x

Momen Su Li-yang Dongkol Terkecoh Netting Ajaib Anthony Ginting di Hong Kong Open

Sabtu, 16 September 2023 08:43 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor:
Momen tunggal putra Chinese Taipei, Su Li-yang, dongkol usai gagal mengantisipasi netting ajaib Anthony Sinisuka Ginting di perempat final Hong Kong Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Momen tunggal putra Chinese Taipei, Su Li-yang, dongkol usai gagal mengantisipasi netting ajaib Anthony Sinisuka Ginting di perempat final Hong Kong Open 2023.

Saling berhadapan di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Jumat (15/09/23), Su Li-yang tak berkutik melawan unggulan kedua asal Indonesia itu dan kalah dua set langsung 21-12 dan 21-16.

Baca Juga

Padahal, Su Li-yang bisa dibilang unggul secara stamina karena tidak menjalani pertandingan pada dua babak pertama setelah lawannya Lakshya Sen dan Anders Antonsen mundur.

Hasil ini membuat Su Li-yang terhenti sedangkan Anthony Sinisuka Ginting berhak atas tiket ke babak semifinal turnamen bulutangkis BWF Super 500 ini.

Terdapat momen Ginting memancing emosi Su Li-yang lewat netting andalannya. Ini terjadi jelang matchpoint set pertama 11-19 dalam video di akun Instagram Fto.sports.

Berawal dari aksi saling berbalas pukulan, Su Li-yang membawa shuttlecock ke depan dan langsung diladeni dengan santai oleh Ginting.

Baca Juga

Su Li-yang sempat mampu mengembalikan shuttlecock dengan netting, namun Ginting tampaknya lebih siap melakukan blok membuat shuttlecock jatuh di bidang Su Li-yang.

Su Li-yang tampaknya tidak terima wasit memberi poin untuk Ginting. Sebab dia merasa Ginting lakukan foul dengan lebih dulu memukul shuttlecock yang belum menyebrang net.

Namun wasit tidak merasa aksi Ginting sebuah foul karena raket pemain Indonesia terlihat tidak ikut menyebrang ke area lawan saat dia lakukan pukulan.

Setelah kejadian tersebut, Su Li-yang terlihat sangat emosional. Hal ini mempengaruhi permainannya dan akhirnya kalah di set pertama.

Baca Juga

1. Dewi Fortuna Su Li-Yang Dihentikan Ginting

Anthony Sinisuka Ginting di Hong Kong Open 2023 (Foto: PBSI)

Kejadian ini pun juga membuat netizen ikut mengomentari aksu Su Li-yang. Mereka merasa Su Li-yang terlalu dramatis mempermasalahkan netting tipis Ginting tersebut.

“Latian lagi dek...main badminton nggak cuma modal beruntung dapat lawan wom” tulis akun @y.yuliari.

“Belum jumpa Agripina dia, blok nya lebih parah dari Ginting,” akun @fransiskushang menimpali.

“Loh dia udah ngalahin kang lawak ya? kok ketemu Gintingm” tambah akun @dwiki_lukandono.

“Ya kan kalo pasrah rada malu, boleh lah protes2 dikit,” akun @loched3390 menambahkan.

Baca Juga

Kendati menang dengan mudah, Ginting mengaku buta dengan gaya permainan Su Li-yang karena ini merupakan pertemuan pertama bagi mereka.

Selain itu, Su Li-yang juga tidak memainkan dua pertandingan pertamanya di babak utama Hong Kong Open. Ini membuat Su Li-yang punya banyak persiapan dan kondisi tubuh lebih fit.

“Su Li-yang memang tidak bermain di babak pertama dan kedua karena lawannya Walkover tapi rasanya tidak berpengaruh karena ini pertemuan pertama kami jadi memang belum ada gambaran apa-apa di lapangan,” ujar Ginting.

Namun, Ginting tampaknya tak terganggu dengan situasi tersebut. Jam terbangnya yang tinggi memberinya keunggulan dalam bermain lebih menekan mengalahkan lawan yang baru 21 tahun itu.

Selanjutnya, Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan wakil Jepang, Kenta Nishimoto. Edangkan  sedangkan Jonatan akan menghadapi Ng Tze Yong.

Baca Juga

Kemenangan atas Su Li-yang membawa Ginting menyusul langkah Jonatan Christie, tunggal putra Merah-Putih lain, yang sudah lebih dulu menjejak empat besar.

Jonatan Christie sebelumnya tampil ganas menaklukkan Lee Chia Hao, yang menumpas Viktor Axelsen dan Lee Zii Jia di babak sebelumnya, dengan dua set langsung 21-19, 21-18.

Selanjutnya, Anthony Sinisuka Ginting akan berhadapan dengan wakil Jepang, Kenta Nishimoto, sedangkan Jonatan akan menghadapi Ng Tze Yong.

Apabila keduanya mengungguli lawan masing-masing Hong Kong Open 2023 akan menggelar All Indonesian Final.

Baca Juga
Anthony Sinisuka GintingBulutangkisHong Kong Open

Berita Terkini