x

Fajar/Rian Didesak Mundur dari Asian Games usai Kalah Bertubi-tubi di Tur BWF

Senin, 18 September 2023 10:20 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto dituntut mundur dari Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pasangan Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto didesak mundur dari skuat Asian Games 2022 karena kalah bertubi-tubi di sejumlah turnamen BWF.

Perhelatan multievent Asian Games 2022 akan segera dihelat mulai 23 September 2023 di Hangzhou, China. Indonesia mengandalkan bulutangkis untuk mendulang medali emas.

Baca Juga

Mengingat Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto adalah ganda putra nomor satu dunia, maka PBSI pun mendaftarkan mereka di Asian Games 2022.

Namun belakangan, prestasi Fajar/Rian terus merosot. Mereka kerap tersingkir di babak awal, sehingga posisi ranking 1 BWF juga ikut terancam.

Beberapa waktu lalu, Fajar/Rian kandas di babak pertama Kejuaraan Dunia 2023, meski lawan yang dihadapi bukanlah pasangan unggulan, Lee Jhe Huei/Yang Po Hsuan.

Tak lama berselang, Fajar/Rian lagi-lagi kandas di babak pertama China Open 2023, ketika meladeni Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen yang sedang naik daun.

Baca Juga

Kini, mereka juga tersingkir cepat di Hong Kong Open 2023. Fajar/Rian kalah di babak 16 besar saat menghadapi Lee Fang-Chih/Lee Fang-Jen dua set, skor 16-21, 19-21.

Maka dari itu, banyak yang meragukan Fajar/Rian di Asian Games 2022, meski pada edisi Asian Games 2018 lalu, FajRi melaju ke final dan meraih medali perak.

PBSI berencana mengirim Fajar/Rian bersama Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin untuk mewakili ganda putra di Asian Games 2022.

Setidaknya Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin lebih konsisten selama tur BWF di tahun 2023, dan baru saja menyabet medali perak dari turnamen Hong Kong Open 2023.

Baca Juga

1. Fajar/Rian Tidak Layak ke Asian Games?

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di Hong Kong Open 2023 (Foto: PBSI)

Lewat media sosial Facebook Badminton Wonder Fans, banyak yang mengkritik Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto sebagai wakil Indonesia di Asian Games 2022.

Mereka menganggap Fajar/Rian tidak siap untuk ajang multievent terbesar di Asia ini, sehingga menuntut PBSI untuk me-review ulang keputusan mereka mengirim Fajar/Rian.

Baca Juga

"FajRi lagi underperform, yakin mau pasang FajRi?" komentar pemilik akun Facebook Restu Su** via Badminton Wonder Fans.

"PBSI aneh kirim atlet yang nggak konsisten, yang ada nanti menjadi bulan-bulanan MD negara lain, kan dongok," timpal Lee Mh**.

"Lagian udah tahu R1 PBSI lagi down, sama pemain antah-berantah aja kalah, tetep aja di turunin. Kasih sanksi berupa apa gitu, atau diperem dulu suruh latihan sama tembok," kata Adhi Sha**.

"Apa nggak ada MD lain di Pelatnas selain Fajar/Rian? Dah nggak percaya lagi deh sama Fajri, mainnya amburadul," komentar dari Luc**.

Baca Juga

"Wajib dicoba ganda Rehan-Rinov. Siapa tau manjur daripada peringkat 1 dunia," sindiran pedas dari akun Marwin Yan**.

"MD cuma dua pasang tidak ada cadangan, sementara Fajri sangat under perform. Lebih bagus penampilan Fikri/Bagas belakangan ini," balas SidaNq**.

"Kenapa Ngga Kevin/Rahmat aja masukin, siapa tau ada gebrakan di tim. MD yang ono masih angin-anginan, ngablu," usulan dari pemilik akun Facebook Day Su**.

Meski menuai banyak protes Badminton Lovers, namun sampai saat ini PBSI masih belum mengubah formasi pemain yang akan dikirim ke Asian Games 2022 di Hangzhou.

Baca Juga
Asian GamesPBSIFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisBerita BulutangkisBadminton Lovers (BL)Asian Games 2022

Berita Terkini