x

Korea Selatan Potensi Panen Medali Emas di Olimpiade 2024, Indonesia Ketar-ketir!

Senin, 11 September 2023 15:25 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Korea Selatan berpotensi panen medali emas di Olimpiade Paris 2024 yang wajib menjadi waspada tim bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM - Potensi besar Korea Selatan panen medali emas di Olimpiade Paris 2024 wajib diwaspadai tim bulutangkis Indonesia, terutama PBSI.

Tim bulutangkis Korea Selatan mulai menunjukkan tren apik dalam beberapa turnamen BWF terakhir seperti di China Open dan Kejuaraan Dunia 2023.

Baca Juga

Sempat mengalami masa kelam usai menjuarai Piala Sudirman 2017, Korea Selatan mulai bangkit ditandai dengan kiprah gemilang tunggal putrinya, An Se-young.

Di Kejuaraan Dunia 2023 sendiri, Korea berhasil keluar sebagai juara umum dengan menyabet tiga gelar juara di sektor tunggal putri, ganda putra dan ganda campuran.

Mereka dalah An Se-young, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae serta Seo Seung-jae/Chae Yu-jung yang gemilang meraih medali emas.

Sementara di China Open 2023, dua wakil Korea Selatan berhasil meraih juara yakni An Se-young serta Seo Seung-jae/Chae Yu-jung.

Baca Juga

Dengan catatan positif di musim 2023, Korea Selatan diprediksi bisa saja panen emas di Olimpiade Paris 2024 yang dihelat pada 26 Juli hingga 11 Agustus.

Hal ini menjadi ancaman bagi tim bulutangkis Indonesia yang malah merosot performanya jelang Olimpiade Paris 2024 mendatang.

Bagaimana tidak, di pertengahan musim 2023, Indonesia mengalami musim paceklik gelar. Hanya Anthony Ginting yang berhasil meraih juara di Singapore Open dan Kejuaraan Asia 2023.

Sementara itu, raihan terbaik Indonesia lainnya adalah Apriyani/Fadia menyabet medali perak Kejuaraan Dunia hingga Jonatan Christie yang keluar sebagai runner-up di Japan Open.

Baca Juga

1. Korea Selatan Bangkit, Indonesia Waspada

Ganda Korsel, Kang Min Hyuk/Seo Seung berhasil mengalahkan Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan 21-19, 18-21 dan 21-19 di Istora Senayan, Kamis (09/06/22).

Sekadar informasi, tim bulutangkis Korea Selatan memang tampil kurang begitu memuaskan pada beberapa edisi Olimpiade terakhir.

Bagaimana tidak, terakhir kali Korea meraih medali emas terjadi pada Olimpiade Beijing 2008 melalui ganda campuran Lee Yong-dae/Lee Hyo-jung.

Baca Juga

Sementara itu, pada edisi terakhir yakni Olimpiade Tokyo 2020, Korea Selatan berhasil menyabet medali perunggu melalui ganda putri Kim So-yeong/Kong Hee-yong.

Namun, Korea Selatan diprediksi dapat menyabet medali emas pada Olimpiade Paris 2024 kali ini jika dilihat dari statistik beberapa pebulutangkis di musim 2023.

Salah satu pebulutangkis Korea yang berpotensi besar meraih emas adalah An Se-young yang tampil digdaya pada musim 2023.

Ya, tunggal putri yang baru berusia 21 tahun itu berhasil menyabet total sembilan gelar juara serta tiga runner-up di turnamen bulutangkis.

Baca Juga

An Se-young sukses menyabet gelar juara di India Open, Indonesia Masters, All England, Thailand Open, Japan Open, Kejuaraan Dunia hingga China Open.

Berbanding terbalik dengan Indonesia yang menunjukkan penampilan yang kurang memuaskan padahal sempat digdaya di awal musim.

Di awal musim, Indonesia sukses panen gelar melalui Jonatan Christie, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin, Fajar Alfian/Rian Ardianto, hingga Gregoria Mariska.

Tim bulutangkis Indonesia sendiri memiliki kesempatan untuk memperbaiki performa. Mengingat, turnamen kualifikasi Olimpiade Paris 2024 bakal berlangsung hingga April 2024.

Baca Juga
Korea SelatanPBSIBulutangkisAn Se-youngBerita BulutangkisOlimpiade Paris 2024

Berita Terkini