x

Bangga! Tim Bulutangkis Indonesia Borong 6 Medali Emas di Australia

Minggu, 8 Oktober 2023 17:22 WIB
Penulis: Nadia Riska Nurlutfianti | Editor: Isman Fadil
Leani Ratri bersama Khalimatus Sadiyah meraih emas di Australia (Foto: NPC Indonesia)

INDOSPORT.COM – Tim para-bulutangkis Indonesia kembali mengharumkan nama bangsa usai memborong medali emas di Australia.

Sembilan atlet para-badminton diketahui mengikuti ajang Western Australia Para Badminton International 2023 Level 2, di Perth, Australia.

Baca Juga

Dari sembilan atlet para-badminton yang hadir di Australia, Indonesia diketahui berhasil menggondol enam gelar juara di babak final, Jumat (06/10/23).

Melansir dari Antara, Rina Marlina membuka kemenangan pertama atas Giuliana Poveda Flores (Peru) dengan skor 21-11, 21-14 pada nomor tunggal putri SH6

Lalu Fredy Setiawan menyumbangkan emas kedua pada tunggal putra SL4 setelah menang atas Sukant Kadam (India) dengan skor 21-12, 21-8.

Selanjutnya ada ganda campuran Indonesia yang turun di nomor SH6 yakni Subhan/Rina Marlina menjadi juara setelah menumbangkan pasangan Hong Kong, Chu Man Kai/Choi Wing Kei, dengan skor 21-17 21-16.

Baca Juga

Lalu Dheva Anrimusthi  menjuarai tunggal putra SU5 usai unggul atas Muhammad Fareez Anuar (Malaysia) 21-15, 21-12.

Sedangkan dua gelar juara lainnya disumbangkan oleh Syakuroh Qonitah Ikhtiar pada tunggal putri SL3 setelah menang atas Halime Yildiz (Turki) 17-21, 21-15, dan 21-12.

Kemenangan ganda putri Leani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah atas Manasi Joshi/Thulasimathi Murugesan (India) 22-24, 21-19, 21-17 sekaligus melengkapi enam juara para-bulutangkis Indonesia.

Selain medali emas, sejumlah wakil Indonesia juga meraih gelar runner-up dan semifinalis di ajang Western Australia Para Badminton International 2023 Level 2, di Perth, Australia.

Baca Juga

1. Indonesia Juga Gondol Perak dan Perunggu

Leani Ratri bersama Khalimatus Sadiyah setelah menjadi juara ganda putri di Australia. (Foto: NPC Indonesia)

Indonesia meraih dua medali perak di ajang Western Australia Para Badminton International 2023 Level 2, di Perth, Australia.

Yakni diperoleh dari Leani Ratri Oktila (WS SL4), Fredy Setiawan/Khalimatus Sadiyah (XD SL3-SU5).

Baca Juga

Kemudian ada dua perunggu dari Suryo Nugroho (MS SU5) dan Subhan (MS SH6).

Selain itu Rina menjadi pemain yang sukses merebut dua mahkota juara di Perth Australia. Dobel gelar teersebut semakin meningkatkan mental Rina untuk tampil di Asian Paragames Hangzhou 2023.

Prestasi ini tentu menjadi modal penting bagi Indonesia jelang tampil di Asian Para Games (APG) Hangzhou mendatang.

Selain itu, turnamen di Perth, Australia ini juga masuk dalam perhitungan poin untuk Paralimpiade Paris 2024.

Baca Juga

"Keberhasilan Indonesia merebut enam medali emas dengan membawa sembilan atlet merupakan target yang terpenuhi,” ucap Jarot Hernowo selaku pelatih para-bulutangkis NPC Indonesia.

“Dengan prestasi ini diharapkan bisa dipertahankan di Asian Para Games (APG) Hangzhou mendatang," tambahnya.

Sekadar informasi, para bulutangkis sendiri tak berada di bawah naungan PBSI melainkan National Paralympic Committee of Indonesia.

Baca Juga
AustraliaBulutangkisLeani Ratri Oktila/Khalimatus Sadiyah

Berita Terkini