x

3 Sosok yang Cocok Gantikan Agung Firman Sampurna Jadi Ketum PBSI

Jumat, 6 Oktober 2023 13:31 WIB
Penulis: Serly Putri Jumbadi | Editor: Indra Citra Sena
Menakar tiga sosok yang cocok untuk gantikan Agung Firman Sampurna sebagai ketum PBSI usai gagal total di Asian Games 2022.

INDOSPORT.COM - Menakar tiga sosok yang cocok untuk menggantikan Agung Firman Sampurna sebagai Ketum PBSI usai gagal total di Asian Games 2022.

Agung Firman Sampurna tengah menjadi sorotan usai prestasi bulutangkis Indonesia anjlok di Asian Games 2022 yang dihelat di Hangzhou, China.

Baca Juga

Bagaimana tidak, Fajar Alfian/Rian Ardianto dkk. mencatatkan sejarah buruk yakni untuk pertama kalinya gagal meraih medali di Asian Games.

Tak hanya itu, sejak Agung dilantik menjadi Ketua Umum (Ketum) pada 2020, prestasi tim bulutangkis Indonesia memang cenderung menurun.

Seperti gagal mempertahankan gelar Piala Thomas, nirgelar di Kejuaraan Dunia (2021, 2022, 2023) hingga tim beregu putra untuk pertama kalinya gagal melaju ke final SEA Games 2021.

Dengan prestasi yang cukup buruk tersebut, penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) ramai-ramai menyuarakan Agung Firman Sampurna untuk mundur dari jabatannya.

Sehingga, tim INDOSPORT mencoba untuk menakar beberapa tokoh yang cocok untuk menggantikan Agung menjadi Ketum PBSI, seperti Gita Wirjawan, Dudung Abdurachman, hingga Yoppy Rosimin.

Baca Juga

Gita Wirjawan

Sosok Ketum PBSI periode 2012-2016, yakni Gita Wirjawan menjadi nama terdepan yang diinginkan Badminton Lovers menggantikan Agung Firman Sampurna.

Pasalnya, selama menjabat menjadi ketum, Gita berhasil membawa tim bulutangkis Indonesia harum di mata dunia dalam beberapa turnamen.

Gita Wirjawan yang menggantikan Djoko Santoso kala itu membuat beberapa gebrakan seperti merombak kontrak atlet. Sebelumnya, kontrak atlet dilakukan kontrak kolektif, namun di bawah kepemimpinannya atlet langsung dikontrak secara individu.

Tak hanya itu, di era kepemimpinannya prestasi tim Indonesia juga cukup apik dengan meraih dua emas Kejuaraan Dunia 2013, gelar juara All England (2013 dan 2014) serta juara umum SEA Games (2013 dan 2015).

Puncaknya, di masa Gita Wirjawan menjadi ketum PBSI, Indonesia berhasil menyabet medali emas di Olimpiade Rio 2016 melalui Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir.

Baca Juga

1. Dudung Abdurachman

Jenderal TNI Dudung Abdurachman. (Foto: Instagram@dudungabdurachman.id)

Dudung Abdurachman menjadi sosok yang santer digadang-gadang bakal menjadi Ketum PBSI menggantikan Agung Firman Sampurna.

Hal ini dikabarkan oleh legenda bulutangkis Indonesia, Yuni Kartika beberapa waktu lalu, di mana beberapa mantan pebulutangkis mendukungnya untuk menjadi Ketum PBSI.

Baca Juga

“Sebuah kehormatan bagi kami, Mantan Atlet/ Legenda Bulutangkis dapat bersilahturahmi & memohon kesediaan Bapak Dudung Abdurachman utk berkenan menjadi Ketua Umum PBSI periode 2024 – 2028,” tulis Yuni Kartika.

Dudung sendiri merupakan Kepala Staf Angkatan Darat yang mulai menjabat pada 2021 lalu menggantikan Jenderal Andika Perkasa.

Diketahui, ia merupakan sosok yang peduli dengan perkembangan olahraga bulutangkis. Contohnya ia terlibat dalam peresmian Lapangan Bulutangkis R. Harsoyo di Cimahi pada Sabtu (14/05/23).

Oleh sebab itu, Dudung Abdurachman bisa menjadi sosok terdepan yang menggantikan Agung Firman Sampurna untuk menjabat posisi Ketum PBSI yang gagal total di Asian Games 2022.

Baca Juga

Yoppy Rosimin

Sosok yang menjabat sebagai Program Director Bakti Olahraga Djarum Fondation ini bisa menjadi opsi untuk menggantikan kursi Ketum PBSI, Agung Firman Sampurna.

Bukan tanpa alasan, di bawah kepemimpinannnya, PB Djarum menjadi klub bulutangkis paling prestisius di Indonesia dengan melahirkan bakat-bakat baru di bulutangkis.

Sebagai informasi, Yoppy Rosimin mulai bergabung pada 2009 silam dan langsung membawa PB Djarum menjuarai Kejuaraan Nasional Beregu 2010 setelah absen selama 12 tahun.

Ia menjadi sosok penting di balik lahirnya bakat Kevin Sanjaya, Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin hingga peraih Juara Asia yakni Mutiara Ayu Puspitasari.

Oleh sebab itu, dengan kiprah luar biasa Yoppy Rosimin bersama PB Djarum tak menutup kemungkinan ia menjadi sosok yang tepat untuk menjadi Ketum PBSI menggantikan Agung Firman Sampurna.

Baca Juga
Asian GamesPBSIYoppy RosiminGita WirjawanIn Depth SportsTRIVIABulutangkisBerita BulutangkisAgung Firman SampurnaDudung AbdurachmanIndepth

Berita Terkini