x

Kalah Tenang dari Unggulan Jepang, Rinov/Pitha Tersingkir dari Asian Games

Rabu, 4 Oktober 2023 12:47 WIB
Penulis: Yudha Riefwan Najib | Editor:
Pemain bulutangkis ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, gagal tembus perempat final Asian Games 2022 usai kalah dari unggulan Jepang. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Pemain bulutangkis ganda campuran Indonesia, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas, gagal tembus perempat final Asian Games 2022 (2023) usai kalah dari unggulan Jepang.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas menghadapi wakil Jepang, Arisa Higashino/Yuta Watanabe pada babak 8 besar Asian Games 2022 di Binjiang Gymnasium, Rabu (04/10/23).

Baca Juga

Pada pertandingan putaran kedua Asian Games 2022 cabor bulutangkis tersebut, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kalah dari Arisa Higashino/Yuta Watanabe.

Pada awal gim pertama, Rinov/Pitha sempat unggul atas Arisa Higashino/Yuta Watanabe dengan kedudukan 3-2.

Sayangnya, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas gagal mencuri interval gim pertama, karena harus kalah dari pebulutangkis andalan Jepang, 10-11.

Selepas interval, Rinov/Pitha semakin tertinggal jauh dari Arisa/Yuta. Pasalnya, mereka tidak jarang melakukan kesalahan sendiri.

Baca Juga

Maka tak ayal jika salah satu pebulutangkis tumpuan Indonesia di sektor ganda campuran tersebut kalah di gim pertama, 17-21.

Pada gim kedua, sebenarnya Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mampu mengimbangi permainan Arisa Higashino/Yuta Watanabe.

Bahkan, Rinov/Pitha sempat unggul dengan jarak 3 poin, dengan skor 6-3. Sayangnya, Arisa/Yuta mampu tetap tenang dan menggunakan jam terbangnya dengan apik.

Hal tersebut membuat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas kembali kalah dari Arisa Higashino/Yuta Watanabe di gim kedua, 15-21.

Baca Juga

1. Ikuti Jejak Putri Kusma Wardani

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari di Kejuaraan Dunia Bulutangkis 2023 (Foto: PBSI)

Kekalahan yang dtierima oleh Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas mengikuti jejak koleganya di sektor ganda putri, Putri Kusuma Wardani.

Hal tersebut dikarenakan Putri Kusuma Wardani juga menelan kekalahan ketika menghadapi pebulutangkis India, Pusarla V. Sindhu.

Baca Juga

Padahal, Putri Kusuma Wardani berpeluang untuk berhadapan dengan seniornya di tunggal putri, Gregoria Mariska, di babak semifinal Asian Games 2022.

Hanya saja, perbandingan kualitas jika dilihat dari kedudukan kedua pebulutangkis pada ranking BWF tidak dapat dipungkiri.

Putri Kusuma Waradani merupakan pemain bulutangkis tunggal putri yang duduk di peringkat 35. Sedangkan, Pusarla V. Sindhu menempati urutan 15 dalam ranking BWF.

Dengan demikian, hanya tersisa 5 wakil Indonesia yang tersisa dalam gelaran Asian Games 2022 pada cabor bulutangkis.

Baca Juga

Terlepas dari hal itu, Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas memang belum pernah memenangkan pertandingan melawan Arisa Higashino/Yuta Watanabe.

Tercatat, Rinov/Pitha menelan 6 kekalahan dari 6 pertandingan yang dijalani menghadapi Arisa/Yuta.

Seluruh kekalahan Rinov/Pitha diterima pada ajang Indonesia Open dan Singapore Open 2023, France Open danDenmark Open 2021, serta Kejuaraan Dunia dan Kejuaraan Asia 2019.

Dengan demikian, kekalahan fdari Arisa Higashino/Yuta Watanabe di 8 besar Asian Games 2022 merupakan yang ke-7 bagi Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas.

Baca Juga
JepangAsian GamesBulutangkisRinov Rivaldy/Pitha HaningtyasBerita BulutangkisHasil Bulutangkis

Berita Terkini