x

Perang Saudara Bagas/Fikri dan Pram/Yere Berebut Takhta Ganda Putra Indonesia

Rabu, 6 September 2023 17:42 WIB
Penulis: Ammara Marthiara | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri di China Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Dua pasangan ganda putra Indonesia, Bagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan, akan terlibat perang saudara di babak 16 besar China Open 2023.

Sekedar informasi, Indonesia mengirimkan lima ganda putra untuk turun di China Open 2023. Dua pasangan sudah gugur, yakni Fajar Alfian/Rian Ardianto dan Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga

Sementara itu,  Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana dan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang sama-sama lolos ke babak 16 besar justru harus saling sikut satu sama lain.

Nantinya, salah satu di antara dua pasangan tersebut yang akan menjadi harapan dari sektor tunggal putra Indonesia untuk bisa bertahan hingga final China Open 2023.

Kepastian keduanya melaju ke 16 besar China Open 2023 muncul seiring kesuksesan Bagas/Fikri menyingkirkan pasangan India di babak 32 besar, yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty, lewat rubber 21-17, 11-21, 21-17.

Berlaga di Olympic Sports Center Gymnasium, Changzhou, Rabu (6/9/23), mengaku bersyukur bisa menyelesaikan pertandingan dengan lancar dan bisa diberi kemenangan atas jagoan India, meski sempat tertinggal di gim kedua.

Baca Juga

“Hari ini permainan kami cukup memuaskan, di lapangan hanya adu mental dan kesiapan saja tadi. Di gim kedua sebenarnya kondisi lapangan tidak berubah signifikan, walau lebih kalah angin tapi lawan sudah semakin siap jadi kami tertekan terus,” jelas Shohibul Fikri.

“Setelah itu, pelatih bilang jangan dipikirkan. Siap lagi untuk ambil gim ketiga. Belajar dari gim kedua, strategi kami sudah siap dengan bola panjang setelah interval dan sukses meredam serangan-serangan mereka,” tambahnya.

Di sisi lain, Bagas Maulana menuturkan bahwa dia maupun Fikri sudah mewaspadai serangan untuk mengalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty.

Baca Juga

“Secara strategi, tidak berbeda jauh dengan saat bertemu di Thailand Open lalu bahkan bisa dikatakan sama saja,” jelas Bagas Maulana.

“Kami menyiapkan pukulan dengan bola-bola setengah dan mewaspadai sergapan lawan. Saat match point kami saling mengingatkan untuk tak kecolongan terutama dari servis mereka,”

“Soal lawan Pramudya/Yeremia di babak 16 besar China Open 2023, siapa pun lawannya kami siap dan mau menang,” pungkas Bagas Maulana.

Baca Juga

1. Pram/Yere Siap Hadapi Bagas/Fikri

Pasangan ganda putra Indonesia, Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan tembus 16 besar di Kore Open 2023. (Foto: PBSI)

Selanjutnya, giliran pasangan Pramudya Kusumawardana/Yeremia Rambitan yang mengamankan tiket ke 16 besar China Open 2023 usai membungkam wakil China, Ayato Endo/Yuta Takei.

Pram/Yere sukses menumbangkan rival sulit asal China tersebut lewat skor 22-20, 19-21, dan 21-17. Diakui Yeremia Rambitan, sejatinya ia belum bermain normal saat meladeni Endo/Takei di babak 32 besar hari ini, Rabu (6/9/23).

“Hari ini saya masih tertekan dan banyak melakukan kesalahan-kesalahan sendiri. Beruntung partner saya bisa bermain lebih baik, beruntung juga lawan bermain kurang rapi sehingga banyak mati sendiri,” ungkap Yeremia Rambitan.

“Tipe pasangan Jepang yang ini kan memang suka teriak-teriak, kami sudah pernah bertemu sebelumnya jadi sudah terbiasa. Teriakan mereka tidak mengganggu konsentrasi kami,” lanjut Yere.

Baca Juga

Senada dengan Yeremia, Pramudya Kusumawardana juga menilai bahwa permainan Yere hari ini memang belum maksimal. Namun, dirinya bisa memaklumi atas hal tersebut.

“Main memang kadang lagi enak, kadang tidak. Jadi saya maklum dengan Yere hari ini dan saya coba terus support dia untuk tetap tenang dan semangat,” pungkas Pramudya Kusumawardana.

“Kalau dari saya sudah berjalan dengan baik di gim pertama tapi di gim kedua agak sedikit kendor dan melakukan kesalahan-kesalahan sendiri di poin akhir,”

Baca Juga

“Di gim ketiga kami bisa kembali fokus dan tidak mengulangi kesalahan yang dilakukan di gim kedua,” kata Pramudya Kusumawardana.

Bersua rekan senegara di babak 16 besar China Open 2023, Pramudya Kusumawardana sendiri mengaku sudah siap. Salah satu dari mereka nantinya berhak melaju ke perempat final.

“Besok lawan teman sendiri, siapa yang siap dialah yang akan menang ya. Kami sudah sering bertemu di pertandingan resmi, latihan bersama juga setiap hari jadi sudah tahu kelebihan dan kekurangan masing-masing,” tutup Pramudya. 

Baca Juga
China OpenBulutangkisBerita BulutangkisPramudya Kusumawardana/Yeremia Erich Yoche RambitanBagas Maulana/Muhammad Shohibul Fikri

Berita Terkini