x

Terlalu Sering Kalah di Babak Awal, Fajar/Rian Disarankan Pergi ke Psikolog

Jumat, 15 September 2023 08:00 WIB
Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Ganda putra nomor satu Indonesia dan dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dihujani kritik pasca tersingkir dari Hong Kong Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putra nomor satu Indonesia dan dunia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, dihujani kritik pasca tersingkir dari Hong Kong Open 2023.

Pecinta bulutangkis alias Badminton Lovers (BL) dalam negeri beramai-ramai mempertanyakan kenapa pasangan yang akrab disebut FajRi ini belakangan kerap sekali gugur di babak awal turnamen.

Baca Juga

Hong Kong Open 2023 jadi 'kuburan' terbaru bagi harapan keduanya untuk menambah jumlah medali tahun ini.

Pada Kamis (13/09/23) Fajar/Rian tersingkir di babak 16 besar dari pasangan China Taipei yakni Lee Fang-jen/Lee Fang-chih.

Dua set langsung Fajar/Rian dipaksa menyerah dengan skoe 21-16 dan 21-19 sebelum akhirnya dipaksa angkat koper lebih cepat dari perkiraan.

Memang benar jika duo Lee yang merupakan saudara kembar adalah pasangan yang tengah naik daun usai menjadi runner-up di Spains Masters dan US Open 2023 namun harusnya mereka masih bisa dikalahkan.

Baca Juga

Terdapat gap yang jauh antara Fajar/Rian dan Lee/Lee di rangking BWF yakni 23 level sehingga wajar jika BL dibuat kesal.

Jika memang kekalahan di Hong Kong Open 2023 hanya kebetulan belaka mungkin fans bisa menerima namun masalahnya kegagalan ini terus berulang.

Dua gelar Super 1000 yang Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto menangkan saat menaklukkan Malaysia Open dan All England 2023 patut diapresiasi namun sejak itu performa keduanya terus menurun.

Setidaknya ada lima turnamen dimana pasangan pemenang 10 titel BWF World Tour itu dianggap gagal mencapai hasil membanggakan.

Baca Juga

1. Mental FajRi Dipertanyakan

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto. (Foto: PBSI)

Yang pertama saat tumbang di tangan Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae asal Korea Selatan di 32 besar Malaysia Masters 2023.

Kemudian diikuti eliminasi oleh pasangan Inggris, Ben Lane/Sean Vendy, di ronde yang sama kejuaraan Singapore Open 2023.

Baca Juga

Perbaikan performa sempat tampak di Indonesia Open, Korea Open, dan Japan Open, dan Australia Open 2023 dimana Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto setidaknya bisa menjejak perempat final namun setelahnya penyakit mereka kambuh lagi.

Dimulai dari hasil menyakitkan di 32 besar Kejuaraan Dunia 2023 pasca dikalahkan Lee Jhe-huei/Yang Po-hsuan asal China Taipei yang disusul eliminasi ronde pertama lainnya di China Open 2023 kali ini berkat Kim Astrup/Anders Rasmussen asal Denmark.

Tidak heran jika kemudian hasil di Hong Kong Open 2023 membuat BL kecewa berat pada FajRi.

Saat akun media sosial PBSI mengumumkan jika harapan terbesar mereka untuk membawa pulang gelar ganda putra di ajang tersebut kalah, BL langsung mengutarakan isi hati mereka.

Baca Juga

Banyak yang mengaku sudah terbiasa mendengar hasil negatif dari Fajar/Rian. Tentu saja dengan nada sarkas.

Tidak sedikit yang mempertanyakan apa yang sebenarnya terjadi pada duo nomor satu dunia idola mereka. "Bro... what is going on with them?" komentar salah satu BL. "Ga kaget udah terbiasa." imbuh yang lain.

"Ada apa sih sebenarnya dengan kalian Fajri??? Discuss yokk sama psikolog atau apalah gitu..," BL yang lain ikut memberi saran.

Saat ini yang ditakutkan BL usai Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kalah di Hong Kong Open 2023 adalah penurunan di rangking BWF dimana pasangan China, Liang Wei Keng/Wang Chang, bisa mendongkel kapan saja.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisHong Kong Open

Berita Terkini