x

Tony Gunawan, Juara Hong Kong Open yang Siap Latih Indonesia

Jumat, 15 September 2023 12:23 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Profil singkat Tony Gunawan, sang legenda sekaligus jawara Hong Kong Open yang siap menjadi pelatih bulutangkis Indonesia.

INDOSPORT.COM – Profil singkat Tony Gunawan, sang legenda sekaligus jawara Hong Kong Open yang siap menjadi pelatih bulutangkis Indonesia.

Nama Tony Gunawan belakangan ini tengah menjadi sorotan Badminton Lovers Indonesia, setelah menyatakan diri siap menjadi pelatih bulutangkis di tanah kelahirannya.

Baca Juga

Kabar ini diketahui dari salah satu unggahan terbaru sahabatnya yang juga legenda bulutangkis Indonesia, Hariyanto Arbi di tengah hiruk pikuknya pertandingan Hong Kong Open yang sedang berlangsung.

Pemilik smash 1000 watt itu mengatakan bahwa Tony Gunawan siap menjadi pelatih bulutangkis di Indonesia, jika dirinya mendapatkan tawaran tersebut.

“Ngobrol banyak sama Tony Gunawan...Dia siap kalau di minta jadi pelatih Indonesia,” cuit Hariyanto Arbi, di akun Twitter pribadinya.

“Tony pemain istimewa bisa membawa pemain USA Howard Bach juara dunia thn 2005 saya tahu ngak gampang jadi juara dunia yg pasangannya bukan pemain kelas pertama,” jelasnya.

Baca Juga

Selain itu, Hariyanto Arbi juga mengatakan bahwa Tony Gunawan sudah mendapatkan tawaran dari tiga negara yang ingin merekrutnya sebagai pelatih.

Namun Hariyanto Arbi menambahkan bahwa Tony Gunawan belum mengambil salah satu dari tawaran melatih tersebut.

Sontak pernyataan Hariyanto Arbi pun langsung menjadi viral di kalangan Badminton Lovers Indonesia, yang berharap Tony Gunawan bisa menjadi pelatih bulutangkis Indonesia.

Hal ini juga membuat sejumlah Badminton Lovers di kalangan awam penasaran dengan sepak terjang Tony Gunawan di dunia bulutangkis yang juga sempat menjadi jawara Hong Kong Open, berikut ulasan singkatnya:

Baca Juga

1. Tony Gunawan, Legenda Bulutangkis Indonesia yang Pindah Kewarganegaraan

Profil singkat Tony Gunawan, sang legenda sekaligus jawara Hong Kong Open yang siap menjadi pelatih bulutangkis Indonesia.

Tony Gunawan merupakan legenda bulutangkis Indonesia era tahun 2000-an, saat itu ia bermain di dua sektor yakni ganda putra dan ganda campuran.

Pada nomor ganda putra, ia dipasangkan dengan Victo Wibowo, Candra Wijaya hingga Halim Haryanto. Sedangkan di ganda campuran bermain bersama sejumlah atlet seperti Etty Tantri hingga Vita Marissa.

Baca Juga

Sejumlah gelar juara pun telah disumbangkan oleh Tony Gunawan khususnya Indonesia. Contohnya menjadi juara di Hong Kong Open pada 2007, Indonesia Open 2008, Kejuaraan Dunia 1999 dan 2000.

Namun gelar yang paling prestisius ialah meraih medali emas bersama Candra Wijaya di Olimpiade Sydney 2005 silam.

Catatan lainnya ialah Tony berhasil mengoleksi total 37 gelar di turnamen BWF di sektor ganda putra serta ganda campuran di sepanjang kariernya sebagai pebulutangkis profesional.

Di sisi lain, Tony Gunawan sempat membuat geger jagat bulutangkis Indonesia karena keputusannya untuk pindah kewarganegaraan dari Indonesia menjadi Amerika Serikat.

Baca Juga

Menurut informasi yang beredar, Tony Gunawan menyebutkan alasannya pindah kewarganegaraan Amerika Serikat bukan karena tak cinta Tanah Air.

Melainkan karena akan melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat dan menempuh studinya di Devry University jurusan teknik komputer di Pamon, California.

Setelah memutuskan hijrah ke Amerika Serikat, Tony Gunawan bak tak kehilangan daya magisnya dan masih gacor seperti sebelumnya,

Bahkan ia sempat mencatatkan rekor luar biasa yakni meraih dua gelar juara dengan dua kewarganegaraan yang berbeda.

Baca Juga

Momen ini terjadi pada Kejuaraan Dunia 2005, di mana saat itu Tony Gunawan yang berstatus sebagai warga negara Amerika Serikat berpasangan dengan Howard Bach.

Pasangan Tony Gunawan/Howard Bach sukses mengalahkan pasangan Indonesia Luluk Hadiyanto/Alvent Yulianto dengan skor 15-9, 15-3.

Dengan hasil ini, Tony berhasil mempersembahkan medali Juara Dunia pertama bagi Amerika Serikat di sepanjang sejarah bulutangkis dunia.

Sementara saat masih menjadi warga negara Indonesia, Tony berpasangan dengan Halim Heryanto berhasil mengalahkan ganda Korea Selatan, Ha Tae-kwon/Kim Dong-moon.

Dengan sederet gelar mentereng yang dimilikinya, para Badminton Lovers pun amat berharap Tony Gunawan bisa menjadi pelatih bulutangkis di Indonesia.

Hariyanto ArbiTony GunawanBulutangkisIndepthHong Kong Open

Berita Terkini