x

Fakta Coach Irwansyah yang Jarang Diketahui, Wasit Bulutangkis Sampai Takjub

Senin, 25 September 2023 12:00 WIB
Penulis: Martini | Editor: Subhan Wirawan
Irwansyah, pelatih tunggal putra Indonesia di Thailand Open 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Ada fakta menarik tentang Coach Irwansyah, pelatih tunggal putra Indonesia yang dikenal lemah lembut saat mendampingi Jonatan dan Anthony Ginting.

Prestasi Anthony Sinisuka Ginting sebagai tunggal putra nomor 2 dunia, serta Jonatan Christie yang sedang membangun konsistensi di tahun 2023, tak lepas dari peran Irwansyah.

Baca Juga

Berbeda dengan pelatih dari negara lain yang terkenal keras dan tegas, bahkan ada tipikal pelatih yang 'keramasi' pemainnya di depan publik, beda halnya dengan Coach Irwansyah.

Irwansyah dikenal sebagai pelatih yang lemah lembut dan mengayomi semua anak asuhnya. Bahkan, Badminton Lovers menjulukinya sebagai pelatih berhati malaikat.

Sementara di luar lapangan, Irwansyah dikenal sebagai pribadi yang agamis dan kebapakan.

Hal ini diungkapkan oleh salah satu wasit bulutangkis yang berada di bawah naungan BWF, Jaohari Latif. Ia mengaku beberapa kali pernah memergoki Irwansyah sedang ibadah.

Baca Juga

"Coach Irwansyah tuh sholeh ya. Mau flight, ketemu di musholla airport lagi tadarus. Ugh, TM tertampar, kudu lebih rajin lagi tadarusan," ungkap Jaohari Latif melalui Twitter-nya.

Ketika membawa Jonatan Christie dan Chico Aura Dwi Wardoyo ke final Indonesia Masters 2023, Irwansyah tertangkap kamera sedang melakukan sujud syukur di lapangan.

Sebelumnya, Irwansyah juga viral setelah memasak untuk Jonatan Christie yang terpapar Covid-19. Ia juga menjamu anak asuhnya di rumah dan memasak langsung.

Maka dari itu, tak heran jika Jonatan Christie dan Anthony Ginting menjuarai satu pertandingan, ia langsung mengajak Coach Irwansyah untuk berfoto bersama di podium.

Baca Juga

1. Pesan Irwansyah Jelang Asian Games 2022

Pelatih bulutangkis tunggal putra Indonesia, Irwansyah, di Australian Open 2022. (Foto: PBSI)

Saat ini Irwansyah akan mendampingi para pemain Indonesia di Asian Games 2022. Ia paham jika persaingan sektor tunggal putra sangat ketat, baik di nomor individu maupun beregu.

Indonesia mengirim empat wakil terbaiknya di Asian Games 2022, mulai dari Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Chico Aura Dwi Wardoyo, dan Shesar Hiren Rhustavito.

Baca Juga

Saat ditemui awak media di Pelatnas PBSI, Cipayung, Jakarta Timur, Rabu (20/09/23), Irwansyah melihat peluang wakil Indonesia untuk berjaya lagi di Asian Games 2022.

"Sektor tunggal putra memang selalu ketat. Kalau menurut saya dari Asian Games 2018 sampai sekarang ya tetap terus semuanya (memiliki peluang) 50:50," tutur Irwansyah.

Pada Asian Games 2018 lalu, Jonatan Christie keluar sebagai juara dan meraih medali emas, disusul Anthony Sinisuka Ginting yang meraih medali perunggu.

Tak lupa, kedua pemain juga berperan penting saat tim putra Indonesia meraih medali emas dari nomor beregu.

Baca Juga

Irwansyah berharap para pemain bisa tampil lepas tanpa beban di Asian Games, sehingga bisa mempertahankan medali emas di tahun ini.

"Makanya saya bilang, paling penting pemain kita ini jangan terlalu memikirkan hal-hal yang terlalu membebani diri sendiri. Itu saja yang dari saya," pesan Irwansyah lewat media.

"Karena yang kita lihat, kalau mereka bisa bermain dengan enjoy, juara itu datang buat mereka. Ya, kuncinya mereka harus enjoy."

Perhelatan Asian Games 2022 akan dihelat pada 23 September hingga 8 Oktober. Khususnya untuk cabor bulutangkis, mulai 28 September hingga 7 Oktober mendatang.

Baca Juga
Asian GamesIrwansyahBulutangkisBerita BulutangkisAsian Games 2022

Berita Terkini