x

Hitung-hitungan Fajar/Rian Terpental dari WR 1 Ranking BWF usai Gagal di Asian Games 2023

Kamis, 5 Oktober 2023 15:00 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Prio Hari Kristanto
Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa terpental dari peringkat pertama atau WR 1 dalam ranking BWF usai terdepak dari Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa terpental dari peringkat pertama atau WR 1 dalam ranking BWF usai terdepak dari Asian Games 2022.

Posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto kembali terancam, menyusul kegagalannya di ajang Asian Games 2022.

Baca Juga

Fajar/Rian diketahui baru saja kalah dengan skor 19-21 dan 18-21 dari Lee Yang/Wang Chi Lin (Chinese Taipei) di babak perempat final Asian Games 2022, Kamis (05/10/23).

Kekalahan ini pun tidak hanya membuat Indonesia untuk pertama kalinya mencetak rekor buruk, yakni tidak meraih satu medali pun di ajang Asian Games.

Namun juga membuat posisi Fajar/Rian sebagai peringkat satu dunia atau WR 1 di ranking BWF kembali terancam.

Ya, sebagaimana diketahui ada tiga ganda putra dunia yakni Fajar/Rian, Liang Wei Keng/Wang Chang dan Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang ada di posisi tiga besar dan berebut posisi peringkat satu dunia.

Baca Juga

Namun Fajar/Rian nampaknya bakal segera lengser dari posisi WR 1 menyusul kegagalannya di ajang Asian Games 2022.

Sebagaimana diketahui saat ini Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto mengantongi 90.129 poin, sedangkan Liang Wei Keng/Wang Chang di posisi kedua dengan 89.991 poin, atau hanya selisih 138 poin saja di ranking BWF.

Sementara Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty ada di posisi ketiga dengan 86.461 poin atau selisih 3.668 poin dari Fajar/Rian.

Namun posisi Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto bisa dilengserkan oleh Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty di ranking BWF, karena Liang Wei Keng/Wang Chang tersingkir lebih dahulu di babak 16 besar Asian Games 2022.

Baca Juga

1. Hitung-hitungan Fajar/Rian Dilengserkan Satwiksairaj/Chirag di Ranking BWF

Pasangan ganda putra Indonesia, Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto di badminton perorangan Asian Games 2022. (Foto: PBSI)

Sebagaimana diketahui ajang Asian Games sendiri masuk dalam perhitungan poin ranking BWF, dan setara dengan level Super 1000.

Maka poin yang didapatkan sangat besar yakni 32 Besar meraih 3.000 poin, 16 Besar sebanyak 4.800 poin, 8 Besar ada 6.600 poin, semifinalis sebanyak 8.400 poin, lalu runner-up mendapatkan 10.200 poin dan pemenang mengantongi 12.000 poin.

Baca Juga

Meski diuntungkan dengan tersingkirnya Liang/Wang di Asian Games 2022, tetapi posisi Fajar/Rian sebagai WR 1 belum aman.

Pasalnya, masih ada lawan sengitnya yakni Satwiksairaj Rankireddy/Chirag Shetty yang bisa mendepaknya dari puncak ranking BWF, apalagi selisih keduanya hanya 3.668 poin dari Fajar/Rian.

Melansir dari Statminton, Satwiksairaj/Chirag bisa saja melengserkan Fajar/Rian jika pasangan India itu meraih babak final dan wakil Indonesia gagal di perempat final.

Selain itu, syarat lainnya ialah Satwiksairaj/Chirag bisa memenangkan gelar juara dan Fajar/Rian hanya mencapai babak semifinal.

Baca Juga

Di sisi lain, Fajar/Rian bisa mempertahankan posisinya sebagai WR 1 jika mencapai babak perempat final, dan Satwiksairaj/Chirag hanya bisa berjuang hingga semifinal.

Kemudian Fajar/Rian mencapai semifinal dan Satwiksairaj/Chirag menjadi runner-up di ajang Asian Games 2022.

Peluang Fajar/Rian pun masih ada walau sangat kecil, karena kemungkinan Satwiksairaj/Chirag bisa lolos ke babak semifinal.

Pasalnya, Satwiksairaj/Chirag akan berhadapan dengan lawan mudah di perempat final yakni pasangan Singapura, Nge Joo Jie/Johann Prajogo di perempat final nanti.

Maka Fajar/Rian yang keok di perempat final hanya menanti keajaiban dan berharap Satwiksairaj/Chirag gagal meraih gelar juara atau ke babak final agar bisa mempertahankan status duo Indonesia itu sebagai WR 1 di ranking BWF.

Baca Juga
Fajar Alfian/Muhammad Rian ArdiantoBulutangkisSatwiksairaj Rankireddy/Chirag ShettyRanking BWFAsian Games 2022

Berita Terkini