x

Jonatan Christie ‘Didewakan’ Media China dan Malaysia Usai Juara Hong Kong Open

Senin, 18 September 2023 13:45 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Subhan Wirawan
Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, dipuja-puja media China dan Malaysia setelah berhasil merengkuh gelar turnamen bulutangkis Hong Kong Open 2023.(Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Tunggal putra Indonesia, Jonatan Christie, dipuja-puja media China dan Malaysia setelah berhasil merengkuh gelar turnamen bulutangkis Hong Kong Open 2023.

Jonatan Christie memastikan gelar Hong Kong Open 2023 setelah menumbangkan pemain asal Jepang, Kenta Nishimoto, dalam 3 gim 12-21, 22-20, 21-18, Minggu (17/09/23) kemarin.

Baca Juga

Ini merupakan gelar kedua yang berhasil dimenangkan pemain ranking 6 BWF tersebut setelah sebelumnya naik podium di Indonesia Masters 2023.

Pencapaian Jonatan Christie tersebut tidak hanya menjadi sorotan di tanah, tetapi juga di negara sesama adidaya bulutangkis yakni China dan Malaysia.

Media China dan Malaysia, masing-masing Aiyuke dan The Star, kompak memberikan apresiasi untuk Jonatan Christie melalui artikel mereka masing-masing.

Aiyuke, pada artikel yang rilis hari ini, Senin (18/09/23), menuliskan tajuk berita yang mendewakan Jonatan Christie bak seorang raja baru.

Baca Juga

Pertarungan epik selama 84 menit membalikkan keadaan dan menyegel gelar raja! Jonatan memecahkan rekor yang telah bertahan selama 25 tahun,” tulis Aiyuke.

Media tersebut sangat terkesan dengan perjuangan Jonatan meraih poin demi poin meski sempat tertinggal dari Kenta Nishimoto dalam duet sengit berdurasi 84 menit.

Bukan hanya itu, Jonatan berkat gelarnya tersebut berhasil mematahkan kutukan di maa tunggal putra Indonesia belum pernah meraih gelar Hong Kong Open selama 25 tahun.

BWF mencatat bahwa Jonatan menjadi pemain (Indonesia) pertama sejak Budi Santoso pada tahun 1998 yang memenangkan Kejuaraan tersebut. Pemain tunggal putra yang memenangkan Hong Kong Open,” lanjut Aiyuke.

Baca Juga

1. Media Malaysia Soroti Perjuangan Jonatan Raih Gelar Hong Kong Open

Tunggal Putra Indonesia, Jonatan Christie juara Hong Kong Open 2023 (Foto: PBSI)

Lain dengan Media Malaysia, The Star, justru lebih menyoroti perjuangan Jonatan Christie bangkit dari ketertinggalan saat menghadapi Kenta Nishimoto di final Hong Kong Open 2023.

(Jonatan) Christie didesak habis-habisan oleh pemain peringkat 15 dunia Nishimoto setelah kalah di gim pertama 12-21,” tulis The Star.

Baca Juga

Namun ia berhasil memaksakan penentuan ketika memenangkan game kedua 22-20, dengan final yang berlangsung selama 90 menit sebagai laga terpanjang di turnamen tersebut,” lanjut The Star.

Jonatan sendiri mengakui bahwa tidak mudah dirinya menghadapi Kenta Nishimoto yang memiliki pertahanan sangat rapat dan serangan akurat.

“Kunci kemenangan saya adalah pantang menyerah, karena kita tahu Nishimoto adalah pemain yang sangat-sangat ulet dan susah dimatikan. Kemarin, (Anthony Sinisuka) Ginting yang sudah menyerang dengan bagus tapi tidak bisa menembusnya,” papar Jonatan dalam keterangan resmi PBSI.

“Secara skill dan kemampuan saya rasa tadi kami seimbang. Saya hanya berusaha dan bekerja keras, sisanya saya serahkan semua pada Tuhan,” jelas Jonatan.

Baca Juga

Disebut oleh The Star, Jonatan sukses mengagalkan upaya Jepang meraih dua gelar juara di Hong Kong Open 2023. Selain Kenta Nishimoto, Jepang juga diwakili Akane Yamaguchi babak final.

Namun hanya Akane Yamaguci yang berhasil meraih gelar juara tunggal putri setelah mengalahkan wakil China, Zhang Yi Man, secara dua set langsung.

Indonesia sendiri keluar sebagai juara umum di Hong Kong Open 2023. Selain Jonatan, gelar juara juga  dipersembahkan Apriyani Rahayu/Siti Fadia Silva Ramadhanti serta runner-up oleh Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin.

Baca Juga
ChinaMalaysiaJonatan ChristieBulutangkisKenta NishimotoHong Kong Open

Berita Terkini