x

Singkirkan Jagoan Tuan Rumah, Praveen/Melati Tembus 16 Besar China Open 2023

Selasa, 5 September 2023 13:17 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda campuran Indonesia Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Singapure Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan China Open 2023, Selasa (5/9/23). Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti berhasil melangkah ke babak 16 besar usai mengalahkan pasangan tuan rumah.

Ajang bulutangkis BWF World Tour Super 1000, China Open 2023 berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou mulai hari ini, Selasa (5/9/23). Sebanyak sembilan wakil Indonesia dijadwalkan berlaga di hari pertama ini.

Baca Juga

Salah satunya adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Pasangan ganda campuran ini menghadapi lawan berat, yakni unggulan ketujuh, Jiang Zhenbang/Wei Yaxin.

Meski demikian, wakil Indonesia berhasil menyuguhkan penampilan menawan. Berhadapan dengan wakil tuan rumah, Praveen/Melati berhasil memberikan perlawanan sengit hingga akhirnya memenangi pertandingan dengan skor 21-16, 12-21, 21-16.

Praveen/Melati mengawali pertandingan dengan cukup baik. Sejak merebut dua angka perdana, mereka sama sekali tak terkejar oleh Jiang/Wei.

Dengan leluasa, Praveen/Melati menguasai jalannya pertandingan dan menutup gim pertama dengan skor 21-16 tanpa pernah sekali pun tertinggal dari wakil Cina.

Baca Juga

Di babak kedua, keadaan berubah 180 derajat. Kali ini, giliran Jiang/Wei mendominasi permainan dengan tak membiarkan Praveen/Melati memimpin satu angka pun. 

Sempat unggul jauh 16-8, Jiang/Wei berhasil menutup gim kedua dengan skor 21-12, sekaligus memaksa pertandingan berlanjut ke gim penentuan.

Pada gim pamungkas ini, duel sengit terjadi. Kedua pasangan berlomba mengamankan angka, sehingga terjadi perebutan poin yang seru.

Akhirnya, setelah berjibaku selama 1 jam, tiket ke babak 16 besar berhasil digenggam Praveen/Melati. Kepastian ini didapat setelah mereka menutup gim ketiga dengan skor 21-16.

Baca Juga

1. Wakil Indonesia Keempat yang Lolos

Pasangan ganda campuran Indonesia, Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti di Japan Open 2023. (Foto: PBSI)

Kemenangan Praveen/Melati membuat mereka menjadi wakil Indonesia keempat yang telah berhasil menggenggam tiket ke babak 16 besar.

Sebelumnya, Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, dan Shesar Hiren Rhustavito juga sukses mengalahkan lawan mereka dan melaju ke babak selanjutnya.

Baca Juga

Dejan/Gloria memetik kemenangan atas wakil Taipei, Yang Po-Hsuan/Hu Ling Fang, pun demikian dengan Rinov/Pitha yang menyingkirkan Chang Ko-Chi/Lee Chih Chen.

Sementara itu, Shesar, yang baru melakoni turnamen kedua setelah comeback, berhasil mengalahkan wakil India, Priyanshu Rajawat.

Sayang, langkah Dejan/Gloria, Rinov/Pitha, dan Shesar gagal diikuti oleh pemain tunggal putri andalan Merah Putih, Gregoria Mariska Tunjung.

Pemain yang turun sebagai unggulan ke-8 tersebut takluk di hadapan pemain Vietnam, Thuy Linh Nguyen. Kekalahan ini cukup mengejutkan, mengingat dalam dua turnamen terakhir Gregoria Mariska selalu bisa melangkah hingga setidaknya babak perempat final.

Baca Juga

Di babak selanjutnya, Praveen/Melati akan menghadapi pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Tan/Lai sendiri berhasil menggenggam tiket 16 besar usai mengalahkan Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie dengan skor 25-23, 21-15 di pertandingan pertama.

Praveen/Melati sendiri tengah berupaya memperbaiki rekor mereka, yang sejak Malaysia Masters 2023 lalu tak pernah melaju lebih dari babak kedua.

Laga Praveen/Melati vs Tan/Lai dijadwalkan berlangsung di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Cina, pada Kamis (07/09/23) mendatang. 

Baca Juga
Praveen Jordan/Melati DaevaChina OpenBulutangkisBerita BulutangkisHasil BulutangkisJiang Zhenbang/Wei Yaxin

Berita Terkini