x

Badminton Lovers Agungkan Generasi Alwi dan Chiara Rebut Medali Asian Games 2026

Minggu, 8 Oktober 2023 16:00 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Izzuddin Faruqi Adi Pratama
Para penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) menyerukan generasi Alwi Farhan dan Chiara Marvella untuk memenangkan medali di Asian Games 2026. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Para penggemar bulutangkis (Badminton Lovers) menyerukan generasi Alwi Farhan dan Chiara Marvella untuk memenangkan medali di Asian Games 2026.

Seruan tersebut digemakan Badminton Lovers lewat kolom komentar anggota dewan BWF, Bambang Rudyanto, saat mengumumkan Asian Games 2026 akan digelar di Nagoya, Jepang.

Baca Juga

”Asian Games 2026: Nagoya,” tulis Bambang Rudyanto (@R_R6767).

Alwi Farhan dan Chiara Marvella Handoyo saat ini tengah jadi sorotan karena berhasil menembus final sekaligus harapan untuk mengamankan dua gelar Kejuaraan Dunia Junior. 

Alwi dan Chiara bakal menjadi pelepas dahaga bulutangkis Indonesia setelah para pebulutangkis senior gagal membawa pulang medali dari Asian Games 2022 di Hangzhou.

Kegagalan Fajar Alfian/Rian Ardianto dan kawan-kawan ini memantik kekecewaan para BL. Pasalnya, ini menjadi sejarah kelam bulutangkis Indonesia untuk pertama kalinya gagal total di pesta Asia tersebut.

Baca Juga

Dengan Alwi Farhan, Chiara Marvella, dan kawan-kawan menunjukkan sinarnya di Spokane, BL memprediksi generasi mereka juga akan bersinar saat Asian Games Nagoya 2026 mendatang.

“Cukup di Hangzhou aja sejarah kelamnya, semoga di Nagoya lebih baik lagi,” celetuk akun @dlseptika di kolom komentar.

“Semoga 2026 MS udah gak mereka berdua lagi, XD udah ada pengganti generasi yang sekarang . Klo WS pasrah aja dh, semoga Chiara bisa bersaing di senior,” akun @Sesendirian01 menimpali.

“Semoga Federasi-federasi sudah berbenah dan generasi Alwi Farhan CS sudah matang dan bisa membawa kejayaan kembali,” tulis akun @Team_Horee.

“MS harusnya ganti MD babies harusnya masih ada kans, tapi nanti liat aja apakah akan disalip yang lain(?) XD kalo liat umur Rinov/Pitha Rehan/Lisa juga masih ada, semoga lebih matang, atau disalip junior-juniornya WD semoga di bawah Apriyani/Fadia pada mateng juga WS semoga di bawah Gregoria bisa lebih bicara banyak,” timpal @lipodiana.

Baca Juga

1. Alwi Farhan dan Chiara Marvella di Ambang Gelar Juara

Pebulutangkis tunggal putri Indonesia, Chiara Marvella Handoyo. (Foto: PBSI)

Sebagaimana diketahui, dua dari tiga wakil Indonesia berhasil lolos ke babak final Kejuaraan Dunia Junior 2023 yang digelar di The Podium Spokane, Washington, Amerika Serikat.

Alwi Farhan dan Chiara Marvella Handoyo merupakan dua wakil Indonesia tersisa sekaligus harapan untuk mengamankan dua gelar dari Kejuaraan Dunia Junior 2023. 

Baca Juga

Tunggal putri Chiara Marvella lolos ke final mengalahkan pemain bulutangkis tunggal putri China, Huang Lin Ran, di babak semifinal, 21-17 dan 21-19.

Selanjutnya, Chiara Marvella akan menghadapi pebulutangkis unggulan kedua asal Thailand, Pitchamon Opatniputh, di final Kejuaraan Dunia Junior Bulutangkis 2023.

Sementara itu, Alwi Farhan juga menambah peluang Indonesia membawa pulang medali emas usai mengalahkan wakil India, Ayush Shetty, 21-18, 21-15.

Selanjutnya di babak final, Alwi Farhan akan menghadapi unggulan ketiga dari China, Hu Zhe An, yang lolos ke final mengalahkan wakil Prancis Alex Lanier.

Baca Juga

Sementara itu, ganda campuran Jonathan Farrell Gosal/Priskila Venus Elsadai gagal menyusul ke final usai dikalahkan wakil China, Liao Pin Yi/Zhang Jia Han, 21-16 dan 21-16.

Tim junior Indonesia juga sebelumnya mampu mencapai final di ajang beregu campuran Piala Suhandinata. Sayangnya, tim yang dikapteni Alwi Farhan hanya mampu meraih medali perak usai dikalahkan tim China.

Sementara itu nama bulutangkis Indonesia memang tercoreng mukanya setelah tidak ada satu pun wakil yang mampu mengamankan medali, setidaknya perunggu di nomor perorangan Asian Games 2022.

Hal ini dipastikan setelah tiga wakil tersisa kompak terhenti di babak perempat final yakni ganda putra Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto, tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting, dan ganda putri Gregoria Mariska.

Baca Juga
Asian GamesKejuaraan Dunia JuniorBulutangkisBadminton Lovers (BL)Alwi FarhanChiara Marvella Handoyo

Berita Terkini