x

Zheng Siwei/Huang Yaqiong Tumbang, China Open 2023 Bakal Lahirkan Juara Baru

Jumat, 8 September 2023 14:31 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Indra Citra Sena
Turnamen bulutangkis China Open 2023 bakal melahirkan juara baru menyusul kandasnya juara bertahan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

INDOSPORT.COM - Turnamen bulutangkis China Open 2023 bakal melahirkan juara baru menyusul kandasnya juara bertahan Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

China Open 2023 yang berlangsung di Changzhou menghadirkan kejuran baru dengan dua unggulan ganda campuran kandas di perempat final pada Jumat (8/9/23).

Baca Juga

Unggulan pertama sekaligus juara bertahan yang juga wakil tuan rumah, Zheng Siwei/Huang Yaqiong, tersingkir usai dikalahkan Juara Dunia terbaru, Seo Seung-jae/Cha Yu-jung.

Setelah unggul di set pertama Zheng Siwei/Huang Yaqiong justru gagal meredam perlawanan Seung-jae/Yu-jung dan kalah tiga set 21-17, 13-21, 17-21 dalam durasi 61 menit.

Hasil tersebut membawa Seo Seung-jae/Chae Yu-jung melaju ke babak semifinal China Open, dan berpeluang meraih gelar back-to-back setelah menang di Kejuaraan Dunia 2023.

Di sisi lain, kemenangan Seung-jae/Yu-jung di laga tersebut berhasil memutus rekor tiga kali juara beruntun yang dipegang Zheng Siwei/Huang Yaqiong.

Baca Juga

Ya. Zheng Siwei/Huang Yaqiong memang merupakan juara China Open dalam tiga edisi terakhir pada 2017, 2018 dan 2019. China Open vakum pada 2020 hingga 2022 karena COVID-19.

Selain itu, Zheng/Huang juga gagal melampaui rekor serupa yang dipegang Liliyana Natsir saat meraih gelar bersama Nova Widianto (2007) dan Tontowi Ahmad (2013, 2016).

Apesnya lagi, ganda campuran nomor 1 dunia tersebut juga gagal menyapu bersih gelar BWF Super 1000 setelah sebelumnya juara di Malaysia Open, All England dan Indonesia Open.

Dengan berakhirnya kedigdayaan Zheng Siwei/Huang Yaqiong di rumah sendiri, China Open akan melahirkan pasangan baru di sektor ganda campuran.

Baca Juga

1. Persaingan di Semifinal China Open 2023

Peraih medali emas Chen Qingchen dan Zheng Siwei (kanan) dari China berpose dengan runner up Huang Yaqiong dan Lu Kai (kiri) di podium saat upacara penghargaan ganda campuran di Malaysia Open Super Series Premier 2017.

Menariknya, termasuk Zheng Siwei/Huang Yaqiong, tidak ada satu pun dari 4 unggulan yang akan juara China Open 2023 karena tiga pasangan lainnya juga kandas.

Diketahui, unggulan kedua dari Jepang, Yuta Watanabe/Arisa Higashino juga secara mengejutkan kandas setelah dikalahkan pasangan Prancis, Thom Gicquel/Delphine Delrue.

Baca Juga

Watanabe/Higashino takluk dengan mudah dari unggulan kedelapan tersebut secara straight game dengan skor 22-20, 21-14 dalam tempo 44 menit.

Unggulan ketiga, Feng Yanzhe/Huang Dongping sudah lebih dulu kandas di babak 16 besar setelah dikalahkan wakil Taipei, Ye Wong Wei/Lee Chia Hsin.

Sementara unggulan keempat, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai tumbang di babak perempat final setelah dikalahkan pasangan Malaysia, Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Hasil ini membuat drawing semifinal ganda campuran di China Open 2023 semakin sengit persaingannya karena ditempati dua pasangan unggulan dan dua non unggulan.

Baca Juga

Duel semifinal pertama menghadirkan Seo Seung-jae/Chae Yu-jung sebagai unggulan kelima akan melawan Tan Kian Meng/Lai Pei Jing.

Sedangkan semifinal kedua akan menghadirkan pertandingan antara Thom Gicquel/Delphine Delrue melawan pasangan Malaysia lainnya, Chen Tang Jie/Toh Ee Wei.

Menarik untuk dinantikan siapakah di antara keempat pasangan tersebut yang berhak melaju ke babak final turnamen China Open 2023.

Siapapun pemenangnya tetap akan menciptakan sejarah, di mana ini akan menjadi gelar pertama mereka di ajang China Open setelah turnamen vakum tiga tahun terakhir. 

Baca Juga
China OpenBulutangkisZheng Siwei/Huang YaqiongBerita BulutangkisSeo Seung Jae/Chae Yujung

Berita Terkini