x

Fajar/Rian Keluhkan Fasilitas Asian Games, PBSI Ungkap Situasi Terkini di China

Selasa, 26 September 2023 16:30 WIB
Penulis: Martini | Editor: Prio Hari Kristanto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluhkan fasilitas latihan jelang pertandingan bulutangkis Asian Games 2022, PBSI ungkap situasi terkini di China. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluhkan fasilitas latihan jelang pertandingan bulutangkis Asian Games 2022, PBSI ungkap situasi terkini di China.

Skuad bulutangkis Indonesia menjalani latihan perdana di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China, pada Selasa (26/09/23), sebelum nomor beregu Asian Games 2022 digelar mulai Kamis.

Baca Juga

Fajar/Rian dkk jalani latihan dengan semangat tinggi, tetapi Kabid Pembinaan dan Prestasi PP PBSI, Rionny Mainaky menuturkan bahwa tim ganda putri masih belum sempat latihan.

"Pagi ini anak-anak, kecuali ganda putri ya, latihan pertama di lapangan pertandingan. Ganda putri baru nanti malam latihannya," ungkap Rionny Mainaky dalam rilis PBSI.

"Latihan pertama seperti biasa, adaptasi dulu dengan lapangan dan shuttlecock, karena ini lapangan baru ya, belum pernah bertanding di sini, jadi harus cepat menyesuaikan."

"Selain itu, fokus latihannya mengembalikan feeling-feeling pukulan dan gerakan. Semua semangat, ini awal yang bagus dan semoga terus dibawa saat pertandingan nanti," jelas Rionny.

Baca Juga

Namun, Rian Ardianto menuturkan bahwa kondisi lapangan yang menjadi venue untuk pertandingan Asian Games 2022 cukup silau. Ia berharap panitia bisa memperbaiki segera.

"Setelah mencoba lapangan tadi, lampunya di pojok lapangan agak sedikit silau. Semoga ini bisa diperbaiki," ungkap Rian Ardianto.

"Atau kalau memang sudah setelannya seperti ini, saya harus segera menemukan cara mengatasinya," tambah partner main Fajar Alfian tersebut.

"Tadi masih penyesuaian-penyesuaian saja latihannya. Besok masih ada sekali lagi latihan di lapangan pertandingan, semoga makin maksimal," pungkas Rian Ardianto.

Baca Juga

1. Putri KW Hadapi Laga Debut

Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto keluhkan fasilitas latihan jelang pertandingan bulutangkis Asian Games 2022, PBSI ungkap situasi terkini di China. (Foto: PP PBSI)

Tak hanya Rian Ardianto yang mengeluhkan fasilitas latihan di Asian Games 2022. Salah satu wakil andalan Indonesia, Putri Kusuma Wardani juga memiliki kekhawatiran saat di arena.

"Lapangan cukup normal dan cukup enak, pas untuk sebuah pertandingan bulutangkis. Tapi memang di lapangan nomor empat, satu sisinya sedikit berangin," ungkap Putri KW.

Baca Juga

"Tadi masih fokusnya ngenakin pukulan saja karena latihan pertama. Mungkin besok baru akan lebih detail ke pola-pola permainan."

Putri KW mengaku gugup karena ini akan menjadi pengalaman pertamanya bermain di ajang sebesar Asian Games. Namun, ia sudah tahu karakteristik para pemain tunggal putri Asia.

"Saya agak tegang karena ini Asian Games pertama saya, tapi tidak terlalu berlebihan," tambah pebulu tangkis yang juga aktif sebagai polisi wanita itu.

"Calon lawan-lawan kan hampir sama saja seperti turnamen-turnamen lain, jadi sedikit banyak saya sudah mengetahui kekuatan calon lawan seperti apa," jelas Putri KW.

Baca Juga

Sekadar informasi, Putri Kusuma Wardani dan Gregoria Mariska Tunjung akan menjadi andalan Indonesia di cabor bulutangkis beregu putri dan nomor individual.

Selain itu, PBSI juga mengirim dua pebulu tangkis muda, yakni Komang Ayu Cahya Dewi dan Ester Nurumi Tri Wardoyo untuk menjadi pelapis beregu putri di Asian Games 2022.

Namun untuk nomor individu, satu negara hanya boleh mengirim maksimal dua pemain saja di satu sektor, maka PBSI menunjuk Gregoria dan Putri KW sebagai ranking tertinggi.

Cabor bulutangkis Asian Games akan mulai dipertandingkan pada Kamis (28/09/23), bertempat di Binjiang Gymnasium, Hangzhou, China. Indonesia membidik tiga medali emas.

Baca Juga
Asian GamesPBSIFajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisPutri Kusuma WardaniBerita BulutangkisMuhammad Rian ArdiantoRionny MainakyAsian Games 2022

Berita Terkini