebagai tunggal putra Thailand pertama yang mampu menjadi juara dunia.

Pencapaian Kunlavut Vitidsarn turut membuat kagum legenda bulutangkis Malaysia, Lee Chong Wei. Pemain yang tiga kali menjadi runner-up Kejuaraan Dunia Bulutangkis tersebut takjub dengan kepribadian Kunlavut Vitidsarn.

"Saya pernah bertemu Kunlavut di Canada di acara Yonex bulan lalu. Kami bertukar cerita dengan sangat menyenangkan," ujar Lee Chong Wei, dikutip dari New Strait Times.

"Dia orang yang sangat rendah hati, sangat sopan, dan sangat ingin belajar. Dengan kepribadian seperti itu, bukan kejutan dia menjadi juara dunia," imbuhnya.

Baca Juga

Lebih lanjut, Lee Chong Wei turut berpesan kepada pemain Malaysia agar bisa memiliki kualitas setara Kunlavut Vitidsarn. Salah satunya dengan belajar darinya.

"Saya berharap para pemain Malaysia bisa mengikuti jejaknya. Yang pertama harus mereka lakukan adalah belajar rendah hati seperti Kunlavut," tuturnya.

Ucapan Lee Chong Wei ini pun layak menjadi bahan evaluasi dan pelecut semangat para pemain lainnya termasuk tunggal putra Malaysia, Lee Zii Jia.

Sempat mendapat sebutan The Next Lee Chong Wei, Lee Zii Jia tak kunjung menunjukkan performa mengesankan usai menjuarai All England 2021 dan Thailand Open 2022. Di Kejuaraan Dunia kemarin, ia terhenti di babak ketiga.

Baca Juga

1. Penilaian Lee Chong Wei

Lee Chong Wei turut memuji Kunlavut Vitidsarn yang baru saja dinobatkan sebagai juara dunia tunggal putra. Foto: REUTERS/Hasnoor Hussain.

Lebih lanjut, Lee Chong Wei menyoroti persaingan di sektor tunggal putra saat ini yang disebutnya sangat ketat.

"Ini bukan lagi soal skill dan strategi. Anda harus benar-benar fit. Tidak ada lagi satu atau dua pemain yang sangat mendominasi seperti dulu," ujar Lee Chong Wei.

Baca Juga

"Saya bahkan berkata kepada Ng Tze Yong untuk menjaga kebugaran, terutama untuk bisa bertahan sampai akhir. Di Kejuaraan Dunia, dia harus melakoni enam pertandingan, tidak seperti kejuaraan lainnya yang hanya lima pertandingan," imbuhnya.

Lagi-lagi, Lee Chong Wei menilai penampilan pemain Malaysia yang disebutnya tidak cukup kuat, terutama untuk bertahan dalam pertandingan-pertandingan panjang yang menguras keringat.

Untuk hal ini, Lee Chong Wei terang-terangan memuji penampilan pemain Thailand, yang telah berhasil mengirim tiga wakil mereka menjadi juara dunia bulutangkis di tiga sektor.

"Kunlavut dan Kodai bermain selama hampir dua jam di partai final kemarin. Apakah pemain kami cukup bugar untuk bisa melakukannya?" kata Lee Chong Wei.

Baca Juga

"Thailand meningkat dengan pesat. Mereka kini punya tiga juara dunia dari tiga disiplin. Saya mesti mengucapkan selamat pada mereka," pungkasnya.

Penampilan Malaysia pada Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 memang cukup mengecewakan. Pasalnya, tidak ada wakil mereka yang mampu melaju lebih dari babak semifinal.

Adalah juara dunia 2022, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, yang berhasil melaju ke partai semifinal. Sayang, mereka takluk dari Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae yang akhirnya tampil sebagai juara.

Sebelumnya, pasangan ganda putri, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan dan pasangan ganda putra, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei, terhenti di babak perempat final. 

Baca Juga
Lee Chong WeiBulutangkisLee Zii JiaBerita BulutangkisKunlavut VitidsarnKejuaraan Dunia Bulutangkis

Berita Terkini