☰
x

Indonesia Raih 3 Medali Kejuaraan Dunia Junior, Alwi Farhan dan Chiara di Ambang Juara

Sabtu, 7 Oktober 2023 20:25 WIB
Penulis: Martini | Editor: Indra Citra Sena
Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Chiara Marvella Handoyo lolos ke semifinal dan dipastikan meraih medali Kejuaraan Dunia Junior 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Indonesia dipastikan membawa pulang tiga medali dari perhelatan Kejuaraan Dunia Junior 2023 di Spokane, Amerika Serikat. Alwi Farhan dan Chiara Marvella bersinar.

Dari lima wakil yang turun bertanding pada babak delapan besar Kejuaraan Dunia Junior di The Podium Arena, Jumat (6/10/23), tiga di antaranya sukses melaju ke semifinal.

Baca Juga

Dari sektor tunggal putri, Chiara Marvella Handoyo membuat kejutan besar dan lolos ke semifinal usai menggusur unggulan pertama asal Jepang, Tomoka Miyazaki.

Lewat perjuangan sengit selama 80 menit, Chiara Marvella Handoyo menang atas juara Kejuaraan Dunia Junior 2022 itu dengan skor 21-14, 18-21, 22-20.

"Puji Tuhan bersyukur bisa menang di pertandingan tadi dan bisa mengamankan medali bagi Indonesia," ungkap Chiara usai pertandingan.

"Pertandingan tadi juga cukup ketat. Dari game pertama hingga game ketiga saya terus mendapat tekanan. Saya cuma berusaha dan berdoa agar bisa mendapat poin demi poin."

Baca Juga

"Pada game kedua, saya juga tegang terus. Bukannya berusaha agar pukulan-pukulan bola saya bisa menyusahkan lawan, malah terpotong-potong," tambah Chiara lagi.

Bahkan di game ketiga, Chiara sempat tertinggal 17-20. Tetapi dengan ketenangan dan fokus, ia akhirnya bisa merebut lima poin beruntun dan memastikan lolos ke semifinal Kejuaraan Dunia Junior 2023.

"Di game ketiga, saya sempat unggul dan kemudian tersusul, sempat ragu-ragu dan tegang. Namun, akhirnya saya pelan-pelan mengejar dan cuma main aman saja," sebut Chiara.

Dengan kemenangan ini, Chiara Marvella akan berjumpa Huang Lin Ran asal China di semifinal, Minggu (8/01/23). "Semoga bisa bermain bagus dan bisa juara," tukas Chiara.

Baca Juga

1. Alwi Farhan vs Ayush Shetty

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan tampil di Kejuaraan Dunia Junior 2023 (Foto: PBSI)

Pemain tunggal putra andalan Indonesia, Alwi Farhan memastikan langkahnya ke semifinal usai mengalahkan pemain unggulan keenam asal China, Wang Zi Jun, skor 21-19, 21-18.

Pertarungan berjalan panas selama 42 menit. Alwi Farhan sempat tertinggal di awal permainan, tapi dengan pengalaman dan ketenangannya, ia bisa menikung lawan dua kali.

Baca Juga

"Bersyukur bisa menang. Pertandingan tadi, saya memang berbekal rasa percaya diri," ungkap Alwi Farhan dalam rilis resmi PBSI.

"Walaupun sempat tertinggal angka di awal game pertama dan kedua, tetapi saya bisa kembalikan pola permainan saya. Kuncinya harus main lebih tenang dan lebih percaya diri."

Memasuki babak semifinal, Alwi Farhan akan bersua Ayush Shetty, pemain non unggulan asal India. Meski begitu, Alwi sempat kalah dari Ayush saat Denmark Junior 2021 lalu.

"Untuk besok, lawan dan saya tentu sama-sama mau menang. Saya mau fokus ke percaya diri dan kelebihan saya saja," ungkap Alwi Farhan lagi.

Baca Juga

"Itu akan jadi bekal dan kunci kemenangan saya di pertandingan besok. Saya harus menjaga mindset saya dan harus berpikir positif saja," tukas pemain 18 tahun itu.

Sementara di sektor ganda campuran, ada pasangan Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai yang melaju ke semifinal.

Pemain yang akrab disapa Jojo/Elsa itu akan bereuni dengan Liao Pin Yi/Zhang Jia Han asal China, karena Jojo/Elsa sempat kalah di final nomor beregu lalu, dengan skor 21-19, 21-14.

"Kami sempat kalah di beregu. Tentu kami tak mau mengulangi kesalahan yang sama. Tetapi pertandingan beregu dan perseorangan itu bebannya berbeda. Kami ingin main untuk diri sendiri dan main lepas dulu," pungkas Elsa.

Baca Juga
Kejuaraan Dunia JuniorBulutangkisBerita BulutangkisKejuaraan Dunia Bulutangkis JuniorAlwi FarhanChiara Marvella Handoyo

Berita Terkini