x

Trauma Australia Open Bawa Jonatan Christie ke Final Hong Kong Open meski Tertatih

Minggu, 17 September 2023 07:15 WIB
Penulis: Martini | Editor: Nugrahenny Putri Untari
Jonatan Christie lolos ke final Hong Kong Open 2023. Foto: PBSI.

INDOSPORT.COM - Trauma kegagalan di Australia Open 2023 membawa Jonatan Christie untuk terus belajar, sampai akhirnya sukses menembus final Hong Kong Open 2023.

Saat babak 16 besar Australian Open lalu, Jonatan Christie kandas di tangan pebulu tangkis asal Malaysia, Ng Tze Yong, dengan dua gim tanpa perlawanan, skor 20-22, 15-21.

Baca Juga

Kini, Jonatan Christie kembali berhadapan dengan Ng Tze Yong di semifinal Hong Kong Open 2023, Sabtu (16/09/23). Ia pun berhasil membalas kekalahan lalu, meski harus melalui pertandingan rubber.

Bertanding di Hong Kong Coliseum, Kowloon, Jonatan sebenarnya bisa menang dua gim, tapi ia tersalip Ng Tze Yong dan akhirnya membara di gim ketiga, skor 21-19, 21-23, 21-13.

Jonatan Christie bersyukur bisa menembus final Hong Kong Open 2023, karena awalnya ia masih ragu untuk bermain karena kondisi perutnya tidak enak selepas China Open.

"Jujur, dari pertama datang ke Hong Kong ini dalam kondisi belum tahu bisa main atau tidak. Kondisi otot perut saat itu tidak enak, tapi berjalannya waktu Tuhan bantu pulihkan," kata Jonatan.

Baca Juga

Meski berhasil kalahkan Ng Tze Yong dan lolos ke final Hong Kong Open, Jonatan mengaku permainanya jauh dari kata memuaskan.

"Tapi dari pertandingan hari ini, masih banyak yang harus diperbaiki, terutama di poin-poin unggul, masih kurang tenang, masih kurang disiplin dan kurang berani penggunaan pukulannya."

"Sempat beberapa kali malah jadi ragu-ragu dan lawan jadi lebih leluasa untuk mengontrol pertandingan," tambah pebulu tangkis 26 tahun tersebut.

Jonatan Christie segera mengevaluasi permainannya, agar tidak melakukan satu kesalahan pun di laga final Hong Kong Open 2023 melawan Kenta Nishimoto asal Jepang.

Baca Juga

1. Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto

Pebulutangkis tunggal putra Jepang, Kenta Nishimoto, akan jadi lawan Jonatan Christie di final Hong Kong Open 2023. Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT.

Ada banyak catatan yang jadi perhatian Jonatan Christie dari laga semifinal Hong Kong Open 2023 kontra Ng Tze Yong. Ia pun berharap hal ini jadi modal di final agar bisa menjadi juara.

"Di game kedua, sisi negatifnya memang itu tidak boleh dilakukan, saya harus belajar lagi," tutur Jonatan Christie dalam rilis resmi PBSI.

Baca Juga

"Tapi sisi positifnya ketika itu terjadi, di game ketiga, mental saya tidak drop dan bisa fokus lagi. Itu sesuatu yang bisa menjadi nilai plus tadi," lanjut pemilik ranking 6 BWF tersebut.

Setidaknya pengalaman pahit di Australia Open memberikan pelajaran bagi Jonatan Christie untuk tidak lengah di gim kedua.

"Pasti ada kepikiran apa yang terjadi di Australia Open lalu. Ketika di masa lalu sudah terjadi, itu masih teringat. Jadi ada rasa ragunya, tetapi bersyukur kali ini saya bisa melewatinya," tukas Jonatan Christie.

Setelah ini, Jonatan Christie akan melawan Kenta Nishimoto di final Hong Kong Open 2023. Pemain asal Jepang itu mengalahkan Anthony Sinisuka Ginting di babak semifinal.

Baca Juga

Laga ini akan menjadi pertemuan ke-16 bagi Jonatan Christie dan Kenta Nishimoto sejak tahun 2015 lalu. Dari 15 laga sebelumnya, Kenta memenangkan 8 pertandingan atas Jojo.

Sepanjang tahun 2023, Jonatan dan Kenta sudah dua kali bertemu, dan dua laga itu berhasil dimenangkan wakil Jepang.

Kenta Nishimoto menang di Malaysia Open dan Malaysia Masters 2023, keduanya lewat straight game atau dua set saja. Apakah kali ini Jonatan mampu memberikan perlawanan?

Menarik untuk menantikan jalannya laga final Hong Kong Open 2023, Minggu (17/09/23). Pertandingan Jonatan Christie vs Kenta Nishimoto dapat disimak secara live streaming di INews TV dan BWF TV.

Baca Juga
Jonatan ChristieAustralia OpenBulutangkisNg Tze YongBerita BulutangkisKenta NishimotoHong Kong Open

Berita Terkini