x

Breaking! Kento Momota Resmi Mundur dari Timnas Jepang untuk Asian Games

Sabtu, 2 September 2023 10:54 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Mantan tunggal putra nomor 1 dunia, Kento Momota, dipastikan mundur dari tim bulutangkis Jepang untuk Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Mantan tunggal putra nomor 1 dunia, Kento Momota, dipastikan mundur dari tim bulutangkis Jepang untuk Asian Games 2022.

Federasi Bulutangkis Jepang atau Nippon BA mengkonfirmasi bahwa Kento Momota batal tampil di Asian Games 2022 karena mengalami cedera punggung, melansir dari akun BadPal di Twitter.

Baca Juga

Kento (Momota) kini resmi keluar dari anggota Asian Games pada bulan September karena cedera punggung, menurut Nippon BA. Dia seharusnya mengikuti nomor beregu saja,” tulis BadPal.

Momota yang peringkat dunianya kini anjlok ke urutan 48 ranking BWf setelah mengalami serangkaian penampilan mengecewakan dan cedera.

Bulan lalu namanya dimasukkan dalam daftar tim bulutangkis Jepang untuk nomor beregu putra pada Asian Games yang akan digelar 23 September - 8 Oktober di Hangzhou, China.

Namun dengan Momota kini dihantam cedera baru pada punggungnya, posisinya digantikan tunggal putra peringkat 30 dunia, Koki Watanabe.

Baca Juga

Koki Watanabe akan mendampingi Trio K yakni Kodai Naraoka, Kenta Nishimoto, dan Kanta Tsuneyama, yang belakangan jadi tumpuan di nomor tunggal putra Jepang.

Mundurnya Momota dari Asian Games 2023 tentu saja menjadi kabar menyedihkan untuk para penggemarnya.

Pasalnya, sang pemain juga sudah absen di Kejuaraan Dunia Bulutangkis bulan lalu karena peringkatnya tidak masuk kualifikasi.

Australia Open merupakan penampilan terakhir Kento Momota sebelum diadang cedera. Saat itu, Momota kandas di babak 32 besar usai kalah dari Jonatan Christie.

Baca Juga

1. Kento Momota Alami Kemunduran Drastis

Tunggal Putra Jepang, Kento Momota, selepas laga Indonesia Open 2023, Selasa (13/06/23).

Kento Momota memang mengalami kemunduran performa secara drastis sejak kecelakaan mobil tiga tahun lalu yang membuatnya cedera.

Padahal saat itu, Momota sedang berada di puncak kejayaan dengan memegang rekor 11 gelar juara pada 2009. Dia hanya kalah enam kali dari 73 pertandingan yang dia mainkan.

Baca Juga

Namun kecelakaan itu membuat Momota mengalami gangguan penglihatan dan dia harus naik meja operasi pada tulang di dekat matanya.

Di Asian Games 2018 Jakarta-Palembang, Kento Momota kalah di babak 16 besar nomor tunggal putra, dan hanya mampu memenangkan perunggu di nomor beregu putra.

Terlepas dari mundurnya Kento Momota, tim Jepang dipastikan akan menurunkan pasukan terbaiknya untuk memperbaiki kegagalan lima tahun lalu.

Pada edisi Jakarta-Palembang, Jepang hanya mampu mencuri satu gelar juara lewat tim beregu putri mereka setelah mengalahkan tim China.

Baca Juga

Ini merupakan medali emas di nomor beregu yang berhasil dimenangkan Jepang untuk pertama kalinya dalam 48 tahun.

Adapun tim putra hanya mampu meraih medali perunggu setelah Kento Momota dkk. dikalahkan Indonesia yang diperkuat Kevin Sanjaya/Marcus Gideon di semifinal.

Perolehan medali lainnya pada edisi terakhir, yakni medali perunggu oleh Kento Momota, dan medali perak oleh Misaki Matsutomo/Ayaka Takahashi.

Melansir laman Badminton Spirits, tim bulutangkis Jepang menerjunkan 10 pemain putra dan 10 pemain putri untuk mengikuti Asian Games edisi ke-19 kali ini.

Baca Juga
JepangAsian GamesKento MomotaBulutangkis

Berita Terkini