x

Fajar/Rian OTW Dilengserkan Bocil Kematian China dari Puncak Ranking BWF

Jumat, 8 September 2023 13:16 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Isman Fadil
Bintang bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berpotensi dilengserkan Liang Weikeng/Wang Chang di Ranking BWF.

INDOSPORT.COM – Bintang bulutangkis Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, berpotensi dilengserkan Liang Weikeng/Wang Chang di Ranking BWF.

Ganda putra andalan Indonesia yakni Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto memang mencatatkan penampilan yang buruk di China Open 2023.

Baca Juga

Pasangan peringkat satu di ranking BWF itu terhenti di babak 32 besar China Open 2023 dari ganda Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen.

Hasil ini sekaligus memperpanjang rekor buruk Fajar/Rian setelah Kejuaraan Dunia 2023, di mana kala itu mereka juga terhenti di babak 32 besar.

Penampilan yang buruk tersebut lantas menjadi alarm bagi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto yang berpotensi lengser dari posisi puncak ranking BWF.

Namun, posisi mereka tetap aman di peringkat satu karena ganda peringkat dua, Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty juga terhenti di babak 32 besar.

Baca Juga

Akan tetapi, Fajar/Rian bisa saja lengser jika tampil kurang memuaskan di turnamen selanjutnya yakni Hong Kong Open 2023 yang dihelat 12-17 September mendatang.

Hal ini bisa terjadi jika Liang Weikeng/Wang Chang mampu mencapai babak final dan meraih juara China Open, mereka hanya terpaut 1,000 poin dari Fajar/Rian, sebagaimana dalam cuitan Badminton Talk.

“Kemenangan BaKri atas Rankireddy/Shetty memastikan posisi Fajar/Rian aman di ranking 1 selepas China Open 2023,” tulis Badminton Talk.

“Liang Weikeng/Wang Chang yang saat ini berada di posisi 3 dapat memangkas jarak poin menjadi kurang dari 1000 dengan Fajar/Rian bila mereka juara,” pungkasnya.

Baca Juga

1. Catatan Buruk Fajar/Rian

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2023. (Foto: PBSI)

Sebagaimana diketahui, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menjadi ganda putra Indonesia yang paling mendapat sorotan di musim 2023.

Salah satunya adalah karena penampilan impresifnya di awal musim dengan mengoleksi dua gelar juara di Malaysia Open serta All England.

Baca Juga

Namun, performa Fajar/Rian usai meraih juara di All England bisa dibilang anjlok dan tak mampu meraih juara lagi di turnamen selanjutnya.

Capaian terbaik Fajar/Rian usai All England adalah keluar sebagai posisi runner-up usai dikalahkan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di Korea Open 2023.

Sementara pada turnamen sebelumnya yakni Kejuaraan Dunia 2023, pasangan nomor satu Indonesia itu juga terhenti di babak 32 besar usai kalah dari non-unggulan, Lee Jhe Hue/Yang Po Hsuan.

Sebagai informasi, Fajar/Rian sendiri berhasil mencapai posisi puncak ranking BWF pada Desember 2022 lalu dengan menggusur Takuro Hoki/Yugo Kobayashi.

Baca Juga

Namun, posisi pertama ranking BWF Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto berpotensi lengser jika tampil kurang memuaskan di turnamen setelah China Open yakni Hong Kong Open 2023.

Dengan catatan, Liang Weikeng/Wang Chang mencapai babak final dan meraih juara di China Open, sementara Fajar/Rian gagal total di Hong Kong Open 2023.

Bukan hal yang mustahil tentunya bagi Liang Weikeng/Wang Chang untuk mencapai babak final di China Open 2023 yang dihelat di Changzhou.

Pasalnya, penampilan mereka cukup positif dan akan menghadapi rekan senegara yakni Liu Yuchen/Ou Xuanyi di perempat final China Open. Liang/Wang sendiri diprediksi dapat melaju ke babak semfinal.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoChina OpenBulutangkisBerita BulutangkisLiang Wei Keng/Wang ChangRanking BWF

Berita Terkini