x

Ketum PBSI Harus Tahu! Deretan Ajang Bulutangkis yang Masuk Kategori Road to Olympic

Rabu, 20 September 2023 09:35 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Indra Citra Sena
Ketua Umum PBSI, Agung Firman Sampurna, dianggap kurang memahami Road to Olympic.

INDOSPORT.COM – Berikut deretan ajang bulutangkis yang termasuk kategori Road to Olympic yang harus diketahui Agung Firman Sampurna selaku Ketua Umum PBSI.

Belakangan, nama Agung Firman Sampurna tengah menjadi perbincangan hangat di kalangan Badminton Lovers karena pernyataannya yang kembali menjadi sorotan.

Baca Juga

Yakni Agung Firman Sampurna menunjukkan bahwa dirinya selaku Ketum PBSI dianggap tidak memiliki pengetahuan yang cukup soal dunia bulutangkis.

Pasalnya, Agung tidak mengetahui bahwa Asian Games ternyata menjadi salah satu turnamen yang masuk dalam ajang Road to Olympic.

Hal ini bermula dari pernyataannya kepada salah satu media di Indonesia, bahwa pihaknya lebih mementingkan Road to Olympic ketimbang Asian Games.

Sehingga menurut badminton lovers, Agung Firman Sampurna dianggap kurang memahami bahwa Asian Games masuk dalam rangkaian turnamen Road to Olympic.

Baca Juga

Padahal Asian Games merupakan salah satu turnamen kontinental yang disetujui oleh BWF dan masuk ke dalam salah satu turnamen perhitungan poin untuk Olimpiade Paris 2024.

Pernyataan Agung Firman Sampurna pun langsung menjadi viral, dan menuai kritik pedas dari Badminton Lovers, karena sekelas Ketum PBSI tak memiliki pengetahuan yang cukup soal bulutangkis.

Selain itu, informasi soal Asian Games yang menjadi salah satu turnamen Road to Olympic sudah tertuang di aturan BWF maupun ada penjelasannya dari laman resmi Olimpiade.

Untuk lebih lengkapnya, berikut penjelasan soal deretan turnamen bulutangkis yang menjadi bagian dari Race to Olympic.

Baca Juga

1. Penjelasan Turnamen Road to Olympic

Berikut deretan ajang bulutangkis yang termasuk kategori Road to Olympic yang harus diketahui Agung Firman Sampurna selaku Ketua Umum PBSI.

Melansir dari laman resmi Olympic, rangkaian Road to Olympic sendiri dimulai pada 1 Mei 2023 hingga 28 April 2024.

Maka pada tahun ini perhitungan poin Road to Olympic akan berlangsung mulai dari Piala Sudirman 2023 pada Mei 2023 kemarin hingga 28 April mendatang.

Baca Juga

Ada pun perhitungan poinnya dari pebulutangkis yang mengikuti jadwal kompetisi-kompetisi Road to Olympic sebagai berikut.

Piala Thomas dan Piala Uber, Piala Sudirman, Kejuaraan Dunia Bulutangkis, lalu rangkaian turnamen BWF World Tour dari S100-S1000.

Kemudian turnamen tur kontinental Grade 3 seperti International Challenge/Series dan Future Series, lalu Kejuaraan kontinental (individu dan tim) seperti Kejuaraan Asia.

Selanjutnya Continental Multi sports games seperti Pan American Games, European Games, African Games, Asian Games dan lainnya yang disetujui oleh BWF selama periode kualifikasi.

Baca Juga

Terakhir adalah ajang internasional lainnya yang disetujui BWF, dengan persetujuan sebagai bagian dari World Ranking List.

Di sisi lain, panitia Olimpiade sendiri menyediakan kuota sebanyak 172 atlet bulutangkis di Olimpiade Paris 2024, yang berlangsung pada 27 Juli hingga 5 Agustus di Porte de La Chapelle Arena.

Rinciannya yakni 86 atlet putra dan 86 atlet putri, dengan 83 kuota berasal dari babak kualifikasi atau perhitungan poin, satu jatah untuk tuan rumah dan dua untuk umum.

Kemudian aturannya setiap negara hanya bakal mengirimkan delapan atlet saja pada setiap nomor putra maupun putri.

Baca Juga

Dalam nomor tunggal putra dan putri, dua tempat kuota (untuk dua atlet) akan diberikan kepada Komite Olimpiade Nasional (NOC).

Yakni dengan dua atau lebih atlet yang berada di peringkat antara satu dan 16 di ranking Race to Paris. Jika tidak, satu tempat kuota diperbolehkan per NOC.

Pada ganda putra, putri, dan campuran, sistem yang sama diterapkan, namun dua tempat kuota (untuk empat atlet) diberikan kepada NOC yang memiliki dua atau lebih pasangan peringkat antara satu dan delapan.

Sementara itu, format pertandingan tunggal dan ganda dibagi dalam dua fase: babak grup dan babak sistem gugur. Babak gugur dimulai dengan babak 16 besar untuk nomor tunggal, dan perempat final untuk nomor ganda.

Jadwal Bulutangkis di Olimpiade Paris 2024:

PBSIOlimpiadeBulutangkisBerita BulutangkisAgung Firman SampurnaOlimpiade Paris 2024Indepth

Berita Terkini