x

Tanpa Ampun Libas Ganda Denmark, Apriyani/Fadia Tembus Final Hong Kong Open 2023

Sabtu, 16 September 2023 13:53 WIB
Penulis: Agustinus Rosario | Editor: Indra Citra Sena
Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti di Hong Kong Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti, berhasil melangkah ke final Hong Kong Open 2023.

Turnamen bulutangkis Hong Kong Open 2023 memasuki hari keempat pada Sabtu (16/9/23). Para pemain yang lolos bertarung memperebutkan tiket ke final.

Baca Juga

Sebanyak enam wakil Indonesia dijadwalkan bertanding pada hari ini. Salah satunya pasangan ganda putri, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti.

Menghadapi wakil Denmark, Maiken Fruergaard/Sara Thygesen, Apriyani/Fadia berhasil menunjukkan permainan terbaiknya dan menang dengan skor 21-16, 23-21.

Pertandingan sejatinya berlangsung sengit di gim pertama. Fruergaard/Thygesen bahkan sempat beberapa kali memimpin.

Namun, Apriyani/Fadia menunjukkan kualitas mereka sebagai unggulan ketujuh usai mengemas empat angka beruntun untuk unggul 10-6.

Baca Juga

Sejak itu, wakil Indonesia tak terbendung. Perlahan namun pasti, Apriyani/Fadia menambah poin dan menutup gim pertama dengan keunggulan 21-16.

Memasuki gim kedua, pertandingan berjalan lebih seimbang. Sempat unggul 3-0, wakil Denmark akhirnya tersalip saat kedudukan 5-4 untuk Apriyani/Fadia.

Setelah itu, kedua pasangan bertarung sengit. Tercatat, tidak ada yang berhasil memimpin lebih dari dua angka hingga kedudukan 14-13 untuk Fruergaard/Thygesen.

Duel sengit berlanjut hingga akhir pertandingan, ketika kedua pasangan berbagi angka 20-20. Beruntung, Apriyani/Fadia sukses meraup poin pamungkas lewat kesalahan wakil Denmark dan menutup gim kedua dengan skor 23-21. 

Baca Juga

1. Gelar Perdana Tahun Ini?

Pasangan ganda putri Indonesia, Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti keluar sebagai Runner-up di Kejuaraan Dunia 2023. (Foto: PBSI)

Kemenangan atas pasangan Denmark menjadikan Apriyani/Fadia wakil Indonesia kedua yang berhasil lolos ke final Hong Kong Open 2023. Sebelumnya, ganda putra Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin juga sudah mengamankan tiket.

Di laga pamungkas, Apriyani/Fadia akan bersua wakil Malaysia, Pearly Tan/Thinaah Muralitharan. Unggulan keenam tersebut meraih tiket ke final usai mengandaskan Benyapa Aimsaard/Nuntakarn Aimsaard.

Baca Juga

Berkaca dari rekor pertemuan, Tan/Thinaah rupanya bukan lawan mudah bagi Apriyani/Fadia. Kedua pasangan sama-sama membukukan dua kemenangan dari empat pertemuan.

Dengan demikian, laga esok hari akan menjadi penentuan siapa yang lebih unggul antara dua pasangan ganda putri terbaik Asia Tenggara tersebut.

Kedua pasangan terakhir kali bertemu pada fase grup World Tour Finals 2022. Kala itu, Apriyani/Fadia berhasil membukukan kemenangan 23-21, 21-19.

Namun, Apriyani/Fadia patut waspada. Pasalnya, Tan/Thinaah mengalahkan sederet lawan berat dalam perjalanan menuju final, termasuk Jongkolphan Kititharakul/Rawinda Prajongjai dan Aimsaard bersaudara.

Baca Juga

Jika berhasil memenangi laga final esok hari, Apriyani/Fadia akan meraih gelar World Tour pertama mereka tahun ini. Sebelumnya, pencapaian terbaik Apriyani/Fadia tahun ini adalah menjadi finalis Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023.

Sementara itu, satu wakil Indonesia lainnya yang telah memastikan satu tempat di final adalah Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Pasangan berjuluk The Babbies tersebut baru saja membuat kejutan dengan mengalahkan peraih medali emas Olimpiade Tokyo 2020, Lee Yang/Wang Chi-Lin dengan skor 13-21, 21-8, 21-13.

Sementara itu, satu wakil lainnya, Gregoria Mariska Tunjung, harus terhenti di semifinal usai gagal mengatasi Akane Yamaguchi.

Baca Juga
BulutangkisBerita BulutangkisApriyani Rahayu/Siti Fadia Silva RamadhantiHasil BulutangkisHong Kong Open

Berita Terkini