x

Bagas/Fikri Heroik ke 16 Besar China Open Usai Susah Payah Gempur Rankireddy/Shetty

Rabu, 6 September 2023 12:08 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri, memastikan tiket ke babak 16 besar China Open 2023 usai mengalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Rabu (06/09/23). (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/ Muhammad Shohibul Fikri, memastikan tiket ke babak 16 besar China Open 2023 usai mengalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, Rabu (6/9/23).

Bertanding di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Bagas/Fikri  berhasil memaksakan duel rubber set berdurasi 68 menit melawan ganda putra India sebelum akhirnya menang 21-17, 11-21, 21-17.

Baca Juga

Pada set pertama, Bagas/Fikri tampil spartan dengan variasi serangan untuk mengungguli Rankireddy/Shetty hingga internal pertama 11-9.

Beberapa poin mampu diraih oleh Bagas/Fikri untuk unggul 12-10, 15-12, dan 18-16. Adu drive sengit dan cepat membawa Bagas/Fikri mengamankan game pertama 21-17.

Pada set kedua, Bagas/Fikri kehilangan momentum untuk memimpin permainan. Alhasil, mereka mati kutu sehingga membuat skor tertinggal jauh 2-10.

Servis Bagas/Fikri dinyatakan keluar usai Satwiksairaj/Shetty meminta challenge, membuat mereka kehilangan poin dan tertinggal telak di interval set kedua 2-11.

Baca Juga

Usai turun minum, Bagas/Fikri menambah intensitas serangan untuk meraih rentetan angka. Namun, upaya pengejaran Bagas/Fikri terputus usai kok menyangkut net sekaligus membuat Rankireddy/Shetty menang di set kedua 11-21.

Pada set penentuan, Bagas/Fikri kembali memimpin jalannya pertandingan. Defence ciamik disuduhkan pasangan Indonesia berhasil meredam serangan Rankireddy/Shetty hingga unggul 7-4.

Usai unggul 11-8 di interval ketiga, Bagas/Fikri terus memimpin perolehan skor 12-19, 13-10, 15-13, sebelum smash keras Satwiksairaj memecah pertahanan Bagas/Fikri 16-14.

Memasuki matchpoint, Bagas/Fikri yang unggul 20-14 hanya butuh 1 angka saja namun kesulitan mengakhiri laga setelah beberapa kali kehilangan poin.

Beruntung, variasi serangan dari Bagas/Fikri membuahkan hasil, setelah placing Bagas sukses mengecoh Rankireddy/Shetty. Mereka memenangkan set ketiga 21-17.

Baca Juga

1. Jalan Terjal Bagas/Fikri pada Drawing China Open 2023

Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulan/Muhammad Shohibul Fikri di Korea Open 2023. (Foto: PBSI)

Hasil tersebut memastikan Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri mencatat dua kemenangan beruntun atas Rankireddy/Shetty.

Sebelumnya, mantan juara All England 2022 tersebut juga mampu menaklukkan pasangan India peringkat 2 dunia itu di Thailand Open 2023.

Baca Juga

Dengan demikian, skor head to head Bagas/Fikri dengan Rankireddy/Shetty menjadi 2-3 dari lima pertemuan yang sudah mereka lakoni.

Bukan hanya itu, kemenangan atas Rankireddy/Shetty kali ini membawa Bagas/Fikri melaju ke babak kedua atau 16 besar China Open 2023.

Di babak 16 besar pada hari Kamis (07/09/23) nanti, Bagas/Fikri berpotensi jumpa rekan senegara Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang baru akan menghadapi Ayato Endo/Yuta Takei hari ini.

Untuk diketahui, Bagas/Fikri menghadapi jalan terjal di China Open 2023 jika melihat dari drawing angker mereka pada sektor ganda putra.

Baca Juga

Jika Bagas/Fikri atau Pramudya/Yeremia lolos ke babak perempat final, mereka berpotensi bertemu Lee Yang/Wang Chi-lin, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, atau Kang Min Hyuk/Seo Seung-jae.

Terlepas dari drawing tersebut, perjuangan Bagas/Fikri melawan Rankireddy/Shetty patut diapresiasi mengingat pasangan India sedang dalam performa terbaiknya.

Ini juga menyelamatkan rekan senegaranya, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto lengser dari posisinya di ranking 1 BWF meski mereka sudah kalah di babak pertama China Open.

Sementara itu, tunggal putri Indonesia sudah habis tak tersisa setelah kekalahan Putri Kusuma Wardani dari unggulan kedua Akane Yamaguchi asal Jepang hari ini.

Baca Juga
China OpenBulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini