x

Curhatan Pilu Anthony Ginting Usai Kandas di China Open Bikin BWF 'Menangis'

Kamis, 7 September 2023 12:52 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Curhatan pilu tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, usai kandas di China Open 2023 memancing rasa simpati Federasi Bulutangkis Dunia (BWF). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Curhatan pilu tunggal putra Indonesia, Anthony Sinisuka Ginting, usai kandas di China Open 2023 memancing rasa simpati Federasi Bulutangkis Dunia (BWF).

Pasalnya, ini menjadi pertandingan pertama Ginting setelah sempat absen di ajang Kejuaraan Dunia 2023 pada Agustus kemarin karena masih dalam suasana berduka.

Baca Juga

Diketahui, Ginting ditinggalkan sang ibunda tercinta, Lucia Sriati, yang meninggal dunia hanya sepekan menjelang Kejuaraan Dunia di Kopenhagen.

Setelah melewati masa berduka, tunggal putra ranking 2 BWF itu pun kembali ke turnamen dengan mengikuti China Open di Changzhou pekan ini.

Sayang sekali comeback Ginting tidak berbuah manis. Dirinya dikalahkan wakil Jepang, Kanta Tsuneyama dalam pertarungan rubber set 66 menit dengan skor 11-21, 21-18, 17-21.

BWF membuat sebuah artikel khusus untuk meratapi kekalahan Ginting di China Open di tengah perasaan duka yang mungkin masih membayanginya.

Baca Juga

Kekalahannya di China Open kali ini membuat Ginting gagal mengulangi kesuksesannya dalam dua edisi terakhir empat tahun lalu, saat jadi juara di edisi 2018 dan runner-up edisi 2019.

“Di China Open lima tahun lalu, ia meraih salah satu kemenangan terbesarnya, mengalahkan Kento Momota yang sedang dalam performa terbaiknya di final,” tulis BWF.

“Tapi ini bukan saat yang normal bagi pemain nomor dua dunia itu, yang mengalami kesedihan pribadi terbesar bulan lalu ketika dia kehilangan ibunya,” lanjut BWF.

BWF pun sangat tersentuh dengan kata-kata yang diucapkan Anthony Sinisuka Ginting usai kandas di China Open 2023, bahwa Ginting mengaku berusaha keras menerima kekalahan itu.

Baca Juga

1. Anthony Ginting Mencoba Sembuhkan Duka

Tunggal putra Indonesia, Anthony Ginting berhasil mengalahkan rekan senegaranya Jonatan Christie pada babak 8 besar Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Kamis (15/06/23). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

Mengatakan kepada media BWF, Anthony Sinisuka Ginting  mengaku berjuang keras menyembuhkan duka selama tiga pekan terakhir untuk persiapan ke China Open.

Meskipun dirinya sudah menjalani latihan dengan baik, dan mencoba menyegarkan pikiran di luar lapangan, tetapi nyatanya kekalahan di China Open membuka kembali duka tersebut.

Baca Juga

“Itu adalah pengalaman pertama saya (ditinggalkan sang ibu). Tidak mudah untuk pulih dari situasi itu tetapi saya berusaha keras selama tiga minggu terakhir. Saya terus berlatih senormal mungkin dan mencoba mengikuti turnamen seperti biasa, tapi… begitulah adanya,” ujar Ginting.

“Yang penting saya harus punya pikiran segar di luar lapangan, tapi itu tidak berhasil. Itu sebabnya saya melewatkan Kejuaraan Dunia karena (saya tahu hasilnya) tidak akan berjalan dengan baik,” terangnya.

“Saya memiliki beberapa ekspektasi datang ke sini (China Open). Saya bermain sangat baik di sini dua kali sebelumnya, jadi saya berharap hal itu terulang lagi. Tidak mudah persiapannya. Di Jakarta saya berlatih dengan baik, tapi… bagi saya, waktu akan menyembuhkan. Saya butuh lebih banyak waktu” tambahnya.

Di dalam mengatasi duka tersebut, Anthony Sinisuka Ginting juga dibantu oleh teman dan anggota gerejanya.

Baca Juga

Menyoal ajang China Open 2023, sekedar informasi bahwa Indonesia mengirimkan empat wakil tunggal putra di turnamen bulutangkis level super 1000 yakni China Open 2023. 

Keempat wakil tunggal putra tersebut adalah Anthony Ginting, Jonatan Christie, Chico Aura Dwi Wardoyo serta Shesar Hiren Rhustavito.

Sementara itu ada dua wakil yang berhasil lolos ke babak perempat final China Open 2023 yakni Jonatan Christie serta Shesar Hiren Rhustavito. 

Apesnya, kedua pemain ini akan saling berhadapan pada Jumat (08/09/23) untuk memperebutkan tiket ke babak semifinal China Open 2023. 

Baca Juga
BWFAnthony Sinisuka GintingChina OpenBulutangkis

Berita Terkini