x

Flandy Limpele Cetak Sejarah Baru di Ganda Campuran Hong Kong, PBSI Kualat?

Minggu, 17 September 2023 16:00 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Prio Hari Kristanto
Pelatih bulutangkis, Flandy Limpele, cetak sejarah baru bersama ganda campuran Hong Kong, PBSI bisa menyesal?

INDOSPORT.COM – Pelatih bulutangkis, Flandy Limpele, cetak sejarah baru bersama ganda campuran Hong Kong. PBSI bisa menyesal?

Ganda campuran tuan rumah yakni Tang Chun Man/Tse Ying Suet berhasil membuat kejutan dengan melaju ke babak final Hong Kong Open 2023.

Baca Juga

Pasangan besutan Flandy Limpele itu berhasil melaju ke final usai mengalahkan wakil Malaysia, Goh Soon Huat/Lai Shevon Jemie, dengan skor 21-12, 21-12.

Tak hanya itu, Tang Chun Man/Tse Ying Suet juga berhasil meraih final pertamanya Hong Kong Open sejak pertama kali dipasangkan pada 2016 lalu.

Tentu, hal ini ada peran dari Flandy Limpele yang resmi bergabung dengan Asosiasi Bulutangkis Hong Kong pada Maret 2023 lalu.

Sebelumnya, legenda bulutangkis Indonesia itu sempat melatih di PBSI dan mengampu sektor ganda campuran pratama Indonesia.

Baca Juga

Sayangnya, Flandy Limpele memutuskan untuk hengkang meski baru satu tahun bergabung dengan PBSI dan meneken kontrak dua tahun dengan Pelatnas Hong Kong.

Flandy sendiri didapuk menjadi pelatih di sektor ganda dan diproyeksikan untuk membawa prestasi terbaik untuk sektor ini jelang Olimpiade Paris 2024.

Kiprah Flandy termasuk gemilang. Buktinya, ia mampu membawa ganda campuran Tan Chun Man/Tse Ying Suet melaju ke babak final Hong Kong Open.

Di final sendiri, Tan/Tse akan menghadapi ganda campuran China, Guo Xinwa/Wei Yaxin, dan berpotensi untuk meraih gelar juara perdana sejak 2021.

Baca Juga

1. PBSI Tak Menyesal?

Pelatih bulutangkis, Flandy Limpele, cetak sejarah baru bersama ganda campuran Hong Kong, PBSI bisa menyesal?

Seperti diketahui, sektor ganda campuran Indonesia saat ini tengah menjadi perhatian usai beberapa wakilnya tampil mengecewakan dalam beberapa turnamen bulutangkis.

Sempat menjadi sektor andalan Indonesia, ganda campuran menjadi sektor nihil juara pada musim 2023 dan tertinggal dari sektor lainnya yang telah mengoleksi juara.

Baca Juga

Hal ini yang membuat PBSI mencoba terobosan baru dengan mendatangkan Herry IP yang sebelumnya mengampu ganda putra kini menjadi pelatih ganda campuran.

Kemerosotan sektor ganda campuran PBSI lantas mengingatkan beberapa pelatih ganda campuran yang memutuskan hengkang dan bersinar bersama negara lain.

Salah satunya adalah Flandy Limpele yang gemilang mengantarkan Tan Chun Man/Tse Ying Suet melaju ke final Hong Kong Open 2023.

Padahal ketika masih bersama PBSI, Flandy Limpele tampil cukup apik dengan membawa ganda pratama Jafar Hidayatullah/Asiyah Salsabila Putri Pranata membuat kejutan di Indonesia Masters 2023.

Baca Juga

Sayangnya, Flandy Limpele memutuskan untuk hengkang karena tak diberi kesempatan PBSI untuk menjadi pelatih di ganda campuran utama.

Selain Flandy, kiprah mantan pelatih ganda campuran Indonesia yang bersinar di negara lain adalah Nova Widianto yang saat ini bergabung dengan Malaysia.

Nova Widianto sendiri berhasil mengantarkan Chen Tang Jie/Toh Ee Wei tembus peringkat 9 dunia meski baru dipasangkan pada Desember 2022 lalu.

Mantan partner Liliyana Natsir itu memutuskan hengkang dari PBSI pada Desember 2022 dan bergabung dengan Pelatnas BAM karena pilihannya sendiri.

Baca Juga
PBSIFlandy LimpeleTang Chun Man/Tse Ying SuetBulutangkisBerita BulutangkisHong Kong Open

Berita Terkini