x

Komentator BWF Bingung PBSI Pecah Kongsi Kevin/Marcus di Denmark Open 2023

Sabtu, 9 September 2023 09:34 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Komentator BWF, Ben Beckman, mengutarakan kebingungannya usai Kevin Sanjaya/Marcus Gideon comeback dengan pasangan berbeda di Denmark Open 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Komentator BWF, Ben Beckman, mengutarakan kebingungannya dengan keputusan PBSI memecah Kevin Sanjaya/Marcus Gideon dan comeback dengan pasangan berbeda di Denmark Open 2023.

Sebuah kabar menggemparkan jagat maya pada Jumat (8/9/23) kala Kevin Sanjaya Sukamuljo dan Marcus Fernaldi Gideon akan comeback di turnamen bulutangkis Denmark Open 2023.

Baca Juga

Namun, mantan pasangan ganda putra nomor 1 ranking BWF tersebut tidak akan tampil bersama melainkan dengan pasangan berbeda.

Dilansir laman BWF Corporate, Kevin Sanjaya terdaftar di Denmark Open 2023 dengan menggandeng pemain ganda campuran PBSI, Rinov Rivaldy.

Lebih menggemparkan lagi, Marcus yang baru sembuh dari operasi akan menggandeng pemain ganda campuran PBSI lainnya, yakni Rehan Naufal Kusharjanto.

Kevin Sanjaya Sukamuljo/Rinov Rivaldy dan Marcus Gideon/Rehan Naufal Kusharjanto terdaftar di Denmark Open 2023 dengan status sebagai reserve (cadangan) keenam dan ketujuh.

Baca Juga

Ben Beckman melalui unggahan di akun Instagram ikut menyoroti keputusan PBSI menurunkan duet Kevin/Rinov dan Marcus/Rehan di Denmark Open.

“Bilang saja saya bingung. Ketika saya melihat postingan yang dilampirkan pada foto ini, saya benar-benar bingung,” tutur Ben Beckman.

“Saking bingungnya, saya menatapnya selama 5 menit sampai apa yang dikatakannya benar-benar meresap,” lanjutnya.

Diakui mantan pebulutangkis Inggris tersebut, keputusan PBSI ini sangat membingungkan mengingat Kevin dan Marcus dipasangkan dengan pemain spesialis ganda campuran.

Baca Juga

1. Rinov dan Rehan Masih Spesialis Ganda Campuran

Rinov Rivaldy saat bersama Pitha Haningtyas Mentari. Foto: PBSI.

Ya. Rinov Rivaldy dan Rehan Naufal Kusharjanto saat ini masih menjadi pemain andalan Indonesia di sektor ganda campuran bersama pasangan mereka masing-masing.

Rinov Rivaldy berpasangan dengan Pitha Haningtyas Mentari berada di peringkat 16 dunia, sedangkan Rehan Naufal bermitra dengan Lisa Ayu Kusumawati berada di peringkat 11 dunia.

Baca Juga

Lebih dari itu, baik Rinov dan Rehan belum pernah bermain di sektor ganda putra sejak 2018.

Saat itu, Rinov Rivaldy sempat menjajal ganda putra dengan menggandeng Yeremia Rambitan di Kejuaraan Dunia Junior 2017.

Sementara Rehan pernah tandem dengan Rinov di India Junior International 2017 serta menggandeng Pramudya Kusumawardana di Malaysia Junior International 2018.

Ben Beckman mengira Kevin Sanjaya akan menjalani debutnya dengan Rahmat Hidayat seperti yang sempat diumumkan PBSI sebelumnya. Namun, hal ini tidak terjadi sampai sekarang.

Baca Juga

“Mantan bintang ganda top 2 Indonesia akan berpasangan dengan Rehan Kusharjanto dan Rinov Rivaldy, 2 pemain yang belum pernah bermain ganda putra sejak 2018, 2 pemain ganda campuran yang kokoh dan mapan. Membingungkan bukan?” lanjut Ben Beckman.

Satu poin penting yang membuat Ben Beckman bingung adalah PBSI melakukan perombakan tersebut di tengah periode kualifikasi Olimpiade Paris 2024.

Berbeda dengan Kevin Sanjaya dan Marcus Gideon, Rinov dan Rehan termasuk pemain Indonesia yang berpotensi tampil di Olimpiade Paris.

Hal ini belum pernah terjadi dalam 5 tahun terakhir, di mana perombakan dilakukan di Denmark Open Super 750, salah satu turnamen penting untuk perburuan poin Olimpiade. 

Baca Juga
BWFPBSIKevin SanjayaKevin Sanjaya/Marcus GideonRinov RivaldyDenmark OpenMarcus Fernaldi GideonBulutangkisRehan Naufal Kusharjanto

Berita Terkini