x

Dibantu Dewi Fortuna, Fajar/Rian Samai Torehan Spektakuler The Daddies di No.1 Ranking BWF

Rabu, 13 September 2023 16:20 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Prio Hari Kristanto
Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menyamai torehan rekannya Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di posisi nomor 1 ranking BWF.

INDOSPORT.COM - Ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, menyamai torehan rekannya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan, di posisi nomor 1 ranking BWF.

Federasi Bulutangkis Dunia (BWF), per Selasa (12/09/23) resmi merilis peringkat atlet bulutangkis terbaru setelah turnamen Super 1000 China Open 2023.

Baca Juga

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto masih menghuni peringkat satu dunia meskipun mereka kandas di babak pertama China Open 2023 2023.

Pekan lalu, Fajar/Rian kalah dari pasangan Denmark, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen, hanya dalam dua gim saja 19-21 dan 19-21 di 32 besar.

Dengan melihat update ranking BWF terbaru itu, Fajar/Rian menorehkan tonggak sejarah penting dengan mempertahankan posisi teratas selama 38 pekan.

Menurut Badminton Stat di akun Twitter, torehan Fajar/Rian tersebut menyamai pencapaian rekan senegaranya, Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan ketika mereka berada di posisi 1 dunia.

Baca Juga

Ya. Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan tercatat pernah menduduki peringkat 1 dunia pada tahun 2013 setelah sukses merengkuh lima gelar di ajang BWF Super Series.

The Daddies - julukan pasangan ganda putra tersebut - menduduki posisi nomor 1 di Ranking BWF pada November 2013 sampai 28 Agustus 2024.

Mereka kemudian lengser dari posisi tersebut setelah memutuskan tidak tampil di ajang Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 karena Ahsan mengalami masalah pinggang.

Akibatnya, sejak saat itu posisi ranking 1 dunia pada sektor ganda putra ditempati oleh pasangan legendaris Korea Selatan, Lee Yong-dae/Yoo Yeon-seong.

Baca Juga

1. Fajar/Rian Selalu Diselamatkan Dewi Fortuna

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di China Open 2023. (Foto: PBSI)

Nah, berbeda dengan Ahsan/Hendra yang lengser dari posisi nomor 1 ranking BWF karena penurunan performa, Fajar/Rian justru mengalami hal sebaliknya.

Diketahui, pascamenang di ajang All England 2023, Fajar/Rian empat kali tersingkir di 32 besar termasuk gagal mempertahankan gelar Malaysia Masters dan Singapore Open 2023.

Baca Juga

Setelah itu beberapa kali hanya mencapai babak perempat final dan semifinal, serta sempat meraih runner-up di ajang Korea Open 2023.

Di tengah inkonsistensi performa itu, datanglah pasangan India Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang melejit ke posisi kedua ranking BWF usai juara Indonesia Open dan Korea Open

Pada titik ini, Fajar/Rian mengantongi 90.129 poin sedangkan Rankireddy/Shetty memiliki 86.461 poin alias jarak poin kedua pasangan hanya sekitar 3000-an saja.

Asumsinya, Fajar/Rian bakal dipastikan lengser dari ranking 1 BWF jika gagal di Kejuaraan Dunia dan China Open, dengan Rankireddy/Shetty melaju lebih dari babak perempat final.

Baca Juga

Namun, bak bantuan Dewi Fortuna, kekalahan Fajar/Rian di babak 32 besar pada dua turnamen tersebut juga diikuti dengan gagalnya Rankireddy/Shetty pada tahap yang sama.

Kendati demikian, posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mulai tidak aman di puncak ranking BWF sektor ganda putra setelah pasangan Liang Wei Keng/Wang Chang juara China Open 2023.

Liang Wei Keng/Wang Chang saat ini menyalip Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di posisi kedua dan mengantongi 89,991 poin, hanya selisih 1000 poin dari Fajar/Rian.

Oleh karenanya, Fajar/Rian harus bisa memaksimalkan penampilannya di Hong Kong Open 2023 demi mempertahankan ranking 1 BWF, dengan Liang/Wang dan Rankireddy/Shetty absen di ajang tersebut.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoMohammad Ahsan/Hendra SetiawanBulutangkisRanking BWF

Berita Terkini